Kefir Akhiri Fistula

Rutin mengonsumsi kefir berkhasiat meremajakan organ dan menjaga badan tetap fit.

Rutin mengonsumsi kefir berkhasiat meremajakan organ dan menjaga badan tetap fit.

 

Konsumsi kefir meredakan penyakit fistula perianal.

Lakshono Adi Muladhi menanggung sakit di bagian anus. Dokter mendiagnosis Adi positif penyakit fistula perianal atau fistula ani, yakni infeksi antara bagian kulit dan anus sehingga mengakibatkan benjolan. Menurut Adi benjolan itu seperti tumor. “Benjolan itu sudah berakar, kalau sudah abses atau bengkak mengeluarkan nanah dan luar biasa sakit,” kata Adi Lam—panggilan akrab Lakshono Adi Muladhi.

Laksono Adi Muladhi sembuh dari fistula ani setelah konsumsi kefir.

Laksono Adi Muladhi sembuh dari fistula ani setelah konsumsi kefir.

Tindakan penyembuhan harus dengan operasi. Itulah sebabnya pria 46 tahun itu menjalani operasi pertama pada 1999. Setelah operasi Adi tidak merasakan gangguan kesehatan itu lagi. Namun, berselang beberapa bulan pascaoperasi penyakit itu kembali tumbuh di tempat yang sama. Rasa nyeri kembali muncul. Pria kelahiran 1972 itu harus kembali menjalani operasi pada 2002. Kesembuhan agaknya masih menjauh dari Adi.

Memicu kanker

Setelah 2 kali operasi penyakit itu kembali tumbuh. Dokter mengambil tindakan medis membuat lubang kecil pada bagian belakang dekat benjolan yang berfungsi mengeluarkan nanah jika terjadi pembengkakan. Menurut dokter di rumahsakit Medistra, Jakarta, dr. Emerson Budiarman Masli, Sp.B., fistula ani sering terjadi pada laki laki berumur 20– 40 tahun. Kejadiannya berkisar 1—3 kasus tiap 10.000 orang.

Sebagian besar fistula terbentuk dari sebuah abses. Namun, tidak semua abses berkembang menjadi fistula. Sekitar 40% pasien dengan abses akan terbentuk fistula. Menurut dr. Prapti Utami, dokter dan herbalis di Tangerang Selatan, Provinsi Banten, fistula ani merupakan kelainan saluran di anus. Gejalanya nyeri dan keluar cairan. Prapti menjelaskan, kotoran seharusnya dikeluarkan usus besar melalui anus.

Namun, kotoran malah masuk ke saluran lain yang timbul karena luka. “Kotoran bisa dalam bentuk feses atau cairan,” ujar dokter alumnus Universitas Diponegoro itu. Kondisi terparah kotoran yang keluar disertai nanah. Prapti menjelaskan, lubang dapat muncul lagi pada penderita fistula ani pascaoperasi. Penyebabnya karena luka belum kering. “Munculnya bisa karena infeksi, pengaruh pascaoperasi, atau kemoterapi,” ujar Prapti.

Produsen kefir di Cimahi, Jawa Barat, Teddy Cahya Setyadi.

Produsen kefir di Cimahi, Jawa Barat, Teddy Cahya Setyadi.

Fistula ani berkepanjangan memicu kanker. Untuk mencegah fistula ani, Prapti menyarankan pasien banyak mengonsumsi makanan berserat, seperti sayuran dan buah. Hampir 8 tahun Adi kerap menggunakan pembalut ketika nyeri pembengkakan. Adi hafal benar, usai mengonsumsi makanan pedas pasti bengkak itu makin membesar. Setelah dua kali operasi tak menuntaskan penyakit, pria yang bermukim di Bandarlampung, Provinsi Lampung, itu mencoba kefir atas saran adiknya.

Terus membaik

Sejak 2010 Adi mengonsumsi kefir susu sapi. Ia minum segelas setara 200 ml kefir sebelum makan. Ia menambahkan dua sendok madu murni, mengaduk rata, baru meminumnya. Frekuensi konsumsi tiga kali sehari. Artinya dalam sehari Adi mengonsumsi total hingga tiga gelas. Hanya dalam sebulan luka karena fitsel ani itu mengering dan menutup. “Hingga kini penyakit yang menyiksa itu tidak datang lagi,” kata Adi.

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x