Maitake mengandung X-fraction yang berperan sebagai adaptogen bagi sel-sel imun yang berlebihan dalam kasus alergi tanpa menimbulkan efek negatif pada tubuh.

Maitake mengandung X-fraction yang berperan sebagai adaptogen bagi sel-sel imun yang berlebihan dalam kasus alergi tanpa menimbulkan efek negatif pada tubuh.

Maitake meredakan alergi dan menjaga daya tahan tubuh.

Sejak remaja, Danny Purnama mengidap alergi makanan tertentu, khususnya makanan laut atau seafood. Selain makanan laut, Danny pun harus mengonsumsi makanan yang segar untuk mencegah alergi. Alergi itu menurun dari ibunya. Sekali salah makan, alerginya langsung kambuh. Pada Desember 2017, alergi Danny kambuh karena konsumsi makanan tidak segar. Kulitnya memunculkan ruam merah, mulai melenting, dan kalau malam terasa sangat gatal.

“Saat tidur, saya sering menggaruknya secara tidak sadar. Esok paginya baru terlihat banyak luka, lecet, berdarah akibat garukan atau gesekan,” ujar Danny. Dokter kulit meresepkan salep berbahan steroid. Salep itu memang mengurangi alergi, tetapi setiap alerginya kambuh, dosis obat bertambah. Akibatnya pria berusia 72 tahun itu menjadi resisten steroid. Bertahun-tahun menggunakan salep, pada usia 40 tahun Danny didiagnosis keracunan steroid oleh dokter.

Adaptogen
Danny menuturkan, sewaktu muda daya tahan tubuh masih kuat, tetapi makin usia bertambah kekebalan tubuh berkurang. Hal itu berpengaruh terhadap kekebalan tubuh dalam memerangi alergi. Ia menambahkan bahwa tubuhnya sudah tak mau obat kimia lagi. Akhirnya, kakek 4 cucu itu memilih mengonsumsi maitake setelah menerima anjuran dari seorang rekan. Danny meminum 2 kapsul maitake MD-Fraction 2 kali sehari saat alerginya kambuh.

Danny Purnama mengonsumsi maitake untuk mengurangi alergi pada kulit.

Danny Purnama mengonsumsi
maitake untuk mengurangi alergi pada kulit.

Efek yang terasa pertama kali adalah frekuensi kambuhya alergi berkurang, tidak sesering saat keracunan steroid. Setelah sebulan disiplin mengonsumsi ekstrak jamur maitake, Danny sengaja menyantap makanan laut. Beberapa saat kemudian ia baru sadar bahwa alerginya tidak kambuh. Kini, selama 29 tahun Danny rutin mengonsumsi 1 kapsul maitake MD-fraction setiap hari untuk menjaga kesehatan. Baginya jamur asal Jepang itu spesial karena berkhasiat untuk kesehatan.

Baca juga:  Hitung Laba Moringa

Menurut Medical Marketing distributor maitake di Jakarta Barat, PT Indocare Citrapacific, dr. Rony Wijaya, maitake mengandung MD-fraction yang berkhasiat antikanker. Selain MD-fraction, maitake juga mengandung X-fraction yang berperan sebagai adaptogen bagi sel imun. Adaptogen berfungsi menormalkan fungsi sel imun yang berlebihan dalam kasus alergi tanpa menimbulkan efek negatif terhadap tubuh.

dr. Rony Wijaya, Medical Marketing PT Indocare Citrapasific

dr. Rony Wijaya, Medical Marketing PT Indocare Citrapasific

Rony menjelaskan bahwa maitake dapat membantu menjaga daya tahan tubuh serta sebagai terapi autoimun. Dalam kondisi alergi, sel T-supresor tidak berfungsi baik. “Sel itu mengendalikan reaksi imun yang berlebihan seperti alergi. X-fraction mengaktifkan kembali sel T-supresor sehingga reaksi alergi terkendali,” ujar Rony.

Tingkat respons seseorang terhadap alergi makanan pun berbeda-beda. Munculnya gejala alergi biasanya terjadi setelah 5–10 menit mengonsumsi makanan. Gejala alergi bervariasi seperti bersin, ruam merah, gatal, pusing, hidung tersumbat, atau bengkak di bibir, lidah, leher dan wajah. Dokter alumnus Universitas Kristen Maranatha, Bandung itu mengatakan, dosis X-Fraction untuk terapi alergi setara dengan 1.500 mg bubuk maitake.Jika dikonversi dalam tablet suplemen yang mengandung 250 mg bubuk maitake per tablet, maka dibutuhkan 3 x 2 tablet per hari secara teratur. Untuk membantu mencegah alergi kambuh, pasien dapat mengonsumsi dosis setengahnya, yaitu setara 750 mg bubuk maitake atau 3 x 1 tablet per hari.

Seminar maitake di Jakarta. Maitake dapat dikonsumsi oleh anak– anak maupun orang dewasa.

Seminar maitake di Jakarta. Maitake dapat dikonsumsi oleh anak– anak maupun orang dewasa.

Segala umur
Menurut Manajer Produk PT Multicare Mitra Sejahtera, Gunawan, maitake tidak hanya membantu mengatasi alergi, tetapi juga membantu memperkuat daya tahan tubuh agar terhindar dari alergi. “Jika daya tahan tubuh kuat, pikiran lebih tenang,” kata Gunawan. Produk maitake di Indonesia dipasarkan sejak 1994. Sebagian konsumen beranggapan bahwa maitake selama ini hanya untuk melawan kanker, padahal banyak manfaat lain dari maitake untuk kesehatan.

Baca juga:  Lomba Buah Unggul Nasional 2014: Setelah Setahun Bertarung

Gunawan alumnus Magister Manajemen Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Jakarta itu mengungkapkan, masyarakat semua golongan umur mulai dari anak-anak hingga dewasa dapat mengonsumsi jamur maitake. Sebab, jamur Grifola frondosa itu tergolong makanan. Namun, untuk anak-anak lebih disarankan yang sedang mengalami masalah kesehatan, seperti alergi, terserang infeksi atau memang mereka dengan daya tahan tubuh lemah.

“Kalau anak sehat, kami menyarankan orangtua untuk memberikan anak-anak produk suplemen yang bersifat menambah asupan nutrisi seperti omega 3 atau royal jeli,” tutur Gunawan.

Menurut Gunawan ada yang harus diperhatikan untuk memperoleh manfaat kesehatan yang maksimal, yakni dengan mengonsumsi suplemen jamur maitake yang berasal dari Jepang karena negara tersebut merupakan habitat paling ideal untuk maitake. (Marietta Ramadhani/ Peliput: M. Awaluddin)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d