Kunci mempertahankan kadar nutrisi daun moringa menjadi serbuk adalah menghindari pemanasan suhu tinggi.

Setiap bulan Ir. Ai Dudi Krisnadi memproduksi 2 ton serbuk daun moringa—masyarakat menyebut kelor. Dari jumlah produksi itu sekitar 80% di antaranya untuk memenuhi pasar ekspor. Dudi memasarkan serbuk daun Moringa oleifera ke beberapa negara di Benua Asia, Eropa, dan Afrika. Pasar internasional berminat membeli serbuk daun moringa produksi Dudi karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Menurut Dudi para pembeli menguji kandungan nutrisi sebelum memutuskan untuk membeli.

“Setelah terbukti kandungan nutrisinya baik, barulah bertransaksi,” ujar Dudi. Kandungan nutrisi aspek utama dalam mengukur kualitas daun moringa. Pasalnya, Food and Agricultural Organization (FAO) dan World Health Organization (WHO) menggadang-gadang moringa sebagai pangan super lantaran kandungan nutrisinya yang luar biasa.

Asam Amino Tepung Terigu

Asam Amino Tepung Terigu

Pertahankan nutrisi

Menurut peneliti Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jakarta, Syarifah Aminah, dengan kandungan nutrisi yang tinggi, maka moringa dapat digunakan sebagai fortifikan atau bahan baku untuk mencukupi nutrisi berbagai produk pangan, seperti pada puding, cake, naget, biskuit, dan cracker.

Oleh sebab itu, Dudi melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan kadar nutrisi pada daun moringa selama pengolahan. Salah satunya menyegerakan pengolahan daun setelah panen. “Daun moringa harus diolah maksimal 4 jam setelah panen,” ujar alumnus Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi, Tasikmalaya, Jawa Barat, itu. Dudi mengatur suhu di ruang pengeringan maksimal 35oC dan kelembapan 46% agar tidak merusak kandungan nutrisi. Daun moringa kering setelah 3 hari pengeringan.

Metode pengolahan itu terbukti mampu mempertahankan kandungan nutrisi. Berdasarkan hasil uji laboratorium, tepung moringa produksi Dudi mengandung 18 jenis asam amino. Itulah sebabnya komunitas moringa dunia mengenal Dudi sebagai penemu Moringa Nutrition Lock Methode atau metode pengunci nutrisi moringa. (Imam Wiguna)

Baca juga:  Pakan Terlarang Kucing

Tags: asam amino, budidaya kelor, daun kelor, majalah pertanian, majalah trubus, moringa, petani indonesia, trubus

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d