Air kelapa potensial menjadi bahan baku kefir. Khasiatnya beragam. Kefir air kelapa cocok bagi konsumen yang alergi susu.

Kefir air kelapa – Susan Hartono menyuguhkan minuman bening keruh sembari berujar, “Sudah biasa minum minuman masam kan?” Cita rasanya memang agak masam dan menyegarkan. Aroma kelapa kuat tercium. Itulah kefir berbahan air kelapa. Selama ini bahan baku kefir lazimnya susu sapi atau susu kambing.

Susan yang menggeluti pengobatan holistik itu gandrung kefir sejak 2012. Kefir salah satu minuman probiotik untuk kesehatan. Perempuan kelahiran Jakarta 43 tahun silam itu mengatakan, orang yang alergi terhadap susu cocok mengonsumsi kefir berbahan baku air kelapa.

Menurut Susan bibit kefir atau grain untuk bahan dasar air kelapa berbeda dengan grain kefir berbahan susu. “Bibit yang digunakan umumnya untuk bahan dasar bening atau nondairy grain,” kata Susan.

Bibit kemasan

Menurut praktikus kefir di Cimahi, Jawa Barat, Teddy Cahya Setyadi, kandungan kefir kelapa lebih kompleks daripada kefir air. Kefir kelapa antara lain mengandung potasium, sodium, klorida, kalsium, dan magnesium. Mineral itu sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, menjaga kebutuhan mineral tubuh, serta menyeimbangkannya. Ia menuturkan, kefir air kelapa sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Khasiat lain kefir kelapa untuk menstabilkan tekanan darah tinggi dan mencegah pendarahan.

Kandungan potasium yang cukup di dalamnya pun secara bertahap dapat membantu meluruhkan batu ginjal Teddy Cahya Setyadi

Menurut Susan faedah kefir kelapa hampir sama dengan kefir susu. “Jika dibandingkan minuman probiotik lain, strain asal kefir bisa diam di usus dan membantu pencernaan,” kata Susan.

Adapun minuman probiotik lainnya misal yoghurt strainnya tidak bisa berdiam di usus. “Kefir cocok dikonsumsi bagi yang sakit atau sehat. Juga minuman aman dan tanpa efek samping,” katanya. Menurut Susan kelapa muda atau degan lebih banyak airnya sehingga lazim digunakan sebagai bahan baku.

Baca juga:  Air Kelapa Berubah Tali

Teddy mengatakan, bahan baku kefir kelapa berupa air kelapa muda atau kelapa tua. “Kalau dari kelapa muda biasanya terasa lebih bersoda,” kata Teddy.

Bibit atau grain serbuk dikemas dalam saset plastik.
Bibit atau grain serbuk dikemas dalam saset plastik.

Apakah bibit atau grain kefir susu bisa digunakan untuk kefir air kelapa? Menurut Susan, fermentasi bibit kefir susu untuk membuat kefir air kelapa bisa saja terjadi. Namun, kualitas grain bisa menurun karena tidak cocok dengan lingkungannya.

Oleh karena itu, perlu adaptasi, sesekali harus disimpan pada air kelapa yang cocok sebagai habitatnya. Penggunaan bibit yang tidak sesuai dengan bahan dasar tidak disarankan.

produksi kefir kelapa
Produksi Kefir Air Kelapa

Susan membuat kefir kelapa dengan bibit kefir kemasan—yang multifungsi bisa untuk kefir bahan dasar susu, air, atau air kelapa. “Sayang belum ada produsen grain kemasan di tanah air sehingga masih impor dari luar negeri,” kata Susan. “Di Amerika Serikat harga bibit kefir kemasan US$30 per kemasan isi 6 saset,” kata Susan. Oleh karena itu, konsumen mudah membuat kefir kelapa.

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d