Kurma Tropis Thailand

Kurma tropis thailand, Kolak One (KL-1)

Nama sebenarnya KL-1 Maejo36. Namun, masyarakat Thailand lebih sering menyebut Kolak One (KL-1). Itulah kultivar kurma primadona di negeri Gajah Putih. Kurma hibrida itu lahir dari tangan dingin, periset di Universitas Maejo, Sak Lamjuan PhD.

Sak Lamjuan mempunyai nama panggilan Kolak, sedangkan Maejo nama perguruan tinggi tempat Lamjuan meraih gelar sarjana di Universitas Maejo, Provinsi Chiangmai.

Ciri-ciri buah kurma KL-1

Bentuk buah kurma tropis thailand KL-1 cenderung lonjong dengan kulit berwarna kuning. Daging buahnya putih, relatif tebal dan berbiji tipis.

Kurma KL-1 Thailand
Kurma kultivar KL-1 asal Thailand

Varietas kurma itu berbuah perdana saat pohon berumur 3 tahun pasca tanam. Itu bibit hasil perbanyakan generatif dengan biji. Jika pekebun menanam kurma saat bibit berumur 6 bulan, maka ketika panen umur pohon 2,5 tahun. Ketika itu tinggi batang belum mencapai 1 m.

Produktivitas kurma KL-1

Dalam satu pohon KL-1 mampu menghasilkan 5-8 tandan buah umur 3 tahun. Bobot per tandan 5—10 kg. Penggemar kurma dapat menyantap buah KL-1 sebagai khalal alias konsumsi dalam bentuk segar atau tamar alias konsumsi dalam bentuk buah kering.

Pada fase khalal atau segar—biasanya 25 minggu pasca penyerbukan—teksturnya renyah lalu berubah halus dan lembut saat menjadi tamar atau fase ketika buah berubah warna menjadi cokelat.

Citarasa buah kurma tropis thailand KL-1 amat manis. Tingkat kemanisan buah KL-1 pada 2 pekan pascapetik mencapai 17º briks.

Baca juga:  Juragan Kopi Robusta di Sentra Kopi Arabika

Menurut Preecha Thammanuchaowarut, pekebun pohon kurma di Pathumtani, KL-1 hasil persilangan kurma barhee sebagai indukan jantan dan kurma deglet noor indukan betina.

Kurma barhee

Barhee atau barhi dalam bahasa Arab berarti angin panas. Bentuk buah kurma barhee bulat dengan permukan kulit kuning cerah sepeti lemon. Daging buahnya putih dan padat. Pada fase khalal rasa daging buahnya manis sedikit sepat.

kurma barhee
Kultivar kurma barhee bersosok bulat dan berwarna kuning mirip lemon

Adapun pada fase tamar berubah menjadi mirip citarasa karamel dengan tekstur sangat lembut. Pada fase itu warna buah menjadi cokelat keemasan. Para pekebun di Iran, Israel, Suriah, Arabsaudi, dan India mengebunkan barhee secara massal.

Poduktivitas barhee di Iran mencapai 350 kg per pohon. Sementara poduktivitas di Israel hanya 200 kg, Suriah (300), Arabsaudi (145), dan Palestina (120). Kultivar asal Irak itu berbatang besar. Daunnya hijau berlekuk agak menjuntai.

Kurma deglet noor

Adapun deglet noor merupakan kultivar asal Aljazair. Namun, kurma cahaya—arti deglet noor—itu juga banyak dikebunkan di Tunisia, Libya, dan Amerika Serikat.

Pada fase khalal buahnya berwarna kuning cerah lalu menjelma menjadi cokelat kemerahan saat fase ruthab. Pada fase tamar warna buah kuning keemasan, transparan, dan berkerut.

Kulit buahnya sangat tipis, tembus pandang, dan keras. Cita rasa daging buahnya manis dengan sedikit asam dibanding kurma lain.

Abdel Wahab Zayed dari Date Production Support Programe Food and Agricultural Organization (FAO), melaporkan sekitar 3.000 kultivar kurma di seluruh dunia. Ribuan kultivar itu paling banyak tersebar di Iran, Irak, Tunisia, dan Maroko.

Kurma medjool

Sementara Profesor Nasser Saleh dan rekan dari National Center for Agriculture Technologies, King Abdulaziz City for Science and Technology berhasil mengindentifikasi 100 kultivar kurma di Arab saudi berdasarkan karakter buah dan genetika.

Baca juga:  Cara Menanam Selada Di Polybag

Kultivar yang paling populer adalah medjool asal Maroko. Sejak abad ke-17 medjool sudah menjadi komoditas ekspor yang diperdagangkan sebagai kado Natal di Paris, Perancis, Madrid (Spanyol), dan London (Inggris).

Kurma medjool,kurma kalifornia
Kurma medjool atau kurma kalifornia paling populer

Ukuran buahnya sangat besar mencapai 20—40 gram per butir. Bentuknya lonjong panjang. Pada fase khalal buah berwarna jingga kemerahan lalu berubah cokelat gelap saat fase tamar. Daging buahnya kenyal, lembut, dan sangat manis.

Kurma medjool kerap disebut kurma kalifornia lantaran banyak dikebunkan di sana. Pekebun di negara bagian Amerika Serikat itu mulai mengebunkan kurma secara komersial sejak 1969.

Sentra kebun kurma di Kalifornia ada di Lembah Bard dan Coachella. Kini mereka tampil sebagai salah satu produsen kurma dunia.

Kurma khalas

Kultivar lain adalah khalas yang menjadi kesukaan orang Arab. Tingkat kemanisannya sedang sehingga disukai banyak orang. Orang Arab biasa menikmati khalas saat sarapan bersama kopi pahit atau disuguhkan sebagai camilan.

Kurma khalas
Kurma khalas cocok dinikmati bersama kopi pahit

Bentuk buah khalas oval pendek. Pada fase khalal buah berwarna kuning cerah lalu berubah menjadi kuning keemasan saat fase tamar. Kulit buah tebal dan berkerut kasar. Daging buahnya sedikit berserat.

Kurma sukkari

Kurma sukkari berbentuk kerucut. Pada fase khalal buah sukkari berwarna merah kekuningan lalu berubah cokelat kemerahan dari bagian ujung pada fase ruthab.

Kurma sukkari
Kurma sukkari daging buahnya manis dan renyah

Kemudian, pada fase tamar buah berwarna cokelat kemerahan dan keriput. Citarasa daging buahnya manis, sedikit kering, dengan tekstur agak renyah.

Kurma khunaizi

Sementara kurma khunaizi berbentuk lonjong panjang. Pada fase rutab bagian ujung buah berwarna cokelat kemerahan. Kemudian pada fase tamar buah berwarna hitam atau cokelat. Daging buahnya manis dan lembut. Khunaizi banyak dikebunkan di Bahrain, Oman, dan India.

Baca juga:  Macam-Macam Jenis Tanah untuk Menanam Kelapa Sawit
Kurma khunaizi
Kurma khunaizi banyak dikebunkan di Bahrain, Oman, dan India

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d