Keindahan Taman Dapur Keukenhof 1
Tulip merah memberi warna paling semarak.

Tulip merah memberi warna paling semarak.

Taman terindah di dunia itu menarik 1.175.000 orang pada Maret—April 2015.

Seniman Vincent Willem van Gogh hadir di taman tulip. Pelukis kenamaan Belanda yang “melahirkan” Monalisa itu hadir di antara tanaman tulip berwarna kuning dan merah muda. Sebagai pemisah yang memperjelas sosok pelukis itu dihadirkan tanaman hyacinth biru. Van Gough mengenakan topi kuning dan baju merah yang semuanya juga berbahan tulip.

Kehadiran pelukis yang wafat pada 124 tahun silam itu menjadi perhatian pengunjung taman Keukenhof di Lisse, sebuah kota kecil di sebelah barat daya Amsterdam dan sebelah selatan Haarlem, Belanda. Di taman itu tujuh juta bunga bermekaran, bagai magnet yang menarik perhatian 1.175.000 pengunjung. Setiap Maret—April jutaan orang mengalir ke taman Keukenhof menyaksikan keelokan jutaan tulip Tulipa gesneriana di lahan 32 ha.

Hyacinth dihadirkan untuk menambah keindahan taman.

Hyacinth dihadirkan untuk menambah keindahan taman.

Obat tuberkulosis
Para pengunjung mencapai Keukenhof dari berbagai kota seperti Leiden, Amsterdam, atau Haarlem dengan kendaraan bertarif 28,5 euro—termasuk biaya tiket masuk ke taman senilai 16 euro. Mereka dapat menyaksikan 800 varietas beraneka ragam, warna, bentuk, dan ukuran sekaligus leluasa menikmati keindahan taman tulip melalui jalan setapak sepanjang 15 km. Pengunjung tidak bosan melihat tulip lantaran di sana tumbuh beragam varietas tanaman umbi.

Beberapa jenis iris, hyacinth, dan daffodils menjadi pemanis (filler) di antara tanaman tulip sehingga taman tidak monoton. Hyacinth tanaman anggota keluarga Liliaceae itu pun menghampar di bawah pohon-pohon besar sehingga bak permadani berwarna-warni. Merah, kuning, hitam, putih, merah muda, merah marun, dan krem. Sejatinya taman Keukenhof merupakan taman herbal milik keluarga Putri Jacoba van Beieren. Putri yang hidup pada 1401—1436 itu mengidap penyakit tuberkulosis.

Keukenhof menarik 1.175.000 pengunjung pada musim semi 2015.

Keukenhof menarik 1.175.000 pengunjung pada musim semi 2015.

Untuk mengobatinya keluarga memanfaatkan aneka herbal. Itulah sebabnya mereka membudidayakan beragam tumbuhan obat itu di sekitar kastil Teylingen untuk memudahkan mengobati Putri Jacoba. Usai memanen herbal-herbal itu mereka menyiapkan dan mengolahnya di dapur untuk diminum Putri Jacoba. Dari situlah muncul nama Keukenhof. Dalam bahasa belanda, keuken berarti dapur, dan hof adalah taman yang kemudian digabung menjadi keukenhof, alias taman dapur.

Sebanyak 7.000.000 umbi tulip dari 100 perkebunan tulip menghias taman Keukenhof.

Sebanyak 7.000.000 umbi tulip dari 100 perkebunan tulip menghias taman Keukenhof.

Taman itu berdiri secara komersial pada 1949. Ide walikota Lisse membangun taman sebagai sarana untuk menyajikan pameran bunga. Petani dari seantero Belanda bisa memamerkan tanaman mereka sekaligus membantu industri ekspor florikultura Belanda. Namun, cikal bakal taman bermula pada 1592 ketika Carolus Clusia membawa umbi tulip dari Turki ke Belanda. Karena suhu yang baik serta tanah yang sesuai, tulip dapat tumbuh dengan sangat baik di Keukenhof.

Sebanyak 800 varietas dipamerkan tiap tahun di taman Keukenhof.

Sebanyak 800 varietas dipamerkan tiap tahun di taman Keukenhof.

Aneka taman
Penanaman tulip pun makin meluas, bahkan kemudian menjadi daerah penanaman tulip untuk pasar ekspor.Taman yang lokasinya dekat dari laut itu ternyata sangat ideal untuk menanam umbi-umbian karena tanahnya berpasir dengan memiliki sumber air yang bagus. Tulip pun dimanfaatkan untuk memperindah taman dapur itu. Perancang taman Keukenhof, Jan David Zocher dan putranya Louis Paul Zocher mendesain pada 1865.

Keukenhof menjadi taman terindah dunia pada musim semi.

Keukenhof menjadi taman terindah dunia pada musim semi.

Pada 1949 petani dan eksportir kemudian secara bermai-ramai memamerkan koleksi tulip mereka di taman Keukenhof. Desain taman itu ternyata menjadi taman paling indah di dunia setiap musim semi. Pengelola taman pun selalu melakukan perbaikan dengan menanam 7.000.000 umbi baru untuk memberi pemandangan baru. Umbi sebanyak itu berasal dari 100 kebun tulip swasta. Kebun itu pun diperindah dengan 7.000 kg bulb grass seed.

Aneka varietas baru ditampilkan tiap tahun.

Aneka varietas baru ditampilkan tiap tahun.

Pengunjung leluasa berjalan-jalan menikmati keindahan Keukenhof karena disediakan jalan kecil sepanjang 15 km. Di beberapa lokasi beberapa danau kecil menambah keindahan taman. Selain memuaskan mata orang dewasa dengan tulip nan indah, anak-anak pun bisa menikmati taman Keukenhof. Mereka dapat berpesta di taman berumur 200 tahun itu karena disediakan permainan anak-anak. Mereka dapat main berburu harta karun, peternakan, dan taman bermain anak.

Sebanyak 7.000.000 umbi ditanam untuk semarakkan Keukenhof.

Sebanyak 7.000.000 umbi ditanam untuk semarakkan Keukenhof.

Bagian dari taman itu bernama kebun inovasi menyajikan tulip-tulip baru dengan bentuk, tipe, dan warna yang unik. Sementara di kebun inspirasi, berbagai elemen taman bisa menjadi sumber ilham dalam menata taman di rumah Anda. Berbagai eleman dan sudut taman yang sedang tren tersaji di bagian itu. Bagi muda-mudi yang sedang kasmaran, bisa masuk ke kebun romantis. Di taman itu, berbagai panorama menambah romantisme kisah kasih cucu Adam Hawa.

Pelukis van Gogh menjadi tema Keukenhof 2015.

Pelukis van Gogh menjadi tema Keukenhof 2015.

Namun, bila ingin mendapatkan foto fantastis silakan hadir di kebun Amsterdam. Di kebun herb aneka tanaman beraroma tumbuh subur. Pengunjung dapat mencium aroma manis dari hyacinth, jongkquil daffodils, tulip jingga ‘Ballerina’, tulip pink ‘Angelina’, dan ‘Verona’ yang kuning. Di taman itu hadir kincir angin setinggi 10 meter simbol kerajaan Belanda.

Tulip di pinggir danau menambah keromantisan pengunjung.

Tulip di pinggir danau menambah keromantisan pengunjung.

Pengelola pun telah mengatur sejumlah agenda menarik pada 2015. Beberapa acara menarik adalah parade bunga, romance weekend, serta berbagai acara di Paviliun Juliana. Semua kegiatan itu mengundang pengunjung untuk datang berbondong-bondong ke Keukenhof. Tahun lalu, pengunjung mencapai 800.000 orang 75% merupakan turis mancanegara kini melonjak menjadi 1.175.000 orang. (Henk van Staalduinen)

Baca juga:  Graviola Usir Kanker Langka

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *