Moringa Menggoyang Lidah 1
Kue gulung dan cokelat produk olahan moringa dari Ir. Ai Dudi Krisnadi di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah.

Kue gulung dan cokelat produk olahan moringa dari Ir. Ai Dudi Krisnadi di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah.

Es krim, pasta penne, dan beragam kue lezat berbahan baku daun moringa.

Tampilan es krim itu sama dengan es krim pada umumnya, segar dan sungguh menggoda. Es krim bercita rasa kelapa kopyor itu, terasa lembut dan segar. Sekilas penampilan es krim itu mirip es krim matcha atau bubuk teh hijau. Namun, siapa sangka kalau es krim hijau itu tak sedikit pun menggunakan matcha. Alih-alih memakai matcha sebagai campuran bahan, Arini Soewarli justru memilih daun moringa sebagai bahan baku.

Bakmi moringa bebas gluten aman dikonsumsi anak-anak, terutama anak berkebutuhan khusus.

Bakmi moringa bebas gluten aman dikonsumsi anak-anak, terutama anak berkebutuhan khusus.

“Es krim kelor menjadi pilihan tepat bagi penikmat es krim yang ingin menyantap es krim lezat nan sehat,” kata praktisi makanan sehat di Jakarta Selatan, itu. Masyarakat menyebut moringa itu kelor. Menurut Arini konsep makanan sehat tetapi enak dari bahan baku moringa bisa memotivasi masyarakat untuk mengenal tanaman itu sebagai sumber pangan sehat yang patut diperhitungkan.

Beragam menu

Bukan cuma es krim, penganan lezat bikinan Arini berbahan baku daun moringa. Ia juga membuat pasta penne dan kue yang tak kalah enak. Pasta berbalut saus bolognaise itu juga sehat lantaran bebas gluten. “Makanan nongluten aman bagi anak-anak, terutama anak berkebutuhan khusus,” kata Arini. Bahan pembuat penne hanya terdiri atas bubuk daun moringa, tepung beras, tepung tapioka, telur, dan minyak kelapa murni alias crude coconut oil.

Perempuan berusia 48 tahun itu menuturkan ide membuat penne daun moringa itu muncul karena ingin memberikan menu makanan sehat bagi keluarga. “Konsumsi pangan sehat selayaknya di mulai dari diri sendiri dan keluarga,” ujarnya. Ketiga menu bikinan Arini itu merupakan perpaduan gaya barat dan timur. Ia ingin menunjukkan bahwa pangan lokal, seperti moringa, pun bisa diolah menjadi menu makanan internasional.

Pasta penne moringa bolognaise bikinan Arini Soewarli menggunakan bahan baku bubuk moringa.

Pasta penne moringa bolognaise bikinan Arini Soewarli menggunakan bahan baku bubuk moringa.

Buktinya, ia sukses menyulap daun moringa menjadi makanan khas Italia yang lezat. Pasta penne moringa itu juga menjadi hidangan spesial di restoran Food Cabin di Kemang, Jakarta Selatan. Pengunjung bisa menyantap olahan daun moringa itu saat akhir pekan. Untuk membuat sajian, Arini menggunakan bubuk daun moringa dari daun pilihan. Ia memilih bubuk berkualitas yang halus dan berwarna hijau segar.

Baca juga:  Propolis Tepis Kanker Serviks

Arini menuturkan bubuk daun moringa mudah diolah menjadi beragam menu, termasuk mi. Penambahan daun kelor rupanya berdampak bagus. Hasil penelitian Zakaria dan rekan dari Jurusan Gizi, Politeknik Kesehatan Makassar, membuktikan kadar protein mi basah yang terbuat dari tepung daun moringa lebih tinggi 1,08% dibandingkan dengan mi basah tanpa penambahan tepung daun tanaman anggota famili Moringaceae itu.

Menurut Arini masyarakat harus pintar memilih bahan pangan agar tubuh bugar dan tidak gampang sakit. “Kecukupan asupan nutrisi sehari-hari sangat penting untuk menangkal radikal bebas dan memperbaiki metabolisme tubuh,” katanya. Apalagi bagi orang yang sudah berumur separuh baya mengonsumsi makanan sehat sudah harus jadi gaya hidup. Maklum, seiring pertambahan usia daya tahan tubuh manusia semakin menurun.

Minuman moringa

Pekebun moringa di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Ir. Ai Dudi Krisnadi, merilis produk berbahan dasar moringa seperti teh celup, kue gulung, dan cokelat. Dudi mengolah daun moringa dengan prosedur ketat untuk menjaga kandungan nutrisinya. Untuk pembuatan teh celup ia menggiling daun kering menjadi serbuk hingga tingkat kehalusan 200 mesh. Sementara untuk bahan campuran makanan ia menggunakan saringan 500 mesh.

Moringa Menggoyang Lidah 2

Es krim moringa lezat dan sehat menjadi menu istimewa di restoran Food Cabin, Kemang, Jakarta Selatan.

Teh celup olahan moringa juga menjadi andalan PT Niaga Globalindo Jaya. Teh yang terbuat dari 100% daun moringa itu hadir dalam kemasan eksklusif. Konsumen bisa mendapatkan 2 manfaat sekaligus dari produk yang terbuat dari daun pringa pilihan yang dipasok dari Pulau Lombok itu. “Endapan daun kelor bisa digunakan sebagai masker wajah,” kata Setyo Harsoyo, Chairman PT Niaga Globalindo Jaya. Ampas seduhan daun kelor berguna meredakan jerawat meradang, sekaligus menghapus flek hitam. Dengan pemakaian teratur wajah pun cerah kembali. (Andari Titisari)

Baca juga:  Potret Pasar Jambu Madu Deli Hijau

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *