Tiga lomba pada awal November 2017 menobatkan The Bodonk jadi juara serama, Frosty anjing dengan ketangkasan terbaik, dan guppy albino sebagai grand champion.

Serama milik pehobi asal Jakarta, Dorry Zachry, The Bodonk, sukses meraih gelar best of the best (BOTB) karena banyak gaya dan atraktif.

Serama milik pehobi asal Jakarta, Dorry Zachry, The Bodonk, sukses meraih gelar best of the best (BOTB) karena banyak gaya dan atraktif.

Senyum bahagia menghiasi wajah Dorry Zahri setelah para juri menobatkan serama miliknya sebagai peraih gelar best of the best (BOTB). Menurut Dorry itu gelar kedua ayam berumur setahun itu. “Sebelumnya serama itu menjadi jawara pada gelaran serupa di Tangerang pada Juni 2017,” kata pehobi asal Jakarta itu.

577_ 137Ketua dewan juri, Eka Andry, mengatakan The Bodonk—serama juara milik Dorry—layak juara karena lebih banyak gaya dan atraktif, terutama pada pertengahan lomba. Sementara itu penampilan ayam pesaing terdekat di meja 2 dan 5 kurang gereget lantaran kehabisan stamina.

Panitia, juri, dan para pemilik serama pemenang kontes nasional di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Panitia, juri, dan para pemilik serama pemenang kontes nasional di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Juri asal Depok, Jawa Barat, Karjono, mengatakan kelebihan ayam juara berstamina lebih baik dibandingkan pesaing lain sehingga tampil konsisten selama perebutan juara BOTB. Apa rahasia Dorry sehingga penampilan klangenannya maksimal? Ia memisahkan The Bodonk dengan ayam lain sepekan menjelang kontes. Tujuannya agar tidak kawin dan lebih tampil maksimal saat lomba. Performa serama yang kawin menjelang lomba kurang optimal.

Selain itu ayam bergenetik bagus sehingga tidak perlu perlakuan khusus lain. Untuk pakan Dorry mengandalkan beras merah, jagung, dan voer. Pehobi serama sejak 2010 itu juga memberikan multivitamin unggas dari Australia sebagai suplemen tambahan. Menurut panitia acara, Abdurahman, kontes yang berlangsung pada 5 November 2017 itu berlangsung meriah. Kurang lebih 250 serama beradu elok di 17 kelas berbeda. Peserta terjauh datang dari Palembang (Sumetara Selatan) dan Makassar (Sulawesi Selatan). Peserta lainnya dari Kediri (Jawa Timur), Pati (Jawa Tengah), Bandung (Jawa Barat), Tangerang (Banten), dan Jakarta.

Erwin dan Frosty memukau penonton dan juri dengan penampilan yang jenaka.

Erwin dan Frosty memukau penonton dan juri dengan penampilan yang jenaka.

Pada hari yang sama, di ibukota berlangsung kompetisi anjing gaya bebas. Dalam kontes yang berlangsung pada 5 November 2017 itu anjing belgia malinois milik Erwin Soekamto, Frosty, mengundang sorak-sorai penonton dengan aksi yang menggemaskan. Dalam aksinya itu Erwin tampil berpenampilan seperti Charlie Chaplin. Saat panitia memberi tanda untuk mulai, keduanya beraksi di tengah arena dengan diiringi alunan musik berirama jenaka. Pehobi asal Penjaringan, Jakarta Utara, itu berjalan dengan langkah kaki yang lebar dan Frosty berlari menyusup di antara kedua kakinya. Saat Erwin berhenti berjalan, anjing kesayangannya itu pun sudah berada di hadapannya sambil “berdiri” dengan tumpuan tungkai belakangnya.

Panitia, juri, dan para pemilik ikan guppy pemenang kontes di Yogyakarta.

Panitia, juri, dan para pemilik ikan guppy pemenang kontes di Yogyakarta.

Atraksi keduanya berlanjut hingga waktu yang disediakan panitia selama 5 menit berakhir. Dalam waktu yang cukup singkat itu Frosty mampu memukau juri dan penonton lantaran kepandaiannya mematuhi perintah dengan tepat, melompati rintangan, berjalan mundur mengikuti irama musik, dan pura-pura tidur. Dengan aksinya itu pantas bila juri mengganjarnya dengan nilai tertinggi di kelas profesional. “Itu memerlukan latihan yang tekun dan kedekatan dengan peliharaan alias bonding,” ujar Richard, salah satu juri. Freestyle competition yang berlangsung di Allianz Ecopark, Ancol, Jakarta Utara, itu salah satu rangkaian kegiatan pada All Breed Championship Dog Show yang diselenggarakan Perkumpulan Kinologi Indonesia (Perkin) Jaya. (Muhamad Fajar Ramadhan dan Muh Hernawan Nugroho)

Baca juga:  Sebarkan Gaya Hidup Organik

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d