Kunir Usir Wasir

Kunir Usir Wasir 1
Kandungan kurkumin dalam kunyit memiliki daya antiradang untuk membantu penyembuhan ambeien

Kandungan kurkumin dalam kunyit
memiliki daya antiradang untuk membantu
penyembuhan ambeien

Kunyit alias kunir terbukti atasi ambeien.

Rismayandi Yanto (52 tahun) mengeluh sakit pinggang dan tak nyaman saat duduk lama. Padahal perjalanan menuju Subang, Jawa Barat, dari Tangerang, Provinsi Banten, masih tersisa 4 jam lagi. Kejadian saat mudik Lebaran pada 2013 itu lekat di ingatan Rismayandi lantaran keluhan itu berujung keluarnya darah saat buang air besar. Rismayandi mengkhawatirkan kesehatannya sehingga memeriksakan diri ke Puskesmas begitu tiba di Subang. Dokter Puskesmas mendiagnosis itu adalah gejala ambeien dan memberinya obat seperti mefinal, borraginol (salep), dan radium.

Rismayandi sebenarnya mengidap ambeien alias wasir sejak 2000. Saat kambuh darah kerap mengucur deras ketika  buang air besar. Selain itu, anus menonjol keluar yang mengganggunya bila duduk. Dalam sebulan 2—3 kali ambeiennya kambuh. “Saya memutuskan menjalani operasi hemoroid pada 2000,” ujar ayah 5 anak itu. Pascaoperasi ambeiennya hanya muncul 3 bulan sekali, tapi kerap kali ia merasa nyeri saat buang hajat dan mudah lelah.

Rutin mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan mencegah ambeien

Rutin mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan mencegah ambeien

4 tingkat

Gatot Baskoro, sang kakak, menyarankan Rismayandi untuk kembali menjalani operasi setelah Lebaran. Namun, Rismayandi menolak saran itu karena merasa ambeiennya tidak separah dahulu. Menurut tempat terjadinya, ambeien terbagi dua yaitu ambeien dalam dan luar. Berdasarkan tingkat keparahannya, ambeien terdiri atas 4 stadium. Stadium awal hanya terjadi buang air besar bercampur darah disertai rasa gatal dan panas tanpa tonjolan keluar. Adapun ambeien stadium 4, tonjolan muncul permanen. Itulah yang dialami Rismayandi pada 2000. Namun, yang dialaminya sekarang tergolong fase ringan.

Dokter yang memeriksa Rismayandi hanya menyarankan untuk memperbaiki pola makan. Menurut dr Sutanto Gandakusuma Sp B KBD, ahli bedah rumahsakit Husada di Jakarta Barat, 70% orang dewasa berpotensi terkena wasir. Namun, tidak semua penderita wasir memerlukan pengobatan. Hanya sebagian kecil yang memerlukan tindakan medis. ”Penyebab wasir paling umum yaitu memaksakan buang air besar,” ujarnya. Dokter spesialis bedah cerna itu juga menuturkan, pada ambeien stadium awal penderita mengonsumsi cukup serat, air putih, dan rajin berolahraga.

Baca juga:  Funchamp ke-16

Selama sepekan Rismayandi mengonsumsi obat-obatan dari Puskemas dan rutin mengoleskan salep di anus. “Rasanya dingin, nyeri pun berkurang,” ujarnya. Pria 52 tahun lalu itu merasa kondisinya membaik, sehingga ia menghentikan pemakaian salep dan obat-obatan. Tak dinyana, akibat jarang mengonsumsi makanan berserat, ambeiennya kembali kambuh. Bahkan kondisinya lebih parah karena setiap kali buang air besar darah segar kembali mengucur, lebih banyak daripada sebelumnya.

Rismayandi mengurungkan niatnya untuk memeriksakan diri ke rumahsakit. “Saya tidak mau operasi lagi,” ujarnya. Ia menebus kembali resep yang pernah diberi oleh Puskesmas. Namun, saat sedang mengoleskan salep ia merasakan ada tonjolan di anusnya. Tonjolan itu memang tidak selalu ada, hanya muncul sesekali. “Saat kontraksi tonjolannya masuk,” ujar wirausahawan las besi itu. Selama 3 hari ia terpaksa menutup usahanya karena  merasa tidak nyaman di bagian anusnya.

Kunyit

Seorang teman lamanya, Ganda Soertjipto, herbalis di Sukabumi, Jawa Barat, menyarankannya untuk mengonsumsi rimpang kunyit. Rismayandi segera meminta sang istri untuk membeli bahan-bahan yang disampaikan rekannya itu. Ia membuat seduhan dari 250 gram rimpang kunyit yang diambil air perasannya, 1 telur ayam kampung, 1 sendok madu, dan 1 buah jeruk nipis yang diperas. Rismayandi mencampur seluruh bahan menjadi satu, mengaduk, dan mengonsumsi 2 kali sehari, saat bangun dan sebelum tidur. Kesembuhan itu datang setelah 2 minggu Rismayandi konsumsi herbal. Tonjolan di anus hilang dan tidak ada lagi darah mengucur saat buang air besar.

Untuk mengimbangi kesembuhannya, Ia pun memperbaiki pola makan. “Perbanyak serat, kurangi pedas,” ujarnya. Selain itu, ia memperbanyak konsumsi air putih setiap hari. Menurut Ganda, kunyit bersifat antiradang kuat sehingga membantu penyembuhan ambeien. “Ambeien menyebabkan luka di sekitar anus,” ujar Ganda. Akibat luka itulah bakteri mudah menyerang. Sistem imunitas secara otomatis merespon serangan itu dengan menyempitkan pembuluh sehingga aliran darah melambat dan menyebabkan peradangan.

Baca juga:  Aventinus Sadip, Hutankan Sabana Gersang

Itu sejalan dengan riset Erlina Rustam dari Fakultas Kedokteran, Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat, pada 2007 yang membuktikan kandungan kurkumin dalam kunyit memiliki daya antiradang. Riset itu juga menunjukkan dengan dosis 1.000 mg per kg bobot badan kurkumin memiliki daya inhibisi 78,37%. Riset lainnya dilakukan oleh Rifina Multi Almira dari Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor, yang membuktikan khasiat kunyit dalam proses penyembuhan luka. Kandungan tanin dalam kunyit mengikat dan mengendapkan protein sehingga dapat menghentikan pendarahan.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan sebanyak 45% usia produktif di Indonesia mengalami wasir dan 90% penyebabnya karena keturunan. Menurut dr Sutanto Gandakusuma Sp B KBD tidak semua pendarahan di anus disebut wasir. “Bisa saja disebabkan infeksi dari saluran cerna lain seperti usus dan lambung,” kata Sutanto. Ia pun menyarankan penderita wasir memperkaya konsumsi serat seperti buah-buahan, sayuran hijau, kacang-kacangan, umbi, dan beras merah minimal 35 gram per hari. Selain itu, pasien juga harus minum air mineral 2—3 liter per hari.

Hingga 3 bulan berselang sejak rajin mengonsumsi kunyit, ambeien Rismayandi tidak pernah kambuh. Adiknya, Mia Unesa yang juga mengalami ambeien, bahkan merasakan khasiat kunyit dalam 3 hari konsumsi. Memang ambeien yang diderita Mia tidak separah sang kakak, sehingga waktu penyembuhannya pun relatif lebih singkat. Rismayandi dan Mia telah membuktikan bahwa kunyit ampuh mengusir wasir. (Rizky Fadhilah)

 

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x