Diet ketogenik terbukti signifikan menurunkan bobot tubuh.

Kelapa, buah kaya manfaat, penghasil minyak kelapa murni.

Kelapa, buah kaya manfaat, penghasil minyak kelapa murni.

Bobot Surya Syurgana Akmal mencapai 112 kg. Pegawai di Dinas Perkebunan, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, itu acap merasa pegal, lemas, dan tidak bertenaga. Pria setinggi 166 cm itu juga mengidap mag. Itu yang mendorong Surya memeriksakan diri ke sebuah rumah sakit di Tembilahan, Provinsi Riau. Dokter menyatakan, penyebab gangguan kesehatan itu bobot badan berlebihan.

Dokter menyarankan Surya untuk diet, karena indeks massa tubuh mencapai 40. Indeks massa tubuh adalah rasio standar bobot terhadap tinggi, dan sering digunakan sebagai indikator kesehatan umum. Idealnya indeks massa tubuh Surya di bawah 30. Pria 35 tahun itu menurunkan bobot tubuh dengan diet ketogenik. Ketogenik—berasal dari kata keto yang berarti lemak—merupakan pola makan tinggi lemak dan rendah karbohidrat. Tubuh menghasilkan keton dalam hati sebagai sumber energi.

Minyak kelapa murni
Saat menjalani diet ketogenik, Surya mengonsumsi makanan berbahan baku daging atau telur yang disajikan dengan santan. Frekuensi konsumsi 3 kali sehari. Makanan untuk diet keto 80% lemak nabati. Sumber karbohidrat berupa sayuran hijau, santan, dan kacang-kacangan. Adapun sumber serat berupa rumput laut, buah avokad, kelapa, keripik kulit, dan agar-agar sebagai camilan.

Surya Syurgana A, pelaku diet ketogenik, berbobot badan 112 kg (kiri) turun menjadi 75 kg.

Surya Syurgana A, pelaku diet ketogenik, berbobot badan 112 kg (kiri) turun menjadi 75 kg.

Pelaku diet ketogenik tidak mengonsumsi nasi. Mereka dapat mengonsumsi daging kelapa, santan, kelapa parut, dan minyak kelapa. Surya memilih minyak kelapa murni atau virgin coconut oil (VCO). Ketika mengawali diet, ia mengonsumsi satu sendok makan VCO tiap 3 jam sekali. Penurunan bobot badan setelah sepekan diet ketogenik.

Baca juga:  Efek Samping Pelawan

Penurunan bobot tubuh 2 kg terjadi setelah 7 hari diet. Kini setelah 10 bulan menjalani diet ketogenik, bobot tubuh Surya stabil antara 72—75 kg. Artinya indeks massa tubuh cuma 27 alias normal. Surya mengatakan, tidak mengalami kesulitan teknis selama menjalani diet ketogenik.

Menurut Surya diet ketogenik paling efisien dari pembiayaan. “Diet ketogenik lebih murah, hasil lebih cepat, dan badan tetap bugar meski dalam keadaan puasa,” ujar alumnus Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, itu. Pelaku lain, Rosman Mulyanto juga merasakan faedah diet ketogenik. Semula pria setinggi 163 cm itu berbobot 67 kg.

Setelah 5 bulan menjalani diet, bobot badan turun menjadi 57 kg. Menurut penganjur diet ketogenik, Annas Ahmad, minyak kelapa mengandung lemak dengan panjang rantai karbon sedang yang sangat tinggi.

Annas Ahmad (kiri) dan Rosman Mulyanto mengonsumsi protein dan lemak sebagai sumber energi.

Annas Ahmad (kiri) dan Rosman Mulyanto mengonsumsi protein dan lemak sebagai sumber energi.

Itulah sebabnya minyak kelapa murni berpotensi mengurangi obesitas dan mengurangi penyimpanan lemak. Pria 36 tahun itu juga mengalami penurunan bobot dari 84 kg menjadi 64 kg setelah menjalani diet ketogenik selama 5 bulan. Annas yang bertinggi badan 169 cm itu. mengonsumsi 1—3 sendok makan VCO setiap hari.

Tantangan pekan pertama
Menurut Annas VCO mengandung Medium Chain Triglyceride (MCT), yakni lemak dengan panjang rantai karbon sedang atau rantai karbon menengah. Menurut Annas minyak kelapa juga memiliki karakteristik yang tidak dimiliki minyak nabati lain. Keunggulan asam lemak minyak kelapa dalam pencernaan dibandingkan dengan asam lemak tak jenuh yaitu proses metabolismenya cepat.

Makanan olahan santan, tinggi lemak, tanpa karbo dan gula, untuk diet ketogenik.

Makanan olahan santan, tinggi lemak, tanpa karbo dan gula, untuk diet ketogenik.

Selain itu tubuh juga lebih mudah menyerapnya, sehingga lebih cepat menghasilkan energi. Para pelaku diet ketogenik membutuhkan VCO pada awal diet karena cepat dikonversikan menjadi energi bahan bakar “ketone” di liver. Makin cepat keton muncul, kian cepat metabolisme ketosis berjalan terutama untuk menyelamatkan otak dan otot saat glukosa dan glikogen mulai habis, serta tidak ada karbohidrat dan gula.

Baca juga:  9 Trik Warisan Batin Sembilan

Annas menambahkan, prinsip coconut ketodiet menggunakan kelapa sebagai salah satu bahan pangan lemak utama sehari-hari. Untuk mencapai ketosis lebih cepat, dapat diakselerasi dengan fastosis atau intermittent fasting yakni tidak makan selama 18 jam, terakhir makan pada pukul 20.00, tidak sarapan, barulah mulai makan pada pukul 12.00. Prinsipnya mengacu pada siklus sirkadian, pagi hari adalah aktivitas puncak dari kortisol yang memicu insulin, sehingga sarapan harus dihindari.

Ketika menjalani diet ketogenik, semula terasa mual, karena tubuh kecanduan gula dan karbohidrat. Ciri-cirinya mudah lapar ketika tidak mendapatkan asupan karbohidrat, moody, depresi, lesu, nyeri, dan flu. (Marietta Ramadhani)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d