Irfan Rahadian Sudiyana memperoleh beragam penghargaan berkat budidaya kopi.

Irfan Rahadian Sudiyana memperoleh beragam penghargaan berkat budidaya kopi.

Dalam mengelola bisnis kopi, Irfan Rahadian Sudiyana, S.P., M.Sc., M.Si., menerapkan konsep tiga sejahtera. Sejahtera pertama adalah sejahtera lingkungan. Menurut Irfan, dalam mengembangkan kopi Irfan dan tim tak hanya fokus meraup laba, tapi juga berperan dalam konservasi. Oleh sebab itu, ia selalu menyediakan bibit kopi gratis bila ada warga sekitar yang tertarik menanam kopi.

Ia juga rutin melakukan penyuluhan kepada warga tentang pentingnya mencegah erosi lahan dengan menanam kopi di sela-sela tanaman sayuran. Konsep sejahtera kedua yaitu sejahtera hewan atau animal welfare standard. Irfan memelihara 14 luwak untuk memproduksi kopi luwak. Dalam konsep itu Irfan memperhatikan betul kebutuhan hidup sang hewan. Ia membuat kandang yang luas, nyaman, dan bersih.

Pengunjung yang masuk ke ruang kandang harus melapas alas kaki dan hanya memakai alas kaki yang tersedia di ruang kandang. “Tujuannya agar kandang selalu steril,” ujarnya. Ia juga memberikan pakan sesuai karakter alami luwak, yaitu sebagai hewan karnivora alias pemakan daging. Ia juga memberikan pakan alami lain di alam, seperti pisang. “Buah kopi hanya sebagai makanan pencuci mulut,” tutur pemuda yang juga berprofesi sebagai dosen itu.

Ia tidak memaksa luwak untuk memakan buah kopi demi menggenjot produksi kopi berharga premium itu. Adapun konsep sejahtera ketiga adalah sejahtera petani. Dalam mengelola bisnis kopi ini Irfan bertekad untuk menyejahterakan petani yang tergabung dalam kelompok tani Kiwari Farmers. Itulah sebabnya ia rela membeli buah kopi dari petani dengan harga lebih tinggi dari harga tengkulak.

“Asalkan sesuai standar. Buah yang dipanen harus benar-benar matang, yaitu berwarna merah,” jelasnya. Dengan berbagai upaya yang dilakukan, pantas bila Irfan mendapat berbagai penghargaan dalam bidang lingkungan dan wirausaha muda. (Imam Wiguna)

Baca juga:  Kontrol Kutu Daun

Tags: kopi, petani kopi, usaha muda

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d