Padi Ungu Warisan Leluhur 1

Warga Kasepuhan Sinarresmi di Desa Sinarresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, memiliki padi unik, yakni padi ungu. Itulah padi gadog dan gantang hideung. Menurut pemimpin Kesatuan Adat Banten Kidul, Kasepuhan Sirnaresmi, Asep Nugraha, padi ungu itu cocok ditanam di lahan sawah dan lahan kering.

Warga luar Sukabumi mengatakan bahwa padi ungu itu berasal dari Thailand dan India. Beberapa wilayah seperti Indramayu dan Yogyakarta yang juga menanam padi ungu mendapatkan benih ungu dari Thailand dan India. “Beras ungu yang beredar saat ini asli tanah air,” kata Asep, pria kelahiran Sukabumi, 7 Desember 1966 itu.

Padi varietas gadog dan gantang hideung itu sudah ada sejak abad ke-16 dan petani terus membudidayakan sampai sekarang. Sayangnya, umur panen padi ungu dua bulan lebih lama daripada padi putih, panen perdana umur 6 bulan setelah tanam. Menurut ayah 4 orang anak itu, kedua varietas padi ungu itu tergolong beras aromatik. Saat Trubus menghirup gabah gadog, campuran aroma herbal mirip jintan hitam, vanila, serta pandan menguar.

Uniknya beras itu berwarna putih dengan sedikit semburat hitam, tidak berwarna ungu sama sekali. Asep lantas mencuci dan memasak beras ungu itu. Selang 30 menit saat penanak nasi dibuka, tampak nasi yang ungu pekat dan beraroma wangi. Beras ungu itu mengandung amilosa 20%. Bandingkan dengan ketan yang berkadar amilosa rendah, kurang dari 10%.

Menurut Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kabupaten Sleman, Dr. Ir. Tri Sudaryono, MS, kadar amilosa menentukan tingkat kepulenan nasi. Makin rendah kadar amilosa, maka nasi makin lengket. Kadar antosianin total dalam 100 g beras hitam sebesar 159,31—359,51 mg. Kandungan lain dalam nasi hitam adalah 160 kalori, 2 gram serat, dan 4% zat besi; nasi putih mengandung 175 kalori, 0,6 g serat, dan 0,8% zat besi. Asep menyata­kan padi ungu hanya untuk dikonsumsi warga kampung.

Baca juga:  Tingkatkan Produksi 300%

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments