Kopi untuk Mahkota Pria 1

552_ 97Bagi kebanyakan pria, rambut rontok menyebabkan percaya diri rontok pula. Kopi mampu mencegah kerontokan rambut sebagaimana termaktub dalam British Journal of Dermatology. Kafein dalam biji kopi bekerja aktif melawan efek testosteron yang menyebabkan rambut rontok pada pria. Menurut riset Dr Adolf Klenk dari Jerman, kafein yang tinggi pada kopi bekerja merangsang akar rambut untuk menyuburkan pertumbuhan rambut.

Namun, menurut Adolf untuk mengoptimalkan kerja kafein dalam menyuburkan rambut, kita perlu minum setidaknya 50 cangkir kopi setiap hari. Itu justru mengakibatkan racun dalam tubuh. Oleh karena itu ia menyarankan untuk langsung mengoleskan air seduhan kopi ke kepala. Waktu yang diperlukan hanya 15 menit, pijat atau remas-remas, lalu bilas dengan air bersih.

Selain meningkatkan pertumbuhan rambut, kafein juga mudah berpenetrasi ke dalam akar sehingga dapat menguatkan batang rambut. Dokter penganjur herbal di Tangerang Selatan, provinsi Banten, dr Prapti Utami, belum mengetahui faedah untuk menyuburkan rambut. “Saya belum pernah mendengar informasi mengenai air kopi untuk mnyuburkan rambut atau mengatasi kerontokan rambut pada pria. Mungki bisa saya praktikkan ke suami saya juga,” kata dokter alumnus Universitas Diponegoro itu.

Biji kopi arabica memiliki kemampuan tabir surya lebih tinggi 5 x lipat lebih tinggi daripada kopi robusta.

Biji kopi arabica memiliki kemampuan tabir surya lebih tinggi 5 x lipat lebih tinggi daripada kopi robusta.

Herbalis di Tangerang Selatan, Banten, Lukas Tersono Adi, mengatakan bahwa kafein dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Namun, di Indonesia penggunaan air kopi untuk menyuburkan rambut belum populer. Masyarakat Indonesia lebih sering menggunakan mengkudu walaupun memiliki bau yang tidak enak. “Pengalaman saya saat masih kecil, ibu saya meracik beberapa bahan untuk dioleskan di kepala. Yang saya tahu ada campuran minyak kelapa dan rebusan daun teh. Saya tidak sempat menanyakan, apakah ramuan itu juga menggunakan biji kopi. Daun teh juga mengandung kafein,” kata Lukas.

Baca juga:  Pot Sekaligus Pupuk

Tidak hanya bermanfaat untuk pria, kopi juga bermanfaat untuk wanita. Penggunaan bahan baku kopi bubuk sudah banyak ditemui untuk keperluan kecantikan seperti lulur, masker, dan body scrub. Zat antioksidan dan antiinflamasi pada bubuk kopi memiliki banyak manfaat, seperti menutrisi kulit, mencegah iritasi, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan wajah, dan mencegah terjadinya kanker kulit akibat paparan sinar ultraviolet. (Ian Purnama Sari)

Tags: kopi, spa, spa kopi

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments