Kilat Kupas Kentang 1
Mesin pengupas kentang, hasil kupasan bersih dan seragam

Mesin pengupas kentang, hasil kupasan bersih dan seragam

Alat kupas umbi-umbian yang praktis dan efisien. Mengupas 100 kg kentang dalam 25 menit.

Sebagai pengusaha jasa boga, Darmadi  amat girang mendapat pesanan dari para pelanggan. Namun, setiap kali ada pesanan menu berbahan kentang seperti perkedel, pengusaha di Jakarta Timur itu harus lembur.  Ia membutuhkan waktu lama untuk mempersiapkan bahan utama perkedel. Sebab, ia harus mengupas hingga 100 kg kentang. “Mengupas saja perlu waktu 4 jam. Itu pun dikerjakan 8 orang tenaga kerja,” ujarnya. Para pekerja itu terampil menggunakan peeler sebagai alat pengupas kentang.

Itu dua tahun lalu. Kini ia hanya butuh satu orang dalam waktu 25 menit untuk mengupas kentang dengan jumlah sama. Pasalnya, ia menggunakan mesin pengupas kentang. Selain waktu lebih singkat, biaya tenaga kerja pun lebih hemat. Mesin cukup dioperasikan seorang pekerja. “Tinggal tekan tombol on atau off,” kata Darmadi menggambarkan mudahnya mengoperasikan mesin itu. Dalam 2 menit, 8 kg kentang terpisah dari kulit ari.

Praktis

Cara kerja mesin buatan PT Royal Sutan Agung itu sederhana. Pekerja hanya perlu masukkan umbi kentang yang sudah dicuci ke tabung penampung. Penampung berfungsi sebagai ruang pengupas yang menggunakan prinsip gaya gesek terhadap bahan baku. Kemudian petugas mengaktifkan mesin pengupas dengan menekan tombol hijau. Di dalam penampung terjadi perputaran dengan kecepatan 60 rpm (rotation per minute). Akibatnya, kentang bergesekan dengan permukaan pengupas di sekelilingnya.

Bambang Poerboyo

Bambang Poerboyo

Di bagian atas, terdapat keran air untuk membilas kentang yang telah dikupas. Setelah 2 menit, matikan alat dengan menekan tombol merah. Kentang yang sudah bersih terkupas pun siap di depan mata. Kapasitas mesin pengupas  itu 8 kg. Mesin menggunakan tenaga listrik berdaya 370 watt. Keistimewaan lain, hasil kupasan lebih bersih dan seragam. Menurut Bambang Poerboyo, anggota staf pemasaran PT Royal Sutan Agung, ketebalan hasil pengupasan merata 0,5 mm. Tingkat kebersihan pengupasan kentang dengan mesin mencapai 95%.

Baca juga:  Sentra Rosa Italia

Artinya ada bagian tertentu atau 5% dari umbi Solanum tuberosum yang tak terkupas. Harap mafhum permukaan kulit kentang tidak rata. Ada permukaan umbi tanaman anggota famili Solanaceae itu yang melesak ke dalam sehingga kulit tidak terkupas oleh mesin. “Kulit yang seperti itu dikupas manual dengan pisau,” ujar Bambang.  Mesin berbobot 42 kg itu sekilas berbentuk seperti dispenser air minum. Panjang mesin 43 cm, lebar 43 cm, dan tinggi 73 cm. Mesin terbuat dari besi nirkarat (stainless steel) sehingga berkesan kokoh dan elegan.

Selain kentang, mesin juga dapat mengupas umbi-umbian lain seperti ubijalar dan singkong. Menurut Ir Puji Widodo MSi, Periset di Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian, Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten, mesin pengupas kentang otomatis tergolong baru di Indonesia. “Biasanya berupa pengupas manual yang digerakkan tangan,” kata Puji.

Pencuci

Selain mesin pengupas kentang, ada pula mesin pencuci kulit ari kentang. Tanah yang menempel dan lengket di kulit itu luntur seketika. Mesin  itu juga bisa mencuci umbi dan komoditas berkulit tebal, seperti jahe, wortel, lobak, singkong, dan ubijalar.  Alat pembersih itu mencuci  umbi, buah, dan sayuran dengan sistem gelembung udara dalam air sehingga dapat melarutkan tanah dan pestisida. Di bak pencucian, terdapat 6 buah sikat nilon yang efektif membersihkan kotoran. Sikat-sikat itu berputar berlawanan arah sehingga mampu merontokkan kotoran yang menempel pada kulit umbi.

Mesin berukuran 180 cm x 75 cm x 80 cm mampu mencuci kentang hingga 1,2 ton per jam. Daya listrik yang dibutuhkan sebesar 1.500 watt. Meski berbobot 80 kg, mesin itu mudah dibawa ke mana-mana. Pasalnya, di bagian bawah mesin terdapat roda sehingga pekerja mudah mendorong mesin. Untuk mencuci komoditas tertentu pekerja tinggal memasukkannya ke mesin. Setelah menekan tombol “on”, sikat-sikat di dalam mesin berputar berlawanan arah.  Jika sikat pertama berputar searah jarum jam, maka sikat ke-2 berlawanan arah jarum jam, dan sikat ke-3 searah jarum jam.

Baca juga:  Dendrobium Baru Bertanduk

Di bagian atas, ada pipa besi berlubang yang memancurkan air setiap 30 detik. Air berfungsi melarutkan tanah yang menempel di kulit kentang atau komoditas lain. Nyalakan mesin selama 5 menit. Kentang yang bersih akan keluar dari pintu samping, sedangkan kotoran keluar dari bawah mesin. Mesin itu mampu mencuci 4—5 kg kentang per sekali putaran. Kehadiran mesin pencuci dan pengupas umbi tentu sangat dibutuhkan industri pengolahan makanan. Efisiensi waktu dan tenaga kerja akan menghemat biaya produksi. Hasilnya, keuntungan penjualan juga meningkat.  (Kartika Restu Susilo)

531_Hal_73

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments