Lorius Iory atau yang dikenal dengan nama burung nuri kepala hitam yang meruapakan salah satu habitat burung di Indonesia yang penyebarannya banyak di pulau Ambon, Ternate dan Papua. Para pecinta burung nuri kepala hitam memiliki nama khas yaitu kaltem.

Burung nuri kepala hitam mempunyai kecerdasan yang baik dalam mengingat dan menirukan suara yang pernah mereka dengar. Bahkan burung iniĀ  mudah diajari untuk menirukan suara burung lain.

Di habitatnya, burung nuri kepala hitam ini akan hidup bergerombol atau hidup dalam koloni secara berkelompok. Biasanya anda akan menemukan dari 7 hingga 10 ekor burung nuri hitam yang membentuk sebuah koloni di alam bebas. Namun, burung ini adalah salah satu burung yang terancam punah akibat banyaknya pemburuan liar.

1. Mengenali Ciri-Ciri Umum Burung Nuri Hitam

Sebelum kita mulai pembahasan tentang cara budidaya burung nuri kepala hitam ini, alangkah baiknya mengetahui beberapa ciri-ciri dari burung tersebut:

  • Burung nuri kepala hitam ini adalah salah satu burung yang memiliki ukuran panjang 30 hingga 33 cm dengan ukuran berat normalnya adalah 200 hingga 240 gr.
  • Memiliki jenis ekor yang lebat.
  • Memiliki warna merah di bagian dada atas dan juga pada bagian kepala.
  • Warna dari mahkota atau kepala pada bagian atas adalah hitam dan bewarna ungu tua pada bagian bawah mantelnya.
  • Burung nuri kepala hitam ini juga memiliki panjang ekor sepanjang 12 cm dan warna yang dimiliki burung ini pada bagian ekor adalah warna yang sama dengan bagian paha yaitu biru.
  • Memiliki panjang sayap 14 cm.

2. Cara Membedakan Jantan dan Betina

Untuk keberhasilan dalam cara budidaya burung nuri kepala hitam ini tentunya anda harus mengerti dan bisa mebedakan indukan jantan dan betina. Walaupun sebenarnya untuk bisa mebedakan indukan jantan dan betina pada spesies burung nuri kepala hitam ini tidaklah terkhusus, namun berikut beberapa indikator penting yang bisa digunakan dalam mebedakan kedua jenis indukan tersebut:

  • Nuri kepala hitam jantan memiliki bulu dada mengkilap dengan warna biru tua sedangkan ia seringkali memiliki perilaku seperti menaikan atau menurunkan kepala serta tubuhnya dan sering mengepakkan sayapnya. Sedangkan betina memiliki warna bulu dada yang bewarna biru pucat dan kurang mengkilap serta perilaku betina lebih tidak gesit atau pasif dibandingkan nuri kepala hitam jantan.
  • Burung nuri kepala hitam jantan memiliki iris mata yang bewarna orange dan betina memiki warna yang lebih muda yaitu orange muda atau kuning
  • Jika dibandingkan dengan paruh milik betina, paruh jantan lebih besar dan lebar
Baca juga:  Yuk Belajar Menanam Secara Tabulampot

Burung nuri kepala hitam ini adalah salah satu jenis yang menguntungkan. Inilah mengapa banyak orang ingin tahu tentang proses dan cara budidaya buurng nuri kepala hitam yang akan dibandrol dengan harga yang lumayan mahal.

Bahkan jika anda mampu malakukan latihan demi latihan yang baik dan benar maka burung nuri kepala hitam ini akan bisa melakukan banyak hal seperti peniruan suara burung lain, menggunakan mainan dan yang lainnya. Inilah mengapa tingkat kecerdasan burung nuri kepala hitam dianggap daiatas rata-rata dan menjadikannya spesies yang mahal.

3. Kandang

Agar proses budidaya dari jenis burung nuri kepala hitam ini menjadi optimal dan berhasil maka kandang yang digunakan juga harus diperhatikan. Dimana berikut beberapa persyaratan dan hal yang terkait masalah burung nuri kepala hitam tersebut :

  • Kandang yang bersifat sangat tertutup adalah salah satu jenis kandang yang tidak bagus dan kurang efisien bagi burung nuri
  • Sebaiknya kandang yang digunakan adalah jenis kandang terbuka dengan sistem rantai
  • Sebaiknya burung nuri kepala hitam yang masih bersifat sangat liar di rawat dan kandangnya ditempatkan di daerah yang ramai atau sering dilalui oleh anggota keluarga anda. Hal ini berguna untuk menyatakan pada mereka dan mebiasakan burung tersebut akan kehadiran manusia disekitarnya.
  • Jangan menempatkan kandang dan merawat buirung nuri kepala hitam di daerah yang sunyi dan sepi karena akan mempersulit proses penjinakan mereka hingga mereka menjadi sangat alu atau takut
  • Letakan kandang di tempat yang agak lebih tinggi jika memang burung tersebut kelihatan sangat takut.
  • Setelah melakukan peninggian letak kandang maka mulailah merubah posisi dna ketinggian. Dimana secara perlahan turunkan ketinggian kandang hingga mencapai ketinggian kandang normal.
  • Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kebersihan kandang agar burung tetap sehat.
Baca juga:  Bikin Elok di Balik Kaca

4. Proses Memandikan

Memandikan burung adalah salah satu langkah dasar dalam pengetahuan tentang cara budidaya burung yang baik dan benar. Biasanya burung nuri kepala hitam akan dimandikan dengan car di semprot atau metode penyemprotan. Caranya adalah :

  • Lakukan penyemprotan di luar kandang, dengan cara menyemprotkan burung dengan intensitas air yang sedang.
  • Biarkan burung nuri tersebut berada di tempat terbuka agar bulu dari burung nuri menjadi kering dna agak hitam
  • Kemudian masukan lagi burung tersebut kembali kedalam sangkar mereka.
  • Memandikan burng hingga ia menjadi basah kuyup akan menyebabkan burung tersebut menjadi kian lapar. Makanya anda harus memperhatikan makanan yang tersedia dikandang. Kelaparan bukan disebabkan oleh air melainkan energi yangterkuras karena digunakan untuk memanaskan kembali tubuh mereka.

5. Makanan

Sebenarnya jenis makanan nuri kepala hitam sangat bergantung kepada pemilik, apalagi ketika mereka lapar. Bahkan jika sang nuri kepala hitam masih sangat liar, waktu pemberian makan bisa menjadi saat yang bagus untuk menjinakkan mereka. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Gunakan pemberian pakan kepada burung ini menggunakan bantuan lidi. Namun, coba selalu perpendek ukuran lidi setiap harinya hingga terakhir letak makanan ada di telapak tangan anda.
  • Nuri kepala hitam yang telah berani dan terbiasa akan langsung mendekat dan kemudian langsung memakan makanan tersebut ke tangan kita. Ini adalah salah satu tanda bahwa burung peliharaan anda kian jinak dan tidak lagi liar.
  • Biasanya hasil terbaik didapati setelah sebulan jika anda melakukan perawatan yang benar. Nuri yang dilatih dengan benar akan cepat jinak dan ngacor.
  • Pakan nuri kepala hitam ini juga harus menjadi salah satu perhatian bagi pemilik. jangan meberikan sembarangan pakan kepada mereka.
  • Karena pakan nantinya akan menjadi faktor untuk perkembangan dan pertumbuhan nuri. Pakan yang bisa diberikan dan merupakan rekomendasi adalah biji-bijian, kacang-kacangan, buah buahan, syuran dan pakan buatan.

Berikan pakan bergizi dan berprotein tinggi agar menghasilkan budidaya nuri kepala hitam yang optimal.

6. Latihan

Selain perawatan dasar, tentunya burung peliharaan anda mebutuhkan pelatihan agar bisa mendapatkan burung dengan kualitas prima yang menhasilkan bibit unggul. Latihan dasar bisa berupa bermain dengan beragam atribut dan mendengarkan kicauan burung lain.

Sumber : i l m u b u d i d a y a . c o m