Mengusir Nyamuk Secara Alami Dengan Serai Wangi

Mengusir Nyamuk Secara Alami Dengan Serai Wangi 1

Nyamuk, siapa yang tidak kenal nyamuk? makluk kecil yang sering menemani kita dimalam hari. Meskipun nyamuk terlihat tidak berbahaya, namun ternyata ia berperan dalam banyaknya kasus penyakit seperti: demam berdarah, demam berdarah dengue (DBD), malaria, chikunguya dan Kaki gajah.

Beragam cara dapat dilakukan untuk menghindarkan diri kita dari gigitan nyamuk yakni dengan cara, memasang kelambu di tempat tidur, memasang jaring/ kawat nyamuk pada ventilasi rumah, menyemprot ruangan dengan obat nyamuk hingga mengoleskan lotion anti nyamuk.

Dikutip dari majalah trubus online, ternyata kita bisa mengusir nyamuk secara alami dengan serai wangi. Tanaman serai wangi dapat kita tanam di pekarangan rumah, lalu hasil perasan tersebut dapat kita gunakan. Dapat pula anda beli dalam bentuk kemasan siap pakai.

Tanamlah serai wangi dengan mana latin Cymbopogon nardus, berdasarkan hasil penelitian Rofirma Manurung dan rekan dari Universitas Sumatera Utara menunjukkan perasan serai wangi dengan konsentrasi 2—3% dapat mencegah gigitan nyamuk Aedes aegypti sebesar 75—100%.

Senyawa sitronelal dan geraniol dalam serai wangi tidak disukai nyamuk. Perasan serai wangi dapat dibuat dengan mencuci daun dan batang, potong-potong, lalu haluskan dengan blender. Peras hasil blenderan dengan kain flanel, encerkan dengan air atau akuades. Kemudian perasan serai wangi siap digunakan.

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x