Lezat Atasi Asam Urat 1

Seduhan bunga rosela terbukti mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Seduh 5 bunga rosela dalam 180 cc air panas, minum pada pagi dan sore untuk atasi asam urat di atas 9 mg/dl.

Seduh 5 bunga rosela dalam 180 cc air panas, minum pada pagi dan sore untuk atasi asam urat di atas 9 mg/dl.

Penyakit asam urat bukan monopoli usia lanjut. Kadar asam urat dalam darah berlebih juga menyerang usia di bawah 40 tahun sebagaimana penelitian Jilly Priskila Lios dan rekan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Mereka meriset 189 pasien Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Panaki Bawah Kota Manado, Sulawesi Utara, pada Februari 2015.

Hasilnya 57 pasien berkadar asam urat tinggi berusia di bawah 40 tahun dan 132 pasien berusia di atas 40 tahun. Artinya penyakit asam urat yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat dalam darah dapat menyerang usia muda. Selain itu, data yang diperoleh dari Rumahsakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, penderita penyakit asam urat dari tahun ke tahun cenderung diderita oleh masyarakat berusia semakin muda.

Gaya hidup
Beberapa penderita asam urat diketahui baru berusia 20—25 tahun. Itu terjadi karena beberapa faktor seperti pola makan yang buruk, gaya hidup, dan faktor genetik. Saat usia muda biasanya mereka mengonsumsi makanan apa pun termasuk yang mengandung gula tinggi seperti cokelat dan minuman beralkohol. Kurang minum air putih dan olah raga juga akan meningkatkan kemungkinan menderita penyakit degeneratif itu.

Asam urat merupakan sisa metabolisme zat purin. Purin salah satu komponen asam nukleat yang terdapat pada inti sel semua makhluk hidup. Selain itu purin juga dapat bertambah dari asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Makanan itu berasal dari hewan dan tumbuhan seperti daging, jeroan, sayuran, dan buah. Penyakit asam urat terjadi karena kadar asam urat dalam tubuh berlebih batas.

Yayuk Ambar Wulan, herbalis di Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Yayuk Ambar Wulan, herbalis di Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5—7 mg/dl dan perempuan 2,6—8 mg/dl. Sementara itu tubuh manusia sudah menyediakan 85% senyawa purin sehingga kebutuhan purin dari makanan hanya 15%. Dalam kondisi normal tubuh akan membuang asam urat sisa metabolisme melalui urine. Namun jika gagal dikeluarkan maka akan berkumpul di persendian sehingga penderita asam urat akan merasakan nyeri, panas, bahkan pembengkakan pada sendi.

Baca juga:  Kupas Tuntas Hidroponik

Menurut ahli ginjal dari Rumah Sakit Khusus Ginjal (RSKG) Ny. RA Habibie, Bandung, dr Rulli M.A Roesli, SpPD-KGH, asam urat yang tidak segera ditangani akan menyebabkan penyakit lain seperti batu ginjal dan gagal ginjal. Pada umumnya dokter akan meresepkan obat berbahan aktif allopurinol untuk mengurangi sakit akibat asam urat. Namun, penggunaan obat dalam jangka panjang dapat memberikan efek negatif pada ginjal.

Berkhasiat sama
Selain konsumsi obat dari dokter, bunga rosela Hibiscus sabdariffa juga mampu mengatasi asam urat. Dalam penelitian Arif Rahman Sadad, Astika Ermayanti, dan Dwi Hadi Setya Palupi dari Universitas Diponogoro dan Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi, Semarang, Jawa Tengah, pemberian air seduhan bunga rosela mampu menurunkan kadar asam urat pada hewan uji.

Dalam penelitian itu Arif dan rekan menggunakan hewan uji 25 tikus putih jantan galur wistar. Mereka membagi hewan uji yang berusia 2—3 bulan itu menjadi lima kelompok. Kelompok 1—3 merupakan kelompok perlakuan dengan pemberian air seduhan bunga rosela dengan dosis berurutan sebanyak 0,252 g, 0,315 g, dan 0,378 g per kg bobot tubuh. Sementara itu kelompok 4 merupakan kontrol positif dengan pemberian suspensi alloporion 12,6 mg dan kelompok kontrol negatif dengan pemberian suspensi CMC Na 0,5%.

Bunga rosela mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Bunga rosela mampu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Satwa pengerat itu mengkonsumsi jus otak kambing sebanyak 3 ml per 200 g bobot tubuh setiap tiga kali sehari selama 20 hari. Pemberian otak kambing bertujuan membuat hewan uji mengalami hiperurisemia, yakni meningkatnya kadar asam urat dalam darah sehingga menyebabkan penyakit asam urat. Pengukuran asam urat dilakukan pada hari-21 sebagai kondisi hiperurisemia.

Ia memberikan air seduhan bunga rosela ke semua kelompok perlakuan selama 3 pekan dengan mengukur kadar asam urat setiap pekan. Dari hasil penelitian diketahui efek penurunan kadar asam urat tertinggi terjadi pada pengukuran pekan ketiga. Pada kelompok perlakuan dosis pemberian air seduhan bunga rosela 0,315 g mampu menurunkan kadar asam urat dari 4,71 mg/dl menjadi 0,92 mg/dl.

Baca juga:  Santan Seteru Asam Urat

Hasil itu hanya terpaut sedikit dari penggunaan kontrol positif yang menggunakan allopurial, yaitu menurunkan kadar asam urat dari 4,52 mg/dl menjadi 0,66 mg/dl. Itu menunjukkan bahwa air seduhan bunga rosela mampu mengatasi asam urat dengan nilai penurunan kadar asam urat tidak jauh dari penggunaan obat dengan bahan aktif allopurial yang diresepkan dokter.

562_-112Menurut herbalis di Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Yayuk Ambar Wulan, bunga rosela dapat digunakan untuk menurunkan kadar asam urat dalam darah. Namun, jika pasien memiliki keluhan lain seperti gangguan lambung, Yayuk menyarankan untuk mengonsumsi bunga berwarna ungu. “Rasa asam pada bunga rosela berwarna ungu lebih lunak sehingga lebih aman untuk lambung,” ujarnya.

Jumlah rosela yang digunakan tergantung tinggi rendahnya kadar asam urat dalam darah. Jika lebih dari 9 mg/dl, Yayuk menganjurkan menyeduh 5 bunga rosela ke dalam air sebanyak 180 cc air panas (80° celcius) dan diminum 2 kali sehari pada pagi dan sore. Selain itu, Yayuk juga menyarankan untuk meminum seduhan rimpang temulawak sebanyak 30 gram untuk mengembalikan fungsi hati sehingga tidak terjadi peningkatan purin kembali. (Ian Purnama Sari)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *