Biji bunga matahari atau lebih sering disebut dengan nama kuaci merupakan salah satu cemilan yang menyehatkan. Meskipun bentuknya kecil dan agak susah untuk mengupasnya biji matahari memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Selain itu snack ini juga mempunyai banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Saat in untuk mendapatkan kuaci cukup mudah karena banyak yang menjualnya di pasar-pasar tradisonal ataupun di swalayan dengan kemasan yang menarik. Untuk harganya cukup terjangkau sehingga cocok untuk dijadikan cemilan sehari-hari.

Tanaman bunga matahari sebenarnya merupakan jenis tanaman herbal yang memiliki nama ilmiah Helianthus annuus termasuk dalam keluarga genus Helianthus dan Asteraceae. Bunga matahari diperkirakan berasal dari dearah Amerika Tengah, tetapi saat ini banyak negara telah membudidayakan tanaman ini seperti Argentina, Amerika Serikat, Rusia dan Cina.

Kandungan Nutris dan Manfaat Biji Bunga Matahari

Biji Bunga Matahari

Ukuran biji bunga matahari ini cukup mungil yakni hanya sekitar 6 mm sampai 10 mm saj. Sedangkan bentuknya seperti kerucut dengan permukaan kulit yang mulus. Di dalam satu bunga matahari terdapat ratusan biji yang kesemuaannya mengandung minyak nabati. Di dalam satu biji bunga matahari mengandung banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh. Untuk mengetahuinya Anda bisa melihatnya pada tabel di bawah ini.

Biji bunga matahari (Helianthus annuus)
per sajian 100 g.
Principle Nutrient Value Percentage of RDA
Energi 584 Kcal 29%
Karbohidrat 20 g 15%
Protein 20.78 g 37%
Lemak 51.46 g 172%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat 8.6 g 23%
Vitamins
Folates 227 µg 57%
Niacin 8.335 mg 52%
Pantothenic acid 1.130 mg 22%
Pyridoxine 1.345 mg 103%
Riboflavin 0.355 mg 27%
Thiamin 1.480 mg 123%
Vitamin A 50 IU 1.6%
Vitamin C 1.4 2%
Vitamin E 35.17 mg 234%
Electrolytes
Sodium 9 mg 1%
Potassium 645 mg 14%
Minerals
Kalsium 78 mg 8%
Tembaga 1.800 mg 200%
Zat Besi 5.25 mg 63%
Magnesium 325 mg 81%
Manganese 1.950 mg 85%
Phosphorus 660 mg 94%
Selenium 53 µg 96%
Zinc 5.00 mg 45%
Phyto-nutrients
Carotene-ß 30 µg
Crypto-xanthin-ß 0 µg
Lutein-zeaxanthin 0 µg
Baca juga:  Cara Budidaya Tanaman Hias Anthurium yang Baik

Manfaat Biji Bunga Matahari

Bunga Matahari

Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut membuat biji bunga matahari mempunyai beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah beberapa daftar manfaat dari bunga matahari bila dikonsumsi dengan dosis tertentu.

Biji Bunga Matahari Sebagai Anti-inflamasi

Seperti yang sudah diketahui bahwa biji bunga matahari merupakan salah satu sumber vitamin E yang bisa larut dalam lemak tubuh. Vitamin E yang diserap oleh tubuh bisa menetralkan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel otak dan kolestrol. Dengan melindungi komponen seluler dan molekuler, vitamin E mempunyai efek anti-inflamasi yang kuat.

Efek positifnya dengan mengkonsumsi biji bunga matahahari bisa mengurangi berbagai gejala penyakit seperti rheumatoid arthritis, gejala asma, dan osteoarthritis. Selain itu vitamin E juga berfungsi sebagai salah satu zat yang bisa mencegah timbulnya penyakit kanker serta mengurangi resiko diabetes.

Mencegah penyakit kardiovaskular

Kandungan vitamin E pada bunga biji bunga matahari juga berperan penting dalam mencegah timbulnya penyakit kardiovaskular. Kandungan zat yang dimiliki merupakan salah satu antiokasidan yang terdapat pada kolestrol untuk mencegah dari radikal bebas yang disebabkan kolestrol.

Fungsi lain dari vitamin E pada tanaman ini adalah untuk mencegah dari mengembangnya atherosclerosis. Selain itu di dalam sebuah penelian, orang yang mengkonsumsi vitamin E mempunyai resiko lebih di dalam terkena serangan jantung. Sebaliknya orang yang kekurangan zat ini di dalam tubuhnya lebih mudah untuk terkena penyakit ini.

Kolestrol di dalam tubuh sebenarnya tidak semuanya buruk, ada juga kolestrol baik yang medukung kinerja tubuh. Tetapi ada kolestrol jahat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kolestrol inilah yang menjadi sumber dari berbagai penyakit seperti kanker, darah tinggi, dan jantung.

Kandungan zat pitosterol pada biji bunga matahari akan membantu dalam menurunkan kolestrol jahat di dalam tubuh. Dalam sebuah study Journal of Agricultural and Food Chemistry, para peneliti menemukan kandungan pitosterol pada tanaman ini lebih tinggi drai jenis kacang-kacangan yang lain yakni mencapai 270-289 mg / 100 g.

Baca juga:  Stamina Prima Saat Puasa

Dapat Menenangkan Saraf, Otot, dan Pembuluh Darah

Selain enak ternyata biji tanaman ini mempunyai banyak sekali manfaat yang jarang diketahui salah satunya adalah untuk menenangkan otot dan saraf tubuh. Kandungan zat magnesium yang ada di dalam biji bunga matahari akan mengimbangi kalsium sehingga bisa mengatur dalam saraf dan otot.

Dengan adanya zat magnesium yang cukup di dalam tubuh akan membuat saraf, otot, dan pembuluh darah bekerja dengan normal. Asupan magnesium yang cukup dapat berkontribusi terhadap kejang otot (termasuk kejang otot jantung atau kejang saluran udara akibat gejala asma), tekanan darah tinggi, migrain, serta kram otot (seperti ketegangan, nyeri dan kelelahan).

Menjaga Kesehatan Tulang

Seperti yang sudah diketahui bahwa magnesium sangat berguna untuk tulang. Dalam sebuah penelitian diketahui bahwa 2/3 magnesium yang ada di dalam tubuh ditemukan pada tulang. Kandungan magnesium yang ada dalam biji bunga matahari bisa membantu dalam pembentukan tulang dan juga sebagai nutrisi untuk menjaga agar tulang dalam kondisi yang baik.

Meningkatkan Proses Detoksifikasi dan Pencegah Kanker

Kandungan zat selenium pada biji bunga matahari merupakan mineral yang berperan aktif dalam kesehatan tubuh. Zat ini terbukti membantu menginduksi perbaikan DNA di dalam sel yang rusak, menghambat proliferasi sel kanker, serta berperan aktif dalam menghilangkan sel-sel upnormal di dalam tubuh.

Selain berperan aktif di dalam memperbaiki sel rusak, selenium banyak juga yang tergabung di dalam protein sangat penting di dalam pencengahan dan perlindungan dari serangan sel kanker. Kekayaan selenium adalah alasan lain bahwa biji bunga matahari dapat membuat camilan yang baik.

Sumber : c a r a t a n a m . c o m