Menanam Semangka di Polybag/ Pot

Siapa yang tidak kenal dengan buah manis dan segar ini. Ya, buah semangka memang sudah sangat familiar di masyarakat kita. Mulai dari dewasa hingga anak-anak sekalipun sudah mengenal yang namanya buah semangka. Semangka sendiri merupakan salah satu jenis buah yang mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi menyehatkan. Harganya yang murah membuat permintaan pasar untuk buah satu ini sangatlah tinggi.

Tak heran, diberbagai tempat penjualan buah pasti tidak akan luput dengan yang namanya semangka pada jualannya.

Secara bisnis, buah semangka sangat menguntungkan dan mampu menghasilkan keuntungan yang melimpah. Tak heran cukup banyak petani yang menanam buah semangka pada lahan yang dimilikinya. Mungkin saja bagi Anda yang tidak memiliki lahan luas akan berfikir tidak mungkin untuk bisa menanam semangka ini. Padahal lahan bukanlah syarat mutlak untuk membudidayakan semangka.

Ya, saat ini Anda sudah bisa memanfaatkan polybag sebagai media tanam buah semangka dan bisa menaruhnya di pekarangan rumah. Cukup mudah dan praktis serta tidak memakan banyak waktu dan biaya. Berikut ini cara menanam semangka di Polybag/ Pot yang benar bisa Anda terapkan.

Ada beberapa tahapan untuk cara menanam semangka dalam polybag ini. Dan langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan beberapa bahan dan alat-alat untuk menanam semangkanya. Untuk bahan dan alat-alatnya adalah sebagai berikut :

  • Bibit semangka
  • Polybag/ Pot
  • Tanah humus
  • Pasir
  • Pupuk organik (kandang dan kompos)
  • Sekop
  • Tampah
  • Bambu (sebagai penyangga)
  • Dan air

Setelah beberapa bahan dan alat diatas sudah dipersiapkan, selanjutnya adalah menerapkan cara menanam semangka di polybag/ Pot. Untuk langkah-langkahnya simak dibawah ini.

Pemilihan bibit

Langkah ini sangat penting dilakukan, agar nantinya hasil tanaman semangka bisa lebih berkualitas dan mampu menghasilkan buah yang melimpah. Bibit semangka ini bisa Anda ambil dari indukan yang berkualitas juga. Pilih buah semangka yang sudah benar-benar matang dan tua, lalu pisahkan biji-bijinya. Selanjutnya biji tersebut diletakkan pada tampah kemudian diangin-anginkan agar kandungan air pada biji bisa berkurang.

Persiapan media tanam

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanamnya. Siapkan saja tanah yang gembur serta mengandung banyak humus. Kemudian campurkan tanah tersebut dengan pupuk organik, seperti pupuk kandang dan pupuk kompos. Tak lupa juga untuk menambahkan pasir secukupnya dan aduk hingga merata. Untuk takarannya bisa disesuaikan sendiri dengan tanah lebih banyak dosisnya. Diamkan campuran tersebut selama kurang lebih 1 minggu hingga kondisi tanah kembali normal.

Menyiapkan polybag/ Pot dan pengisian media tanam

Untuk polybag/ Pot yang akan digunakan untuk tempat menanam semangka ini bisa Anda sesuaikan sendiri. Namun, lebih baiknya Anda memilih ukuran polybag/ Pot yang agak besar sekitar diameter 25-30 cm. Beri lubang dibagian bawahnya sebagai tempat keluarnya air nantinya. Tapi perlu diingat, lubang ini jangan terlalu besar.
Setelah polybag disiapkan, selanjutnya adalah mengisikan media tanam ke dalam polybag. Isikan hingga polybag sesak, dengan menyisakan sedikit space pada bagian atasnya. Ini artinya jangan mengisikan media tanam hingga terlalu penuh.

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x