Ketika Kefir Bertemu Jamu 1
Kefir jamu atau kefir herbal kreasi penggiat kefir di Bandarlampung, Lakshono Adi Muladhi.

Kefir jamu atau kefir herbal kreasi penggiat kefir di Bandarlampung, Lakshono Adi Muladhi.

Minuman kesehatan gabungan kefir dan jamu.

Kunyit salah satu bahan campuran kefir jamu atau kefir herbal.

Kunyit salah satu bahan campuran kefir jamu atau kefir herbal.

Suguhan berupa 2 gelas ramuan itu berhasil membuat Trubus penasaran. Gelas pertama berisi minuman berwarna cokelat cair. Gelas kedua, berupa minuman kuning bertekstur kental. “Inilah kefir jamu atau kefir herbal,” ujar tuan rumah, Budi Yulianto di bilangan Cikajang, Petogogan, Jakarta Selatan. Trubus pun lekas mencicipi kedua minuman itu.

Cita rasa kedua minuman itu jelas berbeda ketimbang kefir umumnya. Sesuai embel-embel jamu, maka kefir whey maupun kefir susu dipadukan dengan sejumlah rempah. Paduan kefir dengan rasa rempah yang hangat dan khas demikian intens. Itulah sebabnya, kefir herbal paling pas dikonsumsi para penggemar jamu. Resep anyar ini diperoleh Budi dari Lakshono Adi Muladhi, pegiat kefir asal Bandarlampung, Lampung, dan komunitas kefir.

Kefir pengantin

Menurut Adhie Lam—panggilan akrab Lakshono Adi Muladhi—inspirasi paduan kefir jamu (baca boks : Ramuan Kefir Pengantin-red) bermanfaat memupus berbagai keluhan kesehatan. Dilihat dari kandungannya, penggunaan rempah seperti jahe emprit, kayu manis, lada hitam, cabai jamu, cengkih, serai, kunyit putih, kunyit dan daun pandan mengandung bahan multi khasiat. Belum lagi tambahan madu, madu hitam, minyak zaitun, dan virgin coconut oil (VCO) yang terkenal berfungsi meningkatkan stamina. “Dilihat dari komponen keseluruhan, minuman itu berkhasiat meningkatkan stamina,” ujar dokter sekaligus herbalis di Yogyakarta dr. Sidi Aritjahja.

Kemasan kaca lebih aman untuk minuman fermentasi.

Kemasan kaca lebih aman untuk minuman fermentasi.

Lebih lanjut praktikus kefir di Kota Cimahi, Jawa Barat, Teddy Cahya Setyadi, menuturkan khasiat masing-masing. Kandungan kolostrum pada kefir akan meremajakan organ tubuh karena kaya asam amino esensial. Ramuan rempah atau herbal diyakini mengandung antioksidan, merangsang pertumbuhan gluthatione, dan kolagen alami, Kehadiran VCO bakal mempercepat peremajaan organ dan menjaga mikroorganisme tetap stabil. Dampaknya, dengan rutin mengonsumsi ramuan itu, proses perbaikan sel tubuh bakal optimal.

Produsen kefir jamu, Lakshono Adi Muladhi.

Produsen kefir jamu, Lakshono Adi Muladhi.

Menurut Adhi banyak bukti empiris khasiat dari kefir plus itu. Terutama keluhan mengenai kurangnya kualitas hubungan suami istri. Berkat rutin meminum kefir herbal, 6 bulan kemudian fisik sang suami-yang juga sahabat Adhie—berubah prima. Setelah meyakini khasiatnya, penggiat kefir sejak 2010 itu lalu menyebarluaskan ke komunitas kefir. Hasilnya, informasi tersebar luas dan banyak anggota tertarik untuk belajar membuat ramuan itu sendiri. Tertarik mencobanya?

Baca juga:  Bawang Merah Kering Hanya 4 Hari

Ramuan Kefir Pengantin

Laksono Adi Muladhi memberi nama dua minuman kreasinya dengan kefir pengantin. Sebutan itu mengacu dari cara konsumsi 2 minuman yang dianjurkan berbarengan. Kefir pengantin terdiri atas kefir Panji Kesuma (kepanjangan dari pancaran jiwa kefir, susu, madu-red) dan kefir Kesuma Bangsa (kefir, susu, madu, bangkit, dan perkasa-red).
Adapun bahan untuk membuat kefir Panji Kesuma adalah 2 liter kefir susu (bisa diganti dengan susu kolostrum), 200 gram kunyit putih, 200 gram kunyit, 400 gram madu, 40 gram madu hitam, 40 ml minyak zaitun, dan 40 ml minyak kelapa perawan atau virgin coconut oil (VCO). Pembuatannya dengan memblender semua rempah. Kemudian peras air blender, dan campurkan perasan dengan kefir, madu, madu hitam, minyak zaitun, dan VCO.

Bahan yang diperlukan untuk membuat kefir Kesuma Bangsa adalah 2 liter whey kefir, 200 ml madu, 500 gram gula aren, 200 gram jahe emprit, 20 gram kayu manis, 20 gram lada hitam, 20 gram cabai jamu, 20 gram cengkih, 2 batang serai dan 2 helai daun pandan. Cara membuatnya, rebus semua rempah terlebih dahulu. Air rebusan dicampur dengan kefir, gula aren, dan madu. Kemudian kedua larutan itu difermentasi setelah dicampur, 2—5 minggu.
Untuk meningkatkan stamina Adhie menganjurkan konsumsi rutin minum 50 ml kefir Kesuma Bangsa, 2 sendok makan kefir Panji Kesuma kolostrum, 2 sendok makan madu alami sebelum makan. Minimal sehari 2 kali. Adhie menganjurkan konsumsi segera pascafermentasi selesai.

Untuk penyimpanan, pilih lemari pendingin dan simpan hingga beku karena kondisi itu menyebabkan mikroba dorman. Jika dalam 2-4 minggu atau lebih tercium aroma tak sedap dan terasa pahit serta sepat lidah sebaiknya jangan dikonsumsi. Pengalaman Budi Yulianto, dalam satu tahun minuman masih segar. “Sekali buat 50 liter, kemudian saya masukkan jerigen. Habisnya bisa lebih dari setahun,” kata Budi. Yang perlu diperhatikan, wadah harus tertutup rapat dan hindari serangga masuk.

Baca juga:  72 Inovasi Pertanian

Menurut praktikus kefir di Kota Cimahi, Jawa Barat, Teddy Cahya Setyadi, penyimpanan kefir jamu bisa saja selama setahun, asalkan rasa dan aroma tidak berubah serta masih layak konsumsi. Ia mengingatkan risiko meningkatnya kandungan gas dan alkohol pada minuman. Teddy menambahkan penyimpanan pada barrel kayu lebih disarankan ketimbang wadah plastik. Menurut Teddy, wadah plastik mengandung bahan kimia estrogen. Dampaknya minuman akan terkontaminasi bahan kimia jika disimpan jangka panjang. “Bahan kimia estrogen berbahaya dan merugikan kesehatan jika dikonsumsi jangka panjang,”kata Teddy. Ayah 2 orang anak itu menyarankan penyimpanan pada wadah kayu atau kaca untuk penyimpanan bahan fermentasi. (Muhamad Fajar Ramadhan)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *