Gerbera hasil perbanyakan in vitro sebagai sumber eksplan.

Gerbera hasil perbanyakan in vitro sebagai sumber eksplan.

 

Gerbera genjah berbunga perdana pada umur 6 bulan, lazimnya 12 bulan.

Yandi hanya menuai 200 bunga potong gerbera dari lahan 100 m² selama satu periode budidaya atau 12 bulan. Populasi mencapai 450—500 tanaman. Artinya produktivitas tanaman anggota famili Asteraceae itu hanya 1—2 bunga potong per tanaman. Sudah begitu petani bunga potong di Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, itu menunggu minimal setahun untuk memanen perdana gerbera.

Sejatinya Yandi berpeluang panen lebih cepat dan hasil lebih banyak. Syaratnya ia menanam gerbera hasil perbanyakan kuncup bunga sebagai sumber eksplan. Menurut periset di Balai Penelitian Tanaman Hias (Balithi), Dr. Drs. Budi Winarto, M.Sc., selama ini perbanyakan gerbera dengan tunas pucuk dan daun muda. Namun, cara itu berisiko tinggi terhadap kematian tanaman induk dengan tingkat kontaminasi yang tinggi.

Tanaman genjah

Suryawati S.TP., peneliti gerbera di Balai Penelitian Tanaman Hias, Cianjur, Jawa Barat.

Suryawati S.TP., peneliti gerbera di Balai Penelitian Tanaman Hias, Cianjur, Jawa Barat.

Ada juga teknik perbanyakan lain yakni dengan biji menghasilkan tanaman yang tidak seragam. Teknologi lain perbanyakan dengan pemisahan anakan. Hasilnya tanaman memang memiliki karakteristik yang sama persis dengan induknya. Namun, cara itu—pemisahan anakan, tunas pucuk, daun muda—menghasilkan tanaman yang berproduksi lama, yakni setahun setelah tanam.

Kini para periset Balithi menemukan teknologi paling gres untuk memperbanyak gerbera. Caranya dengan kuncup bunga sebagai sumber eksplan atau jaringan tanaman yang paling cocok untuk perbanyakan melalui kultur jaringan. Periset itu memanen bunga yang masih kuncup hingga sedikit membuka, sehat, dan tidak ada tanda serangan hama-penyakit sebagai sumber eksplan.

Budi yang kini bertugas di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah, dan rekan periset mengambil bunga kuncup dari varietas nirwasita agrihorti. Varietas hasil silangan dari gerbera lokal merah sukabumi dengan pink beauty itu memiliki keunggulan antara lain petal semi ganda, kuntum bunga berdiameter 8 cm, produksi bunga 2—5 kuntum per bulan, serta memiliki ketahanan bunga cukup lama yaitu antara 9—11 hari.

Baca juga:  Tiga Jurus Panen Besar

Teknologi perbanyakan tanaman dengan kuncup bunga lebih unggul. Sebab, ketika pengambilan eksplan batang bunga lebih kokoh dan kuat sehingga tidak menggangu tanaman induk. Tanaman hasil perbanyakan siap panen perdana pada umur tiga bulan setelah tanam. Artinya petani bunga potong hemat waktu sembilan bulan. Percepatan produksi tanaman itu yang sangat luar biasa.

Eksplan gerbera yang sudah siap pindah tanam.

Eksplan gerbera yang sudah siap pindah tanam.

Menurut Budi Winarto tanaman sangat genjah karena eksplan diambil dari bunga yang masih kuncup dan belum berpengaruh pada lingkungan. Selain itu perbanyakan dengan bantuan media murashige dan skoog (MS) dan perlakuan lainnya. Akibatnya sistem perbanyakan dapat dipercepat prosesnya dengan beberapa tahap yang sudah dilakukan para peneliti di Balithi. Interval panen setiap 2 pekan selama 3 tahun. Interval panen varietas lain mencapai sebulan.

Bibit massal

Perbanyakan dengan eksplan bunga mencapai 7.500—390.000 planlet dalam satu periode tanam jika reduksi kehilangan pengakaran tunas sekitar 5%. Produksi itu

Kuncup gerbera yang digunakan untuk perbanyakan in vitro.

Kuncup gerbera yang digunakan untuk perbanyakan in vitro.

meningkat hingga 20% dibandingkan dengan tanaman varietas yang sama hasil perbanyakan anakan atau tunas daun. Artinya petani yang membudidayakan gerbera hasil perbanyakan kuncup bunga untung ganda: cepat panen sekaligus produksi menjulang.

Teknologi baru itu juga merupakan jalan cepat untuk menghasilkan bibit. Dengan pemisahan anakan, maka petani hanya memanen maksimal 2 anakan per tanaman. Jika populasi mencapai 10.000 tanaman per ha, maka petani hanya menghasilkan 20.000 bibit dalam waktu 10—12 bulan. Namun, dengan teknologi perbanyakan eksplan bunga kuncup maka petani mampu menghasilkan 70.000—100.000 tanaman dari 10.000 kuncup.

Itu pun waktunya singkat, hanya 5—6 bulan. Menurut peneliti gerbera di Balai Penelitian Tanaman Hias, Suryawati S.TP, gerbera Gerbera jamesonii menempati urutan ke-5 bunga potong yang populer menurut lima bunga terpopuler rekomendasi Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian. Permintaan tanaman hias itu makin besar. Pengadaan bibit yang cepat dan masa produksi singkat merupakan jawaban untuk merespon pasar. (Tiffani Dias Anggraeni)

Baca juga:  Keluarga Mentol Kaya Khasiat

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d