Oh nooo, You use Adblocker!
Your Adblocker is active! It is preventing us to show you our content.

Membuat Pakan Umpan Mancing Dengan Aroma Pemikat Ikan

  • Home
  • Perikanan
  • Membuat Pakan Umpan Mancing Dengan Aroma Pemikat Ikan
Membuat Pakan Umpan Mancing Dengan Aroma Pemikat Ikan 1

Salah meramu pakan umpan mancing, ikan pun enggan makan.

Selama ini Muhammad Daud, pehobi dari Bandung, Jawa Barat, mengombinasikan aroma vanila, apel, dan teh ketika meramu umpan mancing. “Saya mendapatkan resep itu dari seorang teman yang sering juara,” ujar Daud yang kerap kali hanya bisa mendapat 15 kg ikan dalam 1 putaran selama 3 jam itu.

Bahkan, kerap kali ia hanya bisa menggigit jari karena gagal mengangkat ikan ketika mancing. Menurut Bambang Wijanarko, produsen aroma pakan ikan di Ciledug, Provinsi Banten, ramuan yang dipakai Daud lebih pas untuk memancing saat cuaca panas.

“Ketika musim hujan ikan lebih suka aroma gurih,” kata Bambang. Pria yang akrab disapa Benggol itu menuturkan untuk memikat ikan pada musim hujan pehobi sebaiknya memanfaatkan aroma tenggiri, seafood, kue mentega, atau jagung. Tujuannya agar penciuman ikan lebih terangsang untuk menghampiri umpan.

Pehobi di Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, Elrico, menerapkan teori itu. Saat musim hujan ia menggunakan kombinasi aroma tenggiri, jagung, melon, kacang, mentega, vanila, dan jambu untuk umpannya.

meracik esens,membuat umpan ikan

Meramu esens, kombinasi harus sesuai takaran. Salah takaran ikan di kolam galatama tidak mau makan

Meracik kombinasi esens (aroma umpan ikan)

Setelah menerapkan anjuran itu ia selalu mendapat ikan berukuran jumbo di 30 menit awal perlombaan. Berkat racikan itu Elrico menyambet gelar juara pertama pada lomba mancing yang diadakan di Fishing Valley, Jawa Barat, pada Februari 2014.

“Ukuran ikannya di atas 8 kg,” ujar Elrico. Bambang menuturkan, saat ini pemancing lebih banyak mencari esens yang terdiri dari beberapa aroma. Esens yang digunakan dalam mancing sebenarnya food esensce atau pemberi aroma makanan.

Tujuannya untuk menambah citarasa atau mengubah rasa dan aroma dari umpan dasar yang digunakan. Di kalangan pemancing, esens yang terdiri dari kombinasi beberapa aroma dikenal dengan sebutan oplosan.

Pada umunya esens kombinasi terdiri dari 7—8 jenis esens dasar. Meraciknya pun tidak sembarangan. Diperlukan uji coba untuk mengetahui kombinasi paling tepat.

Sebelum membuat suatu kombinasi, biasanya Bambang menguji keampuhan esens racikannya di 5 kolam pemancingan dengan lokasi berjauhan hingga didapat racikan yang tepat. Sebab, lain ikan lain pula aroma wangi yang diminatinya.

“Setiap ikan berbeda ketertarikannya pada aroma umpan,” kata Bambang. Patin menyukai aroma yang keasam-asaman, ikan mas lebih suka aroma manis gurih, sedangkan lele menyukai aroma asam menyengat. “Pehobi perlu mengetahui karakter aroma yang disukai ikan,” ujar pria 39 tahun itu.

Beragam merek esens kombinasi hadir di pasaran

Beragam merek esens kombinasi hadir di pasaran

“Jika sudah dapat yang pas, baru dibuat dalam jumlah banyak,” ujar pria yang mulai menjual esens sejak 2000 itu. Salah meracik esens ikan enggan makan. Apalagi ikan yang sudah terbiasa dengan kondisi mancing perlu dirangsang dengan pemberian esens yang tepat.

Menurut dokter hewan di Klinik Calico, Yogyakarta, drh Slamet Raharjo MP, esens tidak berbahaya bagi ikan selama pemakaian tidak berlebihan. Oleh karena itu sah-sah saja penggunaan esens saat memancing.

Aroma dasar umpan ikan

Para produsen esens kombinasi menganggap beberapa jenis aroma dasar seperti vanila, leci, dan pisang ambon harus ada. Ketiganya sebagai kunci dalam sebuah esens kombinasi.

Page :
Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x