Malaysia Berpesta Bunga 1
Pinisi tersusun dari beragam genus anggrek meraih the Best Colour.

Pinisi tersusun dari beragam genus anggrek meraih the Best Colour.

Acara tahunan pesta bunga negeri jiran menyedot hingga 1-juta orang.

Sebuah perahu pinisi sepanjang empat meter berlayar menjulang. Layar mengembang penuh warna seperti kuning tersusun dari anggrek mokara, merah marun (renanthera), hijau muda (dendrobium), dan jingga (vanda). Rudy T. Mintarno dari Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, menghabiskan ribuan anggrek untuk mendesain pinisi penghias paviliun Indonesia saat ekshibisi Floria 2015 di Putrajaya, Malaysia.

Seluruh negara bagian di Malaysia hadir meramaikan Floria 2015.

Seluruh negara bagian di Malaysia hadir meramaikan Floria 2015.

Itu termasuk permukaan dek perahu yang juga penuh anggrek renanthera berbunga merah dan jingga serta vanda ungu. Taman Anggrek Indonesia bersaing dengan 10 stan lain dari sembilan negara lain seperti Afrika Selatan, Tiongkok, Denmark, Italia, Jepang, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Taiwan. Dewan juri akhirnya memberi plakat bertuliskan “Best Colour” di dasar perahu pinisi itu.

Di mana-mana lili
Penghargaan itu menghapus penat M. Arif Hafid dan Dedy Jasmulyadi yang menata anggrek selama tiga hari tiga malam. Lomba taman anggrek itu hanya satu dari 10 acara di paviliun Floral. Lomba lainnya adalah merangkai bunga skala besar, lomba floral desain, dining room, dan princess head pieces. Paviliun Floral menempati tenda seluas 1.000 m2. Sementara total luas acara Floria 2015 mencapai 2,9 ha.

Taman bukit terowongan.

Taman bukit terowongan.

Acara tahunan Malaysia itu berlangsung di Anjung Floria Precinct 4, Putrajaya. Lokasi itu terletak di tepi Telaga Putrajaya. Pesta bunga pada Mei 2015 itu untuk yang ke-8 kali. Tema perayaan tahun ini ialah lilium dan kerabatnya. Sebanyak 100 varietas lili pun dipamerkan pada acara bertajuk Tapestry of Hues alias warna-warni permadani. Jadi wajar bila hampir semua sudut taman dalam ruangan dan luar ruangan dihiasi dengan lili pot dan lili potong atau rangkaian bunga lili berwarna semarak.

Baca juga:  Siasat Logan Merebut Pasar

Presiden Putrajaya Corporation, Tan Sri Dato Seri (Dr) Aseh Bin Haji Che Mat, dalam sambutannya mengatakan, Royal Floria Putrajaya berpotensi untuk mengembangkan dan melebarkan sayapnya sehingga bisa saling berbagi informasi dan penelitian.

Taman luar ruangan karya anak SMA.

Taman luar ruangan karya anak SMA.

Selain itu perhelatan Floria juga dapat meningkatkan industri lanskap dan hortikultura lokal. Sebab, kebutuhan bunga mencapai ratusan ribu tangkai dan pot.

Selain itu Floria pun semakin meluas dengan semakin banyaknya peserta dari luar negeri. “Tahun ini peserta baru yang hadir ialah Kenya dan Ekuador,” kata Che Mat. Sebanyak 50 peserta dari 30 negara mengikuti pesta bunga itu. Mereka berkompetisi dalam 17 lomba internasional dan lokal. Kegiatan yang cukup menarik ialah lomba taman berbagai tingkatan, yakni pemerintahan, perusahaan, SMP, SMA, dan universitas yang dinilai pada siang dan malam hari.

Juara I lomba International Floral Designer.

Juara I lomba International Floral Designer.

Untuk memikat para juri, semua peserta menghias stan taman mereka dengan lampu hias warna warni. Kesan meriahnya tidak kalah dari diskotik, minus musik hingar bingar. Acara yang berlangsung 30 Mei—7 Juni 2015 itu sukses mengundang lebih dari 1-juta orang. Semua itu tidak lepas dari peran seluruh peserta yang mengangkat standar perlombaan sangat tinggi sehingga sukses besar pengunjung rela antre hingga 20 m.

Kathy Ong panitia yang berperan besar dalam suksesnya Floria 2015.

Kathy Ong panitia yang berperan besar dalam suksesnya Floria 2015.

Di balik kesuksesan Floria 2015, ada Kathy Ong. Menjelang pembukaan, ia hampir tidak pernah tidur. Bahkan saat desainer taman harus pulang pukul 03.00 dinihari akibat harus merampungkan dekorasi, Kathy masih sabar mengantar pulang ke hotel. (Syah Angkasa).

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments