Mangga Miyazaki dan Mangga Irwin 1

Mangga miyazaki dan mangga irwin – Berita mangga miyazaki berharga fenomenal menyedot perhatian para pemerhati buah di Indonesia. Mereka mencari semua informasi berkaitan dengan mangga yang banyak dibudidayakan di Prefektur Miyazaki, Jepang, itu. Sebagian pehobi buah menduga miyazaki kerabat mangga irwin, atau memang irwin lantaran warna kulitnya yang merah merona.

Menurut pekebun mangga di Indramayu, Jawa Barat, Urip Ibrahim, miyazaki berbeda dengan irwin karena bercita rasa dominan manis, sedangkan irwin lebih masam.

Perbedaan lainnya yakni daun miyazaki lebih melintir dibandingkan dengan daun mangga irwin. “Yang paling nyata berbeda adalah biji miyazaki yang kempis, sedangkan irwin berbiji tebal,” kata Urip.

Pehobi mangga di Malang, Jawa Timur, Ahut F Hendarul, mengatakan karakter irwin dan miyazaki hampir sama. Kualitas buah yang maksimal berkaitan dengan teknik budidaya. Ahut F Hendarul meyakini miyazaki adalah irwin berdasarkan hasil diskusi di forum penggemar buah dunia plus artikel ahli tanaman di Jepang, Jhon Y Yonemoto.

Sosok mangga irwin yang disebutsebut sama dengan mangga miyazaki.
Sosok mangga irwin yang disebut-sebut sama dengan mangga miyazaki.

“Artikel itu menyebutkan miyazaki adalah irwin yang dibudidayakan superintensif. Kebetulan dibudidayakan di Prefektur Miyazaki sehingga disebut juga mangga miyazaki,” katanya. Pakar buah dari Institut Pertanian Bogor, Prof. Sobir berpendapat sama, miyazaki sama dengan mangga irwin.

Doktor bidang genetika molekuler dari Okayama University, Jepang, itu mendapatkan informasi taiyo no tamago—sebutan miyazaki di Jepang—adalah irwin dari buku hortikultura terbitan Negeri Sakura.

Penangkar bibit buah di Bogor, Jawa Barat, Teddy Soelistyo sepakat dengan Hendarul dan Sobir. Teddy memperoleh informasi miyazaki adalah irwin dari sesama pencinta buah di Negeri Matahari Terbit.

Sementara penangkar bibit di Salaman, Magelang, Jawa Tengah, Eko Tri Sulistyo belum bisa berpendapat karena miyazaki miliknya berlum berbuah. “Nanti jika miyazaki berbuah bersamaan dengan irwin bisa dibandingkan karakter keduanya,” kata Eko.

Baca juga:  Mencegah Mangga Malformasi

Penangkar bibit di Yogyakarta, Wiwik Wijayahadi, juga tidak berkomentar banyak karena belum pernah melihat langsung miyazaki. Menurut peneliti mangga di Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu), Solok, Sumatera Barat, Sri Yuliati S.P., M.Si., miyazaki bukan irwin.

Alasannya dari beberapa literatur yang Sri baca miyazaki memang mangga khas atau asli Prefektur Miyazaki. Selain itu, fakta Jepang masih mengimpor irwin dari Taiwan membantah pendapat miyazaki sama dengan Irwin.

“Logikanya jika miyazaki adalah irwin, mengapa Jepang masih mengimpor irwin?” kata Sri. Meski begitu ia belum pernah melihat langsung dan mencicipi mangga eksklusif itu. Perlu dilakukan uji deoxyribonucleic acid (DNA) untuk memastikan betul apakah miyazaki sejatinya mangga irwin atau bukan. (Bondan Setyawan)

 

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *