Oh nooo, You use Adblocker!
Your Adblocker is active! It is preventing us to show you our content.

Merahnya Buah Mangga Yuwen dan Lebatnya Pohon Mangga Mahatir

  • Home
  • Pertanian
  • Merahnya Buah Mangga Yuwen dan Lebatnya Pohon Mangga Mahatir
Merahnya Buah Mangga Yuwen dan Lebatnya Pohon Mangga Mahatir 1

Cara memerahkan mangga yuwen dan melebatkan mangga mahatir.

Lima buah mangga yuwen seukuran 20 cm bergelantungan di cabang pohon. Djoko Roseno menanam pohon Mangifera indica itu di pot. Warna buah yang merah terang amat kontras berpadu dengan hijau daun. Mangga yuwen memang istimewa.

Kulit buah berwarna merah saat matang. Aroma yang harum membuat mangga itu menjadi salah satu incaran kolektor tabulampot. Apalagi daging buahnya tebal, berwarna kuning dengan sedikit serat, dan berbiji tipis. Derajat kemanisannya mencapai 230 briks.

pohon mangga,mangga mahatir,pohon mangga unggul

Pohon mangga mahatir koleksi Eko Tri Sulistyo berbuah lebat

Tanaman mangga yuwen pun mudah berbuah. Setelah panen dan pemangkasan pada tunas-tunas air, dua bulan kemudian bunga muncul kembali. Djoko tiga kali panen dari pohon mangganya yang berumur lima tahun dalam setahun. Seolah mangga itu berbuah susul-menyusul.

Cara memerahkan mangga yuwen

Yuwen tentu tak sempurna. Kekurangannya kematangan buah tidak serempak. Di sebuah pohon ada buah yang muda, setengah matang, dan matang. Meski demikian para pehobi tetap memburunya. Djoko, misalnya, memperbanyak tanaman mangga yuwen itu dengan cara okulasi dalam jumlah terbatas.

Penampilan buah mangga yuwen di halaman rumah Djoko itu “aneh” karena sekujur buah merah cerah. Pehobi lain yang menanam yuwen memetik buah dengan warna merah gelap.

Yuwen memang bukan mangga asli tanah air. Ia datang dari Taiwan. Itulah sebabnya pohon mangga yuwen cenderung memasuki fase generatif pada November—Januari. Pada bulan itu di Indonesia paparan sinar matahari relatif singkat karena musim hujan. Menurut Ir Rebin warna merah pada kulit buah mangga, termasuk yuwen, dibentuk oleh antosianin.

Peneliti buah mangga dari Balai Penelitian Tanaman Buah, Kebun Percobaan Cukurgondang, Pasuruan, Jawa Timur, itu mengatakan antosianin terbentuk saat kulit buah mendapat sinar matahari secara cukup. Oleh karena itu buah-buah yang terlindung oleh daun—biasanya dalam tajuk—tidak akan berwarna merah secara nyata.

Untuk itu Rebin menyarankan untuk memangkas cabang-cabang kecil dan membuang daun yang menutupi buah. “Pokoknya, usahakan buah terkena sinar matahari penuh,” lanjut Rebin.

Rahasia Djoko Roseno mampu memerahkan yuwen antara lain pemanfaatan pupuk kandang kotoran kambing kering. Pehobi tabulampot di Serpong, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, itu memberikan pupuk kandang itu saat tanaman mulai berbunga dan setelah panen buah. Dosis pupuk 6 kg per tanaman. Selain itu ia juga menyiram hingga 5 liter air per pohon.

Djoko Roseno,buah mangga yuwen

Pehobi tabulampot di Serpong, Provinsi Banten, Djoko Roseno, sukses memerahkan buah mangga yuwen.

Ketersediaan air menjadi prioritas utama dalam perawatan tanaman. Ketika tanaman mulai berbunga—biasanya bertepatan dengan musim kemarau—Roseno menyiram tanaman setiap hari. Volumenya tetap 5 liter, tapi frekuensi penyiraman tergantung kondisi cuaca.

Saat panas terik, ia menyiram 2 kali sehari. Pehobi itu menempatkan tanaman buah dalam pot (tabulampot) di halaman rumah seluas 20 m x 15 m.

Sinar matahari—terutama saat pagi—leluasa menerobos tajuk pohon. Di halaman 300 m2 itu hanya tumbuh 6 pohon sehingga yuwen leluasa mendapat sinar matahari. Sirkulasi udara yang bagus sehingga hama dan penyakit jarang menyerang tanaman.

Cara melebatkan mangga mahatir

Jenis pohon mangga lain yang menjadi incaran pehobi tabulampot adalah mahatir. Mahatir berukuran sangat besar, bobot buah matang normal mencapai 3 kg bahkan lebih. Daging buah tebal mencapai 5 cm dengan berbiji tipis.

Page :
Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x