fungisida organik untuk tomat dan cabai

Membuat sendiri fungisida organik untuk tanaman tomat dan cabai

Fungisida organik untuk tomat dan cabai – Berkebun atau bertani sekarang ini sudah jadi bidang usaha yang memiliki prospek sangat menjanjikan. Bermacam penemuan dan pengembangan pada sektor pertanian membuat bidang usaha ini semaking berkembang. Ruang lingkupnyanya pun tidak hanya tentang bahan pangan, akan tetapi berkembang dalam sektor tanaman herbal dan tanaman hias.

Tetapi tidak berarti dalam usaha pertanian tidak terdapat masalah. Ada banyak permasalahan yang sering ditemui oleh para petani atau para pekerja di bagian pertanian. Yang sering ditemui tentu saja permasalahan penyakit tanaman dan hama. Dua hal itu sering menjadi momok tersendiri untuk para petani.

Hama dan penyakit yang kerap menyerang tanaman itu beraneka ragam jenisnya. Ada yang berupa hewan pengerat, ada serangga hingga cendawan. Belum pula penyakit yang sering menyerang daun, akar tanaman dan tangkai. Permasalahan ini perlu mendapatkan perhatian khusus karena pengaruh yang diakibatkan oleh hal-hal tersebut akan segera terlihat pada hasil pertanian Anda.

Banyak solusi yang bisa dijadikan senjata untuk hadapi permasalahan penyakit tanaman dan hama. Dimulai dari tindakan untuk mencegah penyakit dan tindakan pengobatan penyakit. Tindakan pencegahan bisa Anda kerjakan saat tanaman mulai di tanam. Sedang tindakan pengobatan bisa Anda kerjakan saat hama dan penyakit sudah menginfeksi tanaman.

Apa itu cendawan?

Salah satu tipe hama yang kerap menyerang tanaman ialah jamur atau cendawan. Cendawan atau jamur ini merupakan tumbuhan yang tidak memiliki klorofil hingga sifatnya heterotrof. Sifat ini yang menyebabkan jamur tidak dapat untuk hidup sendiri dan harus menumpang pada tanaman lain supaya dapat hidup.

Baca juga:  Yulia Fitriana, Sosok Penyuluh Pertanian yang Hadirkan Perubahan
antraknosa pada buah tomat
Antraknosa pada buah tomat oleh jamur Colletotrichum coccodes

Cendawan merupakan permasalahan khusus untuk para petani. Apabila cendawan sudah menyerang tanaman, maka dapat merugikan para petani. Oleh karenanya diperlukan perhatian khusus dan tindakan pencegahan harus Anda kerjakan supaya panen bisa maksimal.

Apa itu fungisida organik?

Apabila tanaman Anda telah diserang cendawan, maka hal yang perlu Anda kerjakan ialah melakukan pengobatan. Salah satunya tekniknya adalah dengan menggunakan pestisida. Pestisida yang digunakan khusus dalam memberantas jamur biasa dikenal dengan sebutan fungisida.

Fungisida adalah pestisida yang secara spesifik memberantas dan menghambat perkembangan jamur atau cendawan. Bentuk dari fungisida biasanya berupa cair, gas, serbuk ataupun berbentuk butiran kecil. Biasanya fungisida yang beredar saat ini terbuat dari bahan kimia. Tetapi ada pula fungisida yang terbuat dari bahan alami atau sering disebut fungisida organik.

Fungisida organik menjadi alternatif pilihan dalam mengatasi cendawan pada tanaman budidaya Anda. Fungisida organik ialah fungisida yang dibuat dari bahan alami seperti organisme tertentu dan tumbuhan. Pemanfaatan fungisida organik ini biasanya digunakan untuk budidaya tanaman organik yang dikhususkan tidak boleh memakai bahan kimia dalam perawatannya.

Untuk membuat fungisida ini tidaklah susah. Dengan memanfaatkan bahan – bahan yang ada di sekitar kita, sehingga Anda sudah dapat membuat fungisida organik untuk tomat dan cabai sendiri. Berikut langkah membuat fungisida organik untuk tanaman tomat dan cabai yang dikutip dari trubus-online.co.id.

Membuat fungisida alami untuk tomat dan cabai

Menyediakan Alat dan Bahan

  • 1 kg jahe
  • 1 kg lengkuas
  • 1 kg kunyit
  • 5 liter air bersih
  • Blender
  • Penyaring
  • Pengaduk
  • Alat semprot

Proses pembuatan

Untuk mengatasi serangan penyakit akibat cendawan pada tomat dan cabai, Soeparwan Soeleman, pekebun sayuran organik di Kota Bandung, Jawa Barat, menggunakan fungisida organik.

Baca juga:  Jenis Tanaman Hidroponik yang Bisa Anda Tanam di Rumah

Cara pembuatannya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Cuci bersih semua alat dan bahan yang digunakan
  • Blender 1 kg jahe, 1 kg lengkuas, dan 1 kg kunyit.
  • Campurkan seluruh bahan ke dalam 5 liter air bersih, lalu aduk.
  • Selanjutnya saring dan peras perlahan sampai sari pati bahan baku terambil semua.

Cara penggunaan

Setelah proses pembuatan selesai, fungisida dapat dilarutkan dalam air, takarannya adalah masukkan 20 ml fungisida organik ke dalam tangki berkapasitas 15 liter yang telah diisi air. Aduk hingga rata. Semprotkan larutan ke tanaman yang terserang penyakit akibat cendawan, seperti busuk daun dan busuk batang.

Lakukan perawatan pada tanaman tomat dan cabai dengan maksimal, karena perawatan yang baik akan menghasilkan tanaman yang baik pula. Proses perawatan sebaiknya dilaksanakan setiap waktu agar tanaman tomat dan cabai Anda terhindar dari serangan berbagai macam penyakit dan hama.