Dua mangga baru yuwen 6 dan kim muang, manis, lembut, tanpa serat.

Warna mangga yuwen 6 setelah pembungkusan
Warna mangga yuwen 6 setelah pembungkusan

Pohon mangga setinggi 3 meter di kebun Teddy Soelistyo itu sungguh elok. Belasan buah berwarna hijau kemerahan tampak bergelantungan di dahan yang rimbun. Sosok buah memang kecil, tetapi padat berisi. Mangga eksotis itu paling enak disantap ketika buah sudah matang. Pasalnya, daging buah berada pada kondisi paling sempurna yakni kuning keemasan. Siapa pun pasti tergoda untuk merasakan kelezatannya.

Apalagi buah matang mengeluarkan aroma yang begitu menggugah selera. Citarasa mangga berukulit seronok itu nyaris sempura. Manis, sedikit masam, dan berserat halus. Bentuk, warna, dan citarasa mangga itu mengingatkan pada sosok yuwen—mangga asal Taiwan. Teddy menuturkan mangga koleksinya itu bernama yuwen 6. Teddy menuturkan ciri fisik dan citarasa yuwen 6 lebih baik dibanding dengan jenis yuwen lain.

Adaptif

Teddy Soelistyo bersama mangga yuwen 6 miliknya
Teddy Soelistyo bersama mangga yuwen 6 miliknya

Menurut Teddy yang menjadi pembeda utama yuwen 6 dengan yuwen lain yakni bobot buah. Yuwen 6 berbobot 600—800 gram, sedangkan yuwen lain berbobot 1—2 kg. Teddy memperoleh bibit yuwen 6 dari Thailand pada 2013. Ia lantas menempelkan entres Mangifera indica baru itu pada batang mangga lokal. Selang 2,5 tahun, tanaman berbuah perdana.

Jumlah mangga yang dipanen masih sedikit, sekitar 20 buah. Maklum, tanaman masih belajar berbuah. Ia membuahkan yuwen 6 tanpa perlakuan istimewa. “Yuwen hanya butuh sinar matahari yang cukup,” ujar penangkar buah di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, itu. Penanaman di lokasi bersinar matahari sedikit membuat tanaman tidak akan berwarna secara nyata. Soal adaptasi yuwen 6 cukup bandel.

Pehobi bisa menanam hingga lahan berketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (m dpl). Curah hujan yang dibutuhkan antara 750—2.500 mm per tahun. “Jika dibandingkan dengan irwin, merawat yuwen 6 justru lebih mudah,” ujar Teddy. Jika Irwin butuh penyinaran 5—10 jam sehari maka yuwen 6 hanya 4 jam. Kebutuhan hara berupa pemupukan maupun penyiraman secara berkala agar tanaman tumbuh optimal.

Teddy menggunakan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi dengan perbandingan 1:1:1. Jika tidak tersedia sekam padi, media tanam cukup berupa campuran tanah dan pupuk.  Menurut Teddy media tanam harus gembur (porous) agar air siraman menyerap sempurna, serta mengalir lancar. Pemupukan dilakukan setiap 3 bulan sekali.

Baca juga:  Aral Berkebun si Merah

Menurut Teddy perbanyakan yuwen 6 paling tepat menggunakan teknik sambung. Bahan perbanyakan berupa mata tunas dari pohon induk yang disambung dengan batang bawah mangga lokal. Bibit siap ditanam bila sudah muncul pucuk baru. “Biasanya butuh waktu paling cepat sebulan,” ujarnya. Penanamn yuwen di tanah bisa mencapai masa produktif hingga 20 tahun. Tanaman berbuah perdana pada umur 2—2,5 tahun.

Andalan Taiwan
Menurut pehobi mangga di Kota Malang, Jawa Timur, Ahut F. Hendarul, yuwen merupakan mangga paling fenomenal. Itu sebabnya, bibit yuwen paling banyak dicari. Hanya saja, pehobi harus tahu betul ciri yuwen yang benar. “Jangan menganggap setiap mangga berkulit merah adalah yuwen,” ujar Hendarul. Yuwen merupakan mangga hibrida hasil persilangan antara keitt (Amerika) dengan banana mango (Thailand).

Mangga kim muang berujung runcing.
Mangga kim muang berujung runcing.

Dari hasil persilangan itu lahir beragam aksesi. Kemudian salah satu aksesi itu disilangkan kembali dengan irwin. Hasilnya lahir aneka mangga-mangga merah jumbo antara lain yuwen 6, yuwen 4, dan red emperor. Hendarul menuturkan tiga mangga yang kerap menjadi andalan Taiwan—sohor dengan sebutan Formosa—untuk program pemuliaan adalah keitt, irwin, dan banana mango. Secara umum mangga yuwen mulai populer di Indonesia sejak lima tahun terakhir.

Sebagai pendatang baru, potensi budidaya yuwen cukup besar. Teddy menjual harga bibit pohon mangga yuwen 6 Rp350.000 per buah. Harga buah tergolong mahal. Pasar swalayan bahkan membanderol yuwen hingga Rp 100.000 per kg. Selain yuwen 6, Teddy juga memiliki mangga anyar yang tak kalah eksotis yakni kim muang. Keunggulan kim muang serupa dengan yuwen 6.

Mangga kim muang berdaging buah tebal
Mangga kim muang berdaging buah tebal

Daging buah tebal, biji tipis, dan tanpa serat. “Kim muang manis dengan sensasi sedikit asam,” kata Teddy. Bobot mangga kim muang  lumayan besar, yakni 1,1 kg. Bentuk buah agak bulat dengan ujung runcing. Kulit buah kim muang berwarna hijau saat muda. Lambat laun warnanya berubah menjadi merah merona, ungu, lalu merah menyala. Teddy memanen kim muang pada 2015.

Baca juga:  Agrowisata Mangga

Panen perdana itu hanya menghasilkan 4 buah, karena pohon tersebut kombinasi dan kecil. Ia memanen buah dari tanaman hasil sambung sisip. Ia mendatangkan bibit kim muang dari Thailand. Ia memperoleh informasi soal kim muang dari seorang teman di Thailand. Sang penangkar menceritakan soal keunggulan kim muang mulai dari citarasa hingga adaptasi tanaman.

Kantong pembungkus khusus, dapat mengubah warna mangga
Kantong pembungkus khusus, dapat mengubah warna mangga

Itu sebabnya Teddy mantap mendatangkan bibit kim muang pada akhir tahun, 2012. Pembungkusan buah menyebabkan warna seronok kim muang menjadi lebih kalem. Menurut dosen Fisiologi Tumbuhan Universitas Sebelas Maret, Prof Dr Ir Djoko Purnomo MP perubahan warna akibat pembungkusan karena jumlah klorofil berkurang.

Prof Dr Ir Sobir MSi dari Departemen Agronomi dan Hortikultura, Institut Pertanian Bogor juga menyatakan pembungkusan pada mangga menyebabkan terjadinya penekanan klorofil, sehingga warna hijau tidak dapat muncul terlalu kuat. Ia meyakini yuwen 6 termasuk varian mangga yuwen. Menurut Sobir mangga jenis yuwen serta mangga berkulit merah lainnya lebih cocok ditanam di daerah basah.

Pasar Indonesia belum sepenuhnya menerima mangga dengan citarasa asam. “Masyarakat Indonesia senang mencoba, namun tetap lebih menyukai mangga lokal yang manis,” ujar Sobir. Bagi para pehobi, munculnya beragam varietas baru menimbulkan keinginan kuat untuk menambah jumlah koleksi di kebun.

Menggabungkan dan mengombinasikan beberapa varietas mangga dalam satu pohon yang sama adalah solusinya. Dalam satu pohon yang sama, ia bisa memiliki lebih dari satu varietas.

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d