Jamur maitake efektif menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida.

Jamur maitake efektif menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida.

Jamur maitake terbukti secara ilmiah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Kolesterol ibarat pedang bermata dua. Di satu sisi, tubuh memerlukan kolesterol. Namun, di sisi lain kolesterol yang berlebihan akan menimbulkan masalah kesehatan. Menurut konsultan kardiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Ika Prasetya Wijaya, Sp.PD.KKV, FINASIM, kolesterol bermanfaat untuk pembentukan dinding sel dan menjadi bahan baku beberapa hormon. Lemak darah yang secara umum diketahui adalah low density lipoprotein (LDL), high density lipoprotein (HDL), dan trigliserida. LDL membawa lemak ke jaringan tubuh dan menimbunnya pada dinding pembuluh darah. HDL mengangkut lemak yang tidak terpakai dalam darah kembali ke hati untuk dibongkar menjadi asam empedu. Adapun trigliserida merupakan lemak darah hasil penyimpanan energi berlebih dari makanan.

Bahaya
Pemicu penumpukan kolesterol antara lain konsumsi pangan kaya kolesterol, seperti jeroan, gorengan, dan makanan berminyak. Kesehatan tubuh juga terancam bila kadar LDL berlebih dalam tubuh. Saat tidak terpakai, tubuh menyimpan dan menumpuk LDL di pembuluh darah. Lama-kelamaan penumpukan itu menyumbat pembuluh darah. Jika sumbatan terjadi di pembuluh jantung, maka dapat menyebabkan serangan jantung, sedangkan di jaringan otak mengakibatkan stroke. Selain itu faktor keturunan memegang peranan penting. “Prevalensi kedua penyakit itu menjadi tinggi jika seseorang mewarisi gen dari orang tuanya yang berkolesterol tinggi,” kata dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit dr. Sardjito, Yogyakarta, Prof. Dr. dr. Nyoman Kertia, Sp.PD-KR.

Menurut dr. Nyoman Kertia, seseorang dikatakan berkolesterol tinggi saat kadar kolesterol total melebihi 200 mg/dl, LDL melebihi 100 mg/dl, trigliserida di atas 150 mg/dl, dan kolesterol baik atau HDL kurang dari 40 mg/dl. Oleh sebab itu untuk mengetahui keempat indikator itu, setiap orang wajib mengecek kesehatan minimal 6 bulan sekali. “Jika sudah berkolesterol tinggi, cek kesehatan minimal 3 bulan sekali di samping pengobatan,” ujar guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada itu.

Baca juga:  Mete Pilihan Pekebun

Maitake

Makanan berlemak salah satu sumber kolesterol tinggi yang harus dibatasi.

Makanan berlemak salah satu sumber kolesterol tinggi yang harus dibatasi.

Konsumsi suplemen berbahan jamur maitake dapat menjadi alternatif untuk mengatasi kolesterol tinggi. Di Jepang maitake sangat populer karena khasiat dan kelezatannya. Menurut Prof. Hiroaki Nanba, Ph.D., guru besar emeritus dari Universitas Farmasi Kobe, Jepang, pada zaman Edo, yakni pada sekitar 1800-an, maitake sangat berharga karena menjadi makanan wajib untuk menjaga kesehatan keluarga istana kekaisaran dan para samurai.

Keluarga istana bahkan rela membayar maitake dengan perak seberat maitake yang disetor para pemburu maitake. Saking berharganya para pemburu maitake akan menari kegirangan saat menjumpai jamur ini di dalam hutan. Itulah sebabnya jamur itu diberi nama maitake yang dalam bahasa Jepang berarti jamur tari alias dancing mushroom.
Di era modern dilakukan berbagai penelitian untuk menguji khasiat maitake. Salah satunya penelitian yang dilakukan Prof. Hiroaki Nanba, Ph.D. Ahli jamur terkemuka di Jepang itu menguji khasiat maitake untuk mengatasi tumor dan kanker sejak 1983. Menurut Nanba, maitake dapat membantu mengatasi kanker dengan meningkatkan kekebalan tubuh. Khasiat maitake sebagai antitumor dan antikanker bahkan telah teruji klinis.

Penelitian lain menunjukkan maitake juga ampuh menurunkan kadar kolesterol. Salah satunya dalam penelitian yang dilakukan Yearul Kabir, mahasiswa Departemen Biokimia, Universitas Dhaka, Bangladesh, bersama Mami Yamaguchi dan Shuichi Kimura, keduanya dari Departemen Kimia Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Tohoku, Sendai, Jepang. Dalam penelitian itu tim membagi hewan uji ke dalam tiga kelompok. Kelompok I adalah kontrol. Hewan uji pada kelompok kontrol memperoleh asupan pakan yang mengandung 10% protein.

Adapun kelompok II memperoleh asupan pakan berupa 10% protein ditambah 5% bubuk jamur shiitake dan kelompok III mendapatkan pakan 10% protein ditambah 5% bubuk maitake. Tim memberi minum seluruh hewan uji dengan minuman yang mengandung 0,5% garam atau NaCl. Tim lalu memasukkan masing-masing hewan uji pada kandang baja antikarat pada suhu 22—26°C dan kelembapan 40—60%. Pencahayaan kandang diatur 12 jam kondisi gelap dan 12 jam kondisi terang. Tim menimbang bobot hewan uji setiap 4 hari. Setelah 9 pekan masa pemberian pakan, tim lalu memeriksa darah seluruh hewan uji.

Baca juga:  Laba Besar Lahan Kecil

Kolesterol rendah
Hasil penelitian menunjukkan, kadar kolesterol total kelompok hewan uji yang diberi tambahan asupan bubuk maitake rata-rata hanya 44,9 mg/100 ml. Kadar itu jauh lebih rendah dibandingkan dengan kontrol yang mencapai rata-rata 56,7 mg/100 ml dan kelompok yang diberi shiitake 55 mg/100 ml. Kadar trigliserida kelompok yang diberi asupan maitake juga paling rendah, yakni hanya 44,8 mg/100 ml, lebih rendah daripada kelompok kontrol dan kelompok yang diberi bubuk shiitake yang masing-masing mencapai rata-rata 47,8 mg/100 ml dan 56,9 mg/100 ml.

Maitake membantu mencegah peningkatan kadar kolesterol sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. .

Maitake membantu mencegah peningkatan kadar kolesterol sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. .

Berdasarkan hasil penelitian itu disimpulkan bahwa konsumsi maitake lebih efektif mengurangi kadar kolesterol. Tim peneliti menduga maitake menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida dengan meningkatkan ekskresi kolesterol dan atau menghambat sintesis kolesterol.

Hasil penelitian Kimura dan rekan-rekan itu menambah panjang daftar khasiat maitake. Itulah sebabnya maitake menjadi salah satu produk andalan PT Multicare Mitra Sejahtera, pemasar suplemen kesehatan di Jakarta Barat. Salah satu anak perusahaan Indocare Group itu mengimpor bubuk maitake dan MD-fraction—hasil ekstrak maitake—dari Yukiguni Maitake, Co., Ltd. di Jepang. Yukiguni adalah perusahaan pertama di dunia yang membudidayakan maitake dan memproduksi ekstrak maitake yang juga teruji ampuh sebagai antitumor dan antikanker. (Imam Wiguna)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d