Kadar air rendah menyebabkan daging buah pisang mulu bebe tetap padat saat matang. Enak disantap muda.

Satu tandan hasilkan 30—50 buah

Satu tandan hasilkan 30—50 buah

Tidak harus menanti pisang mulu bebe matang. Sebab, saat terbaik menyantap pisang endemik Provinsi Maluku Utara itu justru ketika mentah alias setengah matang atau tingkat kematangan 60%. Itu 65—80 hari sejak muncul bunga atau jantung. Lazimnya pisang siap konsumsi 90—112 hari setelah muncul bunga. Meski setengah matang, rasa mulu bebe justru lebih nikmat. Masyarakat Maluku Utara mengolah pisang setengah matang khas itu menjadi beragam penganan, seperti pisang goreng, kukus, atau keripik.

Pisang goreng pisang mulu bebek  bercitarasa paling lezat

Pisang goreng pisang mulu bebek bercitarasa paling lezat

Masyarakat Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara, mengolah menjadi pisang goreng. Tersedia colo-colo alias sambal sebagai teman untuk menikmati pisang ketika hangat. Bahkan kebiasaan masyarakat setempat menghidangkannya dengan ikan goreng sebagai menu makan siang. Yang menarik, meski masih muda berkulit hijau, warna daging buah jingga sehingga menggugah selera untuk menyantapnya. Itulah kelebihan mulu bebe dibanding pisang muda lain.

Kulit terkelupas

Menurut peneliti pisang di Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Solok, Sumatera Barat, Dr Ir Agus Sutanto, MSi, pisang mulu bebe dikonsumsi mentah terkait dengan kadar air yang rendah. Akibatnya buah tetap padat, meski telah matang. “Perombakan gula dan air dalam dagingnya berlangsung lambat sehingga tetap keras saat matang,” kata Agus. Itu berbeda dengan pisang ambon dan barangan, misalnya, yang saat matang dagingnya lembut karena proses perubahan berlangsung cepat.

Warna jingga daging buah muda bisa jadi sebagai indikasi kandungan vitamin C yang lebih tinggi. Itu dipertegas lagi dari rasa buah yang agak masam waktu matang. Sejatinya ketika matang dengan daging buah kejinggaan yang seronok pun, mulu bebe tetap dapat dikonsumsi. Untuk mengenali mulu bebe relatif mudah karena bersosok khas. Ukuran buah membesar di bagian pangkal, semakin mengecil atau mengerucut. ke bagian ujung.

Saat mengkal, daging buah berwarna jingga

Saat mengkal, daging buah berwarna jingga

Di mata masyarakat Maluku Utara, bentuk pisang itu menyerupai mulut itik. Itulah sebabnya mereka menyebut mulu bebe alias mulut bebek. Berdasarkan hasil pengamatan, penamaan pisang mulu bebe dikaitkan dengan bentuk kelopak jantung pisang yang terbuka pada waktu reproduksi yang menyerupai mulut bebek. Kulit buah pisang mulu bebe memiliki ciri khas, pada waktu kulit buah tua mudah mengelupas sampai ke ujung buahnya.

Baca juga:  Cara Kefir Atasi Diabetes

Asli Halmahera

Pisang mulu bebe tanaman asli di Maluku. Sebaran terbanyak terdapat di Kabupaten Halmahera Barat dan Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Di daerah lain di luar Maluku Utara, tanaman anggota famili Musaceae itu belum ditemukan. Sepintas penampilan pisang mulu bebe mirip pisang lampening di Jawa Barat. Buahnya bengkok, kurus, dan ujungnya mengecil. Bandingkan dengan pisang ambon atau cavendish yang lebih montok, mulus, dan cenderung lurus.

Tanaman mulu bebe juga mudah dibedakan dari pisang lain dengan melihat ciri fisiknya. Tinggi batang berkisar 150—180 cm. Sosok terlihat ramping karena diameter batang hanya berkisar 10 cm. Daun panjang 105—135 cm dengan lebar 40—50 cm. Buah tersusun agak tidak beraturan, mirip pisang tanduk. Namun, jumlah buahnya lebih banyak, meski ukuran lebih kecil. Dalam satu tandan terdiri atas 3—4 sisir, yang dilekati 10—13 buah. Jumlah buah dalam sebuah tandan mencapai 30—50 pisang.

Sosok Mulu Bebe

Sosok Mulu Bebe

Meski merupakan pisang asli Maluku, mulu bebe dapat tumbuh di luar habitat. Yang penting kondisi iklim lokasi budidaya mirip dengan di daerah asal. Pisang mulu bebe dibudidayakan di zona agroekologi lahan kering dataran rendah iklim basah, curah hujan 1.500—2.000 mm per tahun, pH tanah 5,5—6,5. Kerabat dekat abaka itu tumbuh baik di dataran rendah hingga ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Mulu bebe memerlukan unsur hara yang cukup banyak. Oleh karena itu lokasi budidaya pisang di tanah berhumus dan tersedia pupuk.

Air harus tersedia dan tidak menggenang selama beberapa hari sehingga membutuhkan pengairan yang intensif. Kekurangan air pada saat pertumbuhan menyebabkan adanya stagnasi pertumbuh-an. Sementara pada masa produksi, kekurangan air mengakibatkan penurunan produksi buah. Potensi hasil pisang mulu bebe per hektar dapat ditentukan dari beberapa indikator. Jika jarak tanam 3 m x 3 m, maka populasi 1.120 tanaman per ha. Produktivitas rerata 3,40 sisir setiap tandan, maka potensi hasil 4,35 ton per ha. Itu bila jumlah buah 11,73 pisang per sisir dan bobot buah rata-rata 97,29 g per buah. (Yayat Hidayat SP & Mardianah MSi, peneliti di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Provinsi Maluku Utara)

Baca juga:  Tren Infused Water

 

FOTO:

  1. Pisang goreng pisang mulu bebek bercitarasa paling lezat
  2. Saat mengkal, daging buah berwarna jingga
  3. Bentuk jantung pisang mirip paruh bebek sehingga disebut mulu bebe
  4. Satu tandan hasilkan 30—50 buah

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d