Hurayra Alibaba meraih dua gelar bergengsi di kontes internasional.

Hurayra Alibaba, persia 6 bulan menyabet 2 gelar  best of best.

Hurayra Alibaba, persia 6 bulan menyabet 2 gelar best of best.

Ririn Subroto senang ketika kucing kesayangannya menjadi juara pada kontes kucing internasional bertajuk The Champ Season 3. Tidak hanya satu gelar, Hurayra Alibaba—kucing milik Ririn—menggondol dua piala bergengsi pada acara yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat, itu. Kucing jenis persia itu sukses menjadi best of the best (BOB) Kitten dan BOB Kitten Indonesian Breed.

Ririn Subroto (berkerudung), klangenannya mendapat dua gelar BOB kitten dan BOB kitten Indonesian breed.

Ririn Subroto (berkerudung), klangenannya mendapat dua gelar BOB kitten dan BOB kitten Indonesian breed.

Satwa anggota famili Felidae itu menjadi satu-satunya peserta yang meraih dua gelar sekaligus. Juri asal Jepang, Edward Maeda, mengatakan Hurayra Alibaba layak menang lantaran penampilan kucing itu nyaris sempurna. “Bentuk tubuh dan wajah terlihat kompak. Selain itu kucing itu pun bermata besar,” kata pria yang 15 kali berkunjung ke Indonesia itu. Mata besar salah satu ciri persia unggul.

Perawatan

Menurut perawat Hurayra Alibaba, Ray Mananggar, perawatan harian menentukan penampilan kucing. “Menjaga kesehatan dan kebersihan kucing adalah hal utama,” kata pria kelahiran Tanjungpinang, Provinsi Kepualauan Riau, itu. Agar tampil prima Ray pun membersihkan area sekitar mata setiap hari. Ia mengandalkan sampo premium asal Inggris dan Perancis supaya rambut kucing sehat dan berkilau.

Slamet Abdullah, (menggendong kucing) klangenannya mendapat gelar BOB Championship Indonesian Breed.

Slamet Abdullah, (menggendong kucing) klangenannya mendapat gelar BOB Championship Indonesian Breed.

Untuk pakan, pria kelahiran 27 Desember 1983, itu menggunakan pakan kering dari perusahaan Italia. Ririn tidak bahagia sendirian saat itu. Slamet Abdullah pun bersuka cita menyambut kemenangan Lynx Manul Katana of Chelz sebagai BOB Championship Breed Indonesia. “Saya tidak menyangka kucing itu mendapat gelar BOB. Target semula hanya mendapat poin maksimal,” kata pehobi dari Jakarta itu.

Baca juga:  Berkah Negeri Cincin Api

566_-57Menurut Edward Maeda, Lynx Manul Katana of Chelz menjadi kampiun karena sosoknya sesuai kriteria ras maine coon juara. “Kucing itu memiliki rahang kuat dan bermulut lebar. Kelebihan lainnya bentuk wajah membentuk persegi,” kata Maeda. Ekor kucing yang panjang dan sempurna semakin meneguhkan kucing berwarna putih dan cokelat itu menjadi jawara.

Gelar BOB itu bukan yang pertama bagi Lynx Manul Katana of Chelz. Di kontes sebelumnya kucing itu meraih 3 kali BOB di ajang serupa. Menurut Abdullah, kunci sukses kucing jawara adalah perawatan intensif dan menyeluruh. “Grooming, pakan ,dan kesehatan kucing harus diperhatikan,” kata pria berkacamata itu. Menjelang kontes grooming dilakukan per dua hari.

Edward Maeda, juri asal Jepang.

Edward Maeda, juri asal Jepang.

Rambut mesti benar-benar kering agar terlihat bagus. Pemberian rebusan ayam yang diblender halus menjadi menu harian Lynx Manul Katana of Chelz. Frekuensi pemberian pakan 3 kali sehari. Pakan berperan meningkatkan kualitas bulu. Perawatan lain, yakni pemberian vitamin. Pehobi kucing sejak 2013 itu menyuntikkan vitamin untuk memperindah dan meningkatkan kekebalan tubuh kucing saban bulan.

Para pemilik kucing juara, panitia, dan juri The Champ Season 3.

Para pemilik kucing juara, panitia, dan juri The Champ Season 3.

Meningkat
Ketua panitia, Arman Hermawan, menuturkan kontes berlangsung sukses. Adu cantik yang diselenggarakan pada 26 November 2016 itu menyambung gelaran serupa sebelumnya di Jakarta dan Yogyakarta. “Acara ini kontes kucing terbesar di kota Bogor,” kata Arman. Sekitar 202 perserta dari 3 negara (Indonesia, Thailand, dan Malaysia) memeriahkan kontes yang berlangsung di Mal Botani Square, IPB Convention Hall, Bogor, Jawa Barat.

566_-57-3

Suasana kontes The Champ Season 3, di IPB Convention Center, mall Botani Square, Bogor, Jawa Barat.

Tim penilai kontes enam juri internasional Cat Fanciers Association (CFA) dari 4 negara yaitu Amerika Serikat, Jepang, Rusia, dan Finlandia. Menurut Arman peserta kelas kucing domestik atau household pet (HHP) meningkat 25 ekor, sebelumnya 10 kucing. “Kontes selanjutnya berlangsung pada 11 Februari 2017 di Kuningan, Jakarta,” kata Arman. (Muhamad Fajar Ramadhan)

Baca juga:  Rahasia Para Jawara

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d