Menggapai Langit, Menggapai Laba 1
Untuk mencapai diameter 30 cm solomon hanya butuh waktu 6 tahun. Kecepatan tumbuhnya 2 kali sengon biasa

Untuk mencapai diameter 30 cm solomon hanya butuh waktu 6 tahun. Kecepatan tumbuhnya 2 kali sengon biasa

Pekebun di Pringsurat, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Agus Sumarno, jatuh hati pada pandangan pertama. Begitu melihat pertumbuhan sengon solomon pada 2006 itu bongsor, ia memutuskan untuk memerluas penanaman. Semula ia menanam 40 bibit solomon pemberian Dr Ir Eko Bhakti Hardiyanto dari Universitas Gadjah Mada. Itu sebagai uji coba yang menggembirakan.

Melihat pertumbuhan tanaman anggota famili Fabaceae itu pesat, ia berhasrat untuk kembali menanamnya. Kepala Dusun Bantengan, Desa Kebonsari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, itu menanam 2.000 bibit solomon pada 2007. Pohon-pohon itu kini menjulang lurus menggapai langit hingga 25 meter dan berdiameter 75 cm. Sengon lokal belum mampu menandingi kecepatan tumbuh itu.

Dalam berkebun sengon solomon, Agus melakukan penjarangan sebanyak 2 kali. Pertama pada saat pohon berumur 2,5 tahun dan kedua pada pohon umur 4 tahun. Penjarangan dilakukan agar setiap pohon dapat cukup sinar matahari. Dengan begitu pertumbuhan solomon pun optimal (Rosy Nur Apriyanti/Peliput: Riefza Vebriansyah)

Hitung Laba Sengon

Hitung Laba Sengon

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *