Panduan Umum Budidaya Burung Nuri Kepala Hitam

Lorius Iory atau yang dikenal dengan nama burung nuri kepala hitam yang meruapakan salah satu habitat burung di Indonesia yang penyebarannya banyak di pulau Ambon, Ternate dan Papua. Para pecinta burung nuri kepala hitam memiliki nama khas yaitu kaltem.

Burung nuri kepala hitam mempunyai kecerdasan yang baik dalam mengingat dan menirukan suara yang pernah mereka dengar. Bahkan burung ini  mudah diajari untuk menirukan suara burung lain.

Di habitatnya, burung nuri kepala hitam ini akan hidup bergerombol atau hidup dalam koloni secara berkelompok. Biasanya anda akan menemukan dari 7 hingga 10 ekor burung nuri hitam yang membentuk sebuah koloni di alam bebas. Namun, burung ini adalah salah satu burung yang terancam punah akibat banyaknya pemburuan liar.

1. Mengenali Ciri-Ciri Umum Burung Nuri Hitam

Sebelum kita mulai pembahasan tentang cara budidaya burung nuri kepala hitam ini, alangkah baiknya mengetahui beberapa ciri-ciri dari burung tersebut:

  • Burung nuri kepala hitam ini adalah salah satu burung yang memiliki ukuran panjang 30 hingga 33 cm dengan ukuran berat normalnya adalah 200 hingga 240 gr.
  • Memiliki jenis ekor yang lebat.
  • Memiliki warna merah di bagian dada atas dan juga pada bagian kepala.
  • Warna dari mahkota atau kepala pada bagian atas adalah hitam dan bewarna ungu tua pada bagian bawah mantelnya.
  • Burung nuri kepala hitam ini juga memiliki panjang ekor sepanjang 12 cm dan warna yang dimiliki burung ini pada bagian ekor adalah warna yang sama dengan bagian paha yaitu biru.
  • Memiliki panjang sayap 14 cm.

2. Cara Membedakan Jantan dan Betina

Untuk keberhasilan dalam cara budidaya burung nuri kepala hitam ini tentunya anda harus mengerti dan bisa mebedakan indukan jantan dan betina. Walaupun sebenarnya untuk bisa mebedakan indukan jantan dan betina pada spesies burung nuri kepala hitam ini tidaklah terkhusus, namun berikut beberapa indikator penting yang bisa digunakan dalam mebedakan kedua jenis indukan tersebut:

  • Nuri kepala hitam jantan memiliki bulu dada mengkilap dengan warna biru tua sedangkan ia seringkali memiliki perilaku seperti menaikan atau menurunkan kepala serta tubuhnya dan sering mengepakkan sayapnya. Sedangkan betina memiliki warna bulu dada yang bewarna biru pucat dan kurang mengkilap serta perilaku betina lebih tidak gesit atau pasif dibandingkan nuri kepala hitam jantan.
  • Burung nuri kepala hitam jantan memiliki iris mata yang bewarna orange dan betina memiki warna yang lebih muda yaitu orange muda atau kuning
  • Jika dibandingkan dengan paruh milik betina, paruh jantan lebih besar dan lebar

Burung nuri kepala hitam ini adalah salah satu jenis yang menguntungkan. Inilah mengapa banyak orang ingin tahu tentang proses dan cara budidaya buurng nuri kepala hitam yang akan dibandrol dengan harga yang lumayan mahal.

Bahkan jika anda mampu malakukan latihan demi latihan yang baik dan benar maka burung nuri kepala hitam ini akan bisa melakukan banyak hal seperti peniruan suara burung lain, menggunakan mainan dan yang lainnya. Inilah mengapa tingkat kecerdasan burung nuri kepala hitam dianggap daiatas rata-rata dan menjadikannya spesies yang mahal.

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x