Media Tanam Hidroponik Sederhana Sebagai Alternatif Yang Mudah Didapat

  • Home
  • Uncategorized
  • Media Tanam Hidroponik Sederhana Sebagai Alternatif Yang Mudah Didapat
Media Tanam Hidroponik Sederhana Sebagai Alternatif Yang Mudah Didapat
Mencari pilihan alternatif media tanam hidroponik sederhana bukan hal yang mudah dalam bercocok tanam secara hidroponik. Pada dasarnya hidroponik merupakan teknologi baru di dunia pertanian dimana media tanam yang digunakan bukanlah tanah, seperti pada umumnya. Melainkan menggunakan larutan nutrisi yang sudah tercampur dalam air untuk mendukung tanaman agar tetap tumbuh dengan optimal.

Pada pembahasan kali ini Kami akan mengenalkan jenis-jenis media tanam hidroponik sederhana yang bisa Anda gunakan untuk budidaya tanaman hidroponik Anda dirumah. Mengenal jenis-jenis media tanam hidroponik ini sangat lah penting, karena nanti akan dapat membantu Anda dalam memodifikasi atau mencari media tanam untuk menanam tanaman hidroponik yang tersedia dilingkungan tempat tinggal Anda.

media tanam hidroponik sederhana image
media tanam hidroponik sederhana

Apa Saja Media Tanam Hidroponik Sederhana itu?

Media tanam hidroponik sederhana adalah jenis media tanam untuk bercocok tanam hidroponik yangmudah didapat, jumlahnya banyak, harga relatif murah dan mudah di aplikasikan dalam bercocok tanam secara hidroponik.  Berikut jenis-jenis media tanam hidroponik sederhana yang biasa digunakan dalam bercocok tanam secara hidroponik diantaranya.

1. Arang sekam

Arang sekam atau sekam bakar merupakan media tanam hidroponik sederhana yang banyak di gunakan oleh sebagian besar masyarakat,  dikarenakan arang sekam diangap sebagai media tanam hidroponik sederhana yang efisien, ketersediaanya banyak dan mudah didapat.

Media tanam hidroponik dari arang sekam image
Media tanam hidroponik dari arang sekam

Keunggulan utama dari media tanam hidroponik sederhana dari arang sekam antara lain :

  • Terdapat beberapa komponen kimia seperti protein kasar, kadar air, lemak, abu, serat kasar, oksigen, karbon, silikat, dan karbohidrat.
  • Cara mendapatkannya mudah. Apalagi jika anda tinggal di lingkungan pedesaan yang sebagian masyarakatnya adalah petani padi
  • Proses pembuatanya mudah, dan unsur yang dapat membahayakan tanaman sudah hilang di karnakan proses pembuatannya dengan cara di bakar
  • Media tanam yang tergolong murah, mudah di dapat, steril dan efisien, Meski tingal jauh dari perkotaan dan jauh dari toko hidroponik arang sekam merupakan media tanam hidroponik sederhana sebagai alternative terbaik untuk anda gunakan.

2. Spon

Biasanya dalam budidaya tanaman hidroponik media yang digunakan adalah rockwol, namun untuk menggatinya Anda bisa menggunakan media tanam hidroponik yang satu ini, yaitu Spon. Prinsipnya media ini hampir sama dengan rockwol, yaitu mengikat air nutrisi untuk menjaga kelembaban serta sebagai media untuk penopang perakaran.

Artikel Terkait : Cara Membuat Media Tanam Untuk Budidaya Semangka

Spon mempunyai bobot yang sangat ringan sama dengan rockwol dan dalam pengaplikasianya Anda tinggal menyiramkan air pada spon tersebut. Secara otomatis spon  akan menyerap maksimal sehingga tanaman langsung bisa mendapatkan pasokan air nutrisi secara cepat.

media tanam hidroponik spon image
Media tanam hidroponik dari  spon

Beberapa kelebihan lain dari spon sebagai media tanam hidroponik sederhana yaitu :

  • Spon mampu menyimpan kandungan air selama 2 minggu. 
  • Spon sebagai media tanam hidroponik sederhana yang ketersedianya berlimpah, Anda bisa mendapatkannya meski di lingkungan tempat tinggal Anda tidak terdapat toko hidroponik
Page :
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x