Maniskan Bintang 1

Berikut cara Tatang Halim menghasilkan belimbing madu blitar dengan rasa manis, tingkat kemanisan 140 briks.

  1. Tanam bibit sehat setinggi  40—50 cm dalam lubang tanam berukuran 70 cm x 70 cm x 70 cm. Tatang menggunakan media tanam campuran 30 kg kotoran kambing dan 30 kg ayam, 2 kg biofosfat dari guano (mengandung  4 jenis mikrob),  3 kg humus—semua bahan nutrisi itu hasil  fermentasi, 0,5 kg dolomit (kapur pertanian), 2 kg NPK, dan 1 sendok makan furadan.
  2. Siram tanaman muda itu setiap 2 hari. Masing-masing pohon mendapat  setengah ember air. Lakukan rutin hingga terbentuk pucuk baru. Setelah itu, mengikuti kondisi di lapangan. Bila mendekati 5—7 hari tidak hujan dan permukaan media terlihat kering, maka tanaman harus disiram.
  3. Pada hari ke-15, berikan 100 g campuran pupuk terdiri atas KCl, TSP, dan ZA dengan perbandingan 1 : 1 : 3. Pemupukan berikutnya pada  umur 3 bulan dengan menambah dosis 300 g per tanaman.
  4. Cegah serangan hama dan penyakit dengan menyemprotkan pestisida setiap pekan ke seluruh tajuk tanaman. Gunakan fitozeb, antracol, dan dithane, secara bergantian. Konsentrasinya 1 cc per l air.
  5. Tanaman belimbing berbuah pada umur 6 bulan setelah tanam. Saat buah sebesar ibu jari, 3 cm, bungkus dengan kantong plastik atau kertas transparan agar  warna kulitnya kuning atau jingga. Bagian bawah kantong tetap terbuka agar buah tidak pengap.
  6. Semprotkan KNO3® (PN kristal) konsentrasi 2 g per l air dan pupuk cair Phospor® 2 cc per l ke seluruh tajuk tanaman. Keduanya berperan dalam memaniskan buah. Frekuensi penyemprotan setiap pekan secara bergantian. Pupuk itu dapat dicampur dan diaplikasikan bersama pestisida. Selang 2—3 bulan buah dipanen. Buka kantong pembungkus untuk melihat warna kulit. Bila 70—80% berubah kuning, buah sudah dapat dipanen. Dengan cara itu buah belimbing memiliki rasa manis.***
Baca juga:  Sehat di Dalam, Cantik di Luar

532_45

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *