Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

Ciplukan atau yang biasa juga disebut ceplukan merupakan jenis tanaman liar yang sering dijumpai tumbuh pada areal pekarangan rumah, persawahan, kebun ataupun di pinggir jalan. Tanaman ciplukan ini memiliki bentuk buah yang terbilang cukup unik. Warnanya hijau serta mempunyai rasa yang sangat pahit. Ketika buah ciplukan matang maka warnanya akan berubah menjadi kuning serta memiliki rasa yang manis.

Meskipun tanaman ini tergolong tanaman liar serta sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat, akan tetapi tahukah kamu bahwa manfaat dari buah ciplukan ini sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Buah ciplukan ternyata banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti asam klorogenik, asam sitrun, vitamin C, tanin, kriptoxantin, tanin asam malat, fisalin dan gula. Sedangkan daun ciplukan mengandung glikosida flavonoid serta akar ciplukan mengandung alkaloida.

Manfaat buah ciplukan yaitu mempunyai efek farmakologis sebagai analgesik, antidote atau menetralkan racun, menjaga fungsi kelenjar tubuh serta meredakan batuk. Dengan terdapatnya banyak manfaat dari tanaman ini, maka tanaman ciplukan di golongkan dalam tanaman obat (toga). Keunggulan dari tanaman ciplukan ini ialah tidak adanya kandungan racun di tiap bagian tanamannya, jadi sangat aman untuk kamu konsumsi dalam jangka waktu yang lama. Berikut beberapa manfaat buah ciplukan yang bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsinya secara teratur:

Sebagai Obat Kurap Atau Borok

Manfaat buah ciplukan yang pertama ialah bisa digunakan sebagai obat kurap ataupun obat luka borok. Caranya ialah dengan mengambil buah ciplukan kemudian hancurkan sampai halus. Setelah itu bisa kamu oleskan pada kulit yang terkena kurap.

Obat Reumatik

Manfaat buah ciplukan yang kedua ialah mampu mengatasi reumatik. Penyakit reumatik sering kali meyerang kalangan orang tua. Rasa nyeri yang sangat menyiksa ini sering kali timbul dan mengganggu aktivitas. Supaya mengatasi reumatik ini cobalah merebus 10 gram buah ciplukan kering dengan menambahkan tiga gelas air sampai susut menjadi satu setengah gelas. Minumlah air hasil rebusan tersebut sebanyak tiga kali dengan takaran setengah gelas setiap minum.

Mencegah Epilepsi

Buah ciplukan bisa mengatasi penyakit epilepsi. Caranya ialah kamu cukup mengkonsumsi 10 buah ciplukan setiap harinya. Dengan cara ini diharapkan bisa mengobati penyakit epilepsi secara berangsur – angsur.

Mengobati Gusi Berdarah

Gusi berdarah bisa diobati dengan mengkonsumsi secara rutin buah ciplukan. Manfaat buah ciplukan pada penyakit ini sangatlah ampuh, hal ini karena buah ciplukan mengandung vitamin C yang berlimpah. Selain gusi berdarah, ciplukan juga bisa mengatasi penyakit sariawan.

Dapat Menurunkan Kolesterol

Buah ciplukan bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh kamu. Caranya ialah dengan mengkonsumsi buah ciplukan langsung atau dengan cara kamu rebus. Senyawa pada ciplukan mampu berperan menurunkan kolesterol ialah senyawa flavonoid dan saponin.

Sebagai Antioksidan

Dengan rajin mengkonsumsi buah ciplukan secara teratur, maka manfaat buah ciplukan yang bisa kamu dapatkan adalah meningkatnya daya tahan pada tubuh serta menjadikan tubuh kamu tidak mudah terserang oleh penyakit. Baik itu penyakit yang disebabkan oleh jamur, bakteri ataupun jenis – jenis virus tertentu. Dengan sifat antioksidannya maka mampu menjaga tubuh kamu dari akibat buruk terpapar radikal bebas.

.. ..

Mencegah Sakit Gigi dan Karies

Tanaman ciplukan mempunyai sifat anti bakteri pada mulut. Sehingga hal ini membawa dampak yang postif dalam menjaga kesehatan gigi kamu. Zat tanin, saponin juga flavonoid yang terkandung pada tanaman ciplukan ini mampu menjaga kesehatan gigi serta saluran gigi kamu akan terhindar dari karies.

Tags: