Oh nooo, You use Adblocker!
Your Adblocker is active! It is preventing us to show you our content.

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini

Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini 1
Langkah Mudah Cara Membuat Fungisida Organik – Baca Di sini
Fungisida organik – Bercocok tanam atau bertani saat ini telah menjadi lahan bisnis yang mempunyai prospek sangat menjanjikan. Aneka penemuan dan inovasi pada bidang pertanian membuat lahan bisnis ini semaking berkembang. Bidangnya pun tidak selalu soal bahan pangan, namun juga berkembang dalam bidang tanaman hias dan tanaman herbal.

Namun bukan berarti dalam bisnis pertanian tidak terdapat masalah. Ada beberapa masalah yang sering dihadapi oleh para petani atau para pekerja di bidang pertanian. Yang sering dijumpai adalah tentunya masalah hama dan penyakit tanaman. Dua hal tersebut sering kali menjadi momok tersendiri bagi para petani. Hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman sangatlah beraneka ragam macamnya. Ada yang berupa hewan pengerat, ada serangga hingga cendawan. Belum lagi penyakit yang sering menyerang daun, batang dan akar tanaman. Masalah ini perlu mendapat perhatian khusus karena dampak yang ditimbulkan akan langsung bersinggungan dengan hasil pertanian Anda.

Banyak jalan keluar yang dapat dijadikan senjata untuk menghadapi masalah hama dan penyakit tanaman. Mulai dari tindakan untuk mencegah penyakit dan tindakan untuk mengobatinya. Tindakan pencegahan dapat Anda lakukan saat tanaman mulai di tanam. Sedangkan tindakan pengobatan dapat Anda lakukan saat hama dan penyakit telah menginfeksi tanaman.

Salah satu jenis hama yang sering menyerang tanaman adalah cendawan atau jamur. Cendawan atau jamur ini adalah tumbuhan yang tidak mempunyai klorofil sehingga sifatnya heterotrof. Sifat inilah yang menyebabkan jamur tidak mampu untuk hidup sendiri dan harus menumpang pada tanaman lain agar bisa terus hidup. Cendawan adalah masalah tersendiri bagi para petani. Jika cendawan telah menyerang tanaman maka akan merugikan para petani. Oleh karena itu dibutuhkan perhatian khusus dan tindakan pencegahan harus Anda lakukan agar nantinya panen dapat maksimal.  

fungisida organik
Tanaman yang terkena cendawan

Jika tanaman Anda telah terserang cendawan, maka hal yang harus Anda lakukan adalah melakukan pengobatan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pestisida. Pestisida yang digunakan khusus dalam membasmi jamur biasa dikenal dengan nama fungisida. Fungisida merupakan pestisida yang secara spesifik membasmi dan menghambat pertumbuhan cendawan atau jamur. Bentuk dari fungisida biasanya berbentuk cair, gas, serbuk ataupun dalam bentuk butiran kecil. Kebanyakan fungisida yang beredar saat ini terbuat dari bahan kimia. Namun ada juga fungisida yang terbuat dari bahan alami atau biasa disebut fungisida organik. Untuk pembuatan pestisida organik dapat Anda baca pada artikel kami berikut ini, klik di sini

Fungisida organik dapat menjadi alternatif pilihan dalam membasmi cendawan pada tanaman budidaya Anda. Fungisida organik adalah fungisida yang terbuat dari bahan alami seperti tumbuhan dan organisme tertentu. Penggunaan fungisida organik ini biasanya digunakan untuk budidaya tanaman organik yang memang dikhususkan tidak boleh menggunakan bahan kimia dalam perawatannya.

Untuk membuat fungisida ini tidaklah sulit. Dengan menggunakan bahan – bahan yang ada disekitar Anda, maka Anda sudah dapat membuat fungisida organik sendiri. Berikut adalah tahapan cara membuat fungisida organik dengan langkah mudah.

Page :
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x