Perasan daun cincau mampu atasi panas dalam

Perasan daun cincau mampu atasi panas dalam

Cara alami redakan panas dalam dengan herbal.

Biji saga rambat yang merah hitam itu amat eksotis. Julukannya mata kepiting. Ada pula yang menyebut kacang rosario. Masyarakat Trinidad merangkai biji saga sebagai gelang tangan atau kaki. Mereka percaya gelang saga menangkal roh jahat. Manfaat tanaman anggota famili Fabaceae itu bukan sekadar menghasilkan bunyi-bunyian merdu sebagai instrumen perkusi.

Penderita panas dalam dapat memetik daunnya yang duduk saling berhadapan itu sebagai penawar sakit. Tumbuk segenggam daun saga segar, tambahkan 3 sendok air matang, peras, lalu minum. Herbalis di Caringin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Ujang Edy, meresepkan daun saga rambat untuk mengatasi panas dalam. Itu karena daun Abrus precatorius mengandung glisirisin yang manjur meredakan panas dalam.

“Membuat oralit cukup dengan satu sendok teh gula, dan seujung korek api garam,” ucap dr Sidi Aritjahja

“Membuat oralit cukup dengan satu sendok teh gula, dan seujung korek api garam,” ucap dr Sidi Aritjahja

Pedas berminyak
Menurut dr Sidi Aritjahja, dokter penganjur herbal di Yogyakarta, dunia medis tidak menganggap panas dalam sebagai penyakit. “Panas dalam adalah gejala penyakit. Rasa nyeri seperti terbakar merupakan tanda dari tubuh karena kondisi kelelahan, gangguan pencernaan, hingga ketidakseimbangan hormon,” kata dokter alumnus Universitas Gadjah Mada itu. Penyebab utama panas dalam adalah gangguan metabolisme.

Bila kondisi itu berlanjut, fungsi metabolisme tubuh bakal terganggu dan memicu berbagai macam penyakit. Organ terbesar metabolisme adalah lever alias hati. Lever memiliki lebih dari 500 fungsi. “Kalau terganggu 5 fungsi saja, akibatnya sistem metabolisme kacau,” kata Sidi. Bila yang terganggu sistem sekresi yang berlebihan, seperti berkemih, dan berkeringat yang berlebihan, maka elekrolit dalam tubuh juga berkurang.

Madu mengatasi panas dalam untuk balita

Madu mengatasi panas dalam untuk balita

Untuk mengatasi gangguan fungsi hati, Sidi menganjurkan penderita agar banyak minum. Jika dehidrasi, minuman yang paling baik adalah oralit atau semacamnya. “Larutan gula garam mengembalikan dan memperbaiki sistem elektrolit dalam tubuh,” ujar Sidi. Pemicu panas dalam selain dehidrasi antara lain konsumsi makanan berminyak atau pedas, kekurangan serat, perubahan cuaca, dan stres.

Baca juga:  Cek Kesehatan Tebu dari Udara

Makanan pedas atau berminyak kerap dijumpai dalam makanan atau kudapan sehari-hari sehingga menjadi pemicu dominan panas dalam. “Minyak atau rasa pedas menyerap air dalam sel atau jaringan tubuh dan memicu dehidrasi,” tutur dr Basuri Tjahaja Purnama SpGK, ahli gizi yang sekarang menjadi bupati Belitung Timur. Akibatnya cairan plasma darah berkurang sehingga mengental dan memperberat beban jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Efek lebih jauh, pasokan oksigen ke sel berkurang sehingga badan lesu, stamina merosot, dan rentan terserang penyakit.

Warna merah menyala dengan hitam di ujungnya menjadi ciri khas biji tanaman saga

Warna merah menyala dengan hitam di ujungnya menjadi ciri khas biji tanaman saga

Menurut Ujang Edy, perubahan cuaca menurunkan kondisi kesehatan dan memicu panas dalam. Bila tidak segera diatasi, timbul beberapa penyakit seperti sakit gigi, sariawan, atau pegal linu. Perokok, peminum kopi, atau pecandu narkoba juga rentan terkena panas dalam lantaran kebiasaan mereka menurunkan stamina, mengganggu sistem imun, dan melemahkan antibodi.

Segala umur
Tak melulu orang dewasa, anak-anak dan bayi pun dapat menderita panas dalam. Itu sebabnya ibu menyusui harus menjaga pola makan karena dapat mempengaruhi bayi yang disusui. “Kalau ibu mengonsumsi makanan panas atau pedas, kemudian bayinya susah atau menolak menyusu dan bibirnya kering, maka dapat dipastikan bayi itu menderita panas dalam,” tutur Ujang.

Satu-satunya cara mengatasi adalah memberikan konsumsi makanan yang benar bagi ibu. Ketika menyusui berikutnya, air susu ibu mengandung obat panas dalam bagi bayi. Maklum, bayi dan balita rentan dan sensitif terhadap obat-obatan. Namun, anak dalam masa pertumbuhan itu juga bisa mengalami panas dalam. Apalagi anak-anak memiliki aktivitas bermain tinggi dan daya tahan tubuh yang belum optimal.

Baca juga:  Sehat Ginjal Berkat Santan

Di samping itu, cuaca kerap berubah drastis. Di usia itu, pengobatan paling aman adalah memberikan setengah sendok teh madu sekali sehari. Selain daun saga, herbal lain utuk mengatasi panas dalam adalah getah pohon angsana Pterocarpus indicus. “Oleskan getah bening kemerahan itu di bibir pada pagi hari dan lihat perubahannya pada waktu siang,” kata Ujang.

Daun saga efektif mengatasi panas dalam

Daun saga efektif mengatasi panas dalam

Sebaiknya pilih pohon angsana yang agak terlindung, bukan di pinggir jalan yang lalu lintasnya padat sepanjang hari. Pilihan lain untuk mengatasi panas dalam adalah cincau rambat Cyclea barbata. Ambil daun cincau secukupnya, tambahkan air, kemudian remas-remas. Selanjutnya diamkan air hasil remasan itu beberapa saat hingga mengental, kemudian dapat langsung dikonsumsi untuk meredakan gejala panas dalam.

Salah satu bahan herbal yang tercantum dalam kitab pengobatan tradisional Tiongkok kuno Pem Chau Gang Mu adalah akar alang-alang Imperata cylindrica. Rumput liar itu berkhasiat mengatasi panas dalam, mencegah sariawan, antisembelit, darah tinggi, gangguan berkemih, serta pendarahan. Itu sebabnya PT Sido Muncul, produsen herbal di Ungaran, kabupaten Semarang, Jawa Tengah, meracik akar kerabat tebu itu dalam produk praktis siap konsumsi.

Menurut Manajer Produk PT Sido Muncul, Boejoeng Mulia, akar alang-alang itu diproses dengan suhu rendah dan tekanan terkontrol sehingga kandungan senyawa aktif di dalamnya terjaga. Selain ekstrak akar alang-alang, produsen minuman multikhasiat itu juga menambahkan ekstrak daun cincau hijau dan jeruk. “Daun cincau hijau mengandung klorofil yang berfungsi sebagai antioksidan dan anti inflamasi, sedangkan jeruk mengandung kaya vitamin C dan antioksidan,” ujar Boejoeng. Dengan berbagai herbal itu, derita panas dalam pun sirna. (Muhammad Awaluddin)

Enam Tanda Panas Dalam

Enam Tanda Panas Dalam

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d