Teratai salju tidak diragukan lagi khasiatnya, bahan aktif dalam tanaman ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan obat herbal. Tetapi tidak banyak orang yang mengetahui karakteristik khusus bunga teratai salju karena tanaman ini hanya tumbuh di daerah tertentu.

Teratai adalah salah satu tanaman unik, pasalnya tanaman ini bisa bertahan hidup di atas air. Berbeda dengan tanaman lain yang tumbuh subur di tanah, tanaman ini justru tumbuh dengan baik di atas air. Biasanya tanaman ini dapat dengan mudah ditemukan di kolam ikan atau di sungai dengan air yang tenang.

Sejauh ini, belum banyak orang mengetahui manfaat dan manfaat bunga teratai , terutama untuk kesehatan. Sebagian besar dari mereka hanya tahu bahwa teratai salju hanya dapat digunakan sebagai pakan ikan peliharaan di kolam.

Mengenal Ciri Khusus Bunga Teratai Salju

Ciri Khusus Teratai Salju

Teratai salju adalah penemuan baru di dunia medis, terutama dalam pengobatan herbal. Tumbuhan dengan nama latin Laniceps Saussurea adalah tanaman yang sering ditemukan di Cina dan Tibet. Warga di negara tersebut telah menggunakan tanaman ini selama beberapa generasi untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Teratai salju biasanya tumbuh di daerah dengan ketinggian 12000 di atas permukaan laut. Cri khusus dari teratai salju adalah bahwa ia hanya dapat berbunga sekali seumur hidup. Tanaman ini juga tidak dapat tumbuh dengan cepat, bagian yang dapat digunakan untuk pembibitan hanya dapat dipetik sekali seumur hidup. Selain itu tanaman ini hanya bisa bertahan hidup sekitar 2 tahun sebelum akhirnya mati.

Manfaat Teratai Salju

Bunga Teratai Salju

Teratai salju menjadi salah satu obat yang sedang dikembangkan di China. Teratai salju yang tumbuh secara liar di area pegunungan memiki beragam manfaat untuk mengatasi gangguan peradangan dan luka pada tubuh. Selain itu ekstrak dari tanaman ini juga sangat bagi untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit yang berhubungan dengan luka dalam maupun luka luar.

Baca juga:  6 Jenis Tanaman Hias Tahan Panas untuk Indoor dan Outdoor

Tanaman bunga teratai ini sedang dikembangkan untuk dijadikan sebagai obat yang bisa digunakan oleh orang anak-anak sampai orang tua. Di negara asalnya, tanaman ini masih digunakan oleh orang tua untuk mengobati berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat tanaman teratai salju untuk kesehatan.

Mempercantik Kulit

Seperti tampilan bunganya yang cantik, salah satu manfaat dari bunga teratai salju yakni bisa digunakan untuk perawatan kulit. Khasiatnya tentu untuk mengahaluskan dan memperindah kulit Anda. Salah satu cara pemanfaatnya adalah dengan membuat masker dari bunga teratai.

Dengan menggunakan masker bunga teratai secara teratur Anda akan merasakan manfaat luar biasa dari tanaman ini. Salah satu manfaatnya adalah membuat kulit tampil lebih cantik, membantu metabolisme kulit sehingga mengurangi efek penuaan dini. Selain itu tanaman ini juga bisa membuat kulit Anda semakin mengkilat serta mencegah timbulnya jerawat pada kulit.

Mengatur Kesehatan Organ Tubuh

Organ tubuh bagian dalam manusia memang harus dirawat dengan baik.Terkadang berbagai penyakit bisa menyerang bagian dalam tubuh tanpa diketahui penyebabnya. Masalah yang sering dialami salah satunya adalah peradangan dan baru diketahui ketika sudah parah. Dengan memanfaatkan teratai salju ini bisa membantu mestabilkan suhu tubuh.

Minuman hasil ekstrak bunga teratai ini sangat efektif untuk mengatasi masalah kesehatan organ tubuh. Dengan meminum ramuan ini secara teratur akan membuat tubuh terasa hangat dan membuat organ tubun menjadi lebih sehat. Senyawa yang ada di dalam teratai salju juga membantu proses metabolisme menjadi lebih baik.

Mengobati Masuk Angin dan Perut Kembung

Dengan menyeduh ramuan yang dibuat dari bunga teratai salju akan membuat tubuh menjadi lebih hangat sehingga bisa menyembuhkan masuk angin dan perut kembung. Zat yang terkandung di dalam tanaman ini akan membuat perut lebih hangat serta melancarkan gas dari saluran pencernaan.

Baca juga:  Ciri dan Manfaat Bunga Kamboja

Dengan cara ini akan membuat perut yang terasa kembung menjadi lebih nyaman. Dianjurkan untuk mengkonsumsi ramuan ini selagi masih hangat. Agar bisa mendapatkan manfaat yang lebih optimal, Anda bisa mencampurnya dengan madu dan mengkonsumsinya secara teratur.

Mengobati Impotensi dengan Teratai Salju

Penyakit impotensi menjadi salah satu momok penyakit yang menakutkan bagi kaum Adam. Tidak heran bila banyak orang yang rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mengobati penyakit ini. Penyakit impotensi ini disebabkan karena adanya saluran pembuluh darah yang mengalir ke bagian testis tidak bekerja dengan optimal.

Hal inilah yang menyebabkan lelaki mengalami impotensi atau enjakulasi dini. Kalau tidak segera ditangani dengan baik akan menyebabkan impotensi permanen. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mengkonsumsi air rebusan bunga teratai yang sebelumnya telah dicampur dengan ginseng atau jahe.

Mengobati Gangguan Hati

Hati merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting dalam metabolisme manusia. Hati menyerap racun yang mesuk ke dalam tubuh, dan menetralkan di dalam hati. Oleh karena itulah bila tubuh terlalu menyrap banyak racun akan mengakibatkan gangguan hati.

Khasiat dari teratai salju salah satunya adalah mengatasi ganguan tersebut dengan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Racun akan keluar melewati saluran sekresi seperti diitoksi yang dilakukan oleh hati. Hal ini tentu bagus untuk meringankan kerja hati dalam menetralisir racun yang ada di dalam tubuh.

Sumber : c a r a t a n a m . c o m