Kebun di Pucuk Gedung 1
Pemandangan berupa petak-petak sawah yang dikelilingi tanaman bunga membuat pengunjung lupa jika sedang berada di lantai atap PVJ Resort & Lifestyle Place.

Pemandangan berupa petak-petak sawah yang dikelilingi tanaman bunga membuat pengunjung lupa jika sedang berada di lantai atap PVJ Resort & Lifestyle Place.

Taman elok di atap gedung berlantai tujuh.

Taman asri itu menghampar di atas lahan 2.500 m2. Lantai kayu, jalan setapak, pot-pot bunga, dan tanaman rambat tertata apik. Bunga salvia Salvia splendens, matahari Helianthus annuus, kenop Gomphrena globosa, dan cleome Cleome spinosa bermekaran di beberapa sudut taman. Itu bukan taman biasa karena letaknya 30 meter di atas permukaan tanah.

Puncak gedung pusat perbelanjaan Paris van Java di jantung Kota Bandung, Jawa Barat, menjadi lokasi taman itu. Malahan lebih pas disebut sistem pertanian terpadu. Sebab, di atap gedung berlantai tujuh itu juga terdapat sawah dan kandang kambing. Antusiasme pengunjung pusat perbelanjaan itu untuk menyambangi kebun sangat tinggi. Area terbuka itu selalu ramai meski bukan hari libur.

Hamparan padi berumur 60 hari pascatanam di taman atap.

Hamparan padi berumur 60 hari pascatanam di taman atap.

Tanpa bocor
Pemandangan akan terasa lebih menyenangkan saat pagi. Para lansia biasanya memanfaatkan kebun itu untuk jogging. Akses menuju kebun sangat mudah. Pengunjung bisa menggunakan lift atau langsung menuju tempat parkir di sky level P5. Ide pembuatan kebun itu bermula dari kecintaan pemilik PVJ Resort & Lifestyle Place pada kehidupan flora dan fauna. Rachmawati, kepala tim operasional PVJ Resort & Lifestyle Place, menuturkan kecintaan itu menular pada setiap karyawan.

“Itu sebabnya kami selalu berinovasi agar kondisi kebun menyerupai suasana asli sehingga pengunjung puas,” ujar Rachmawati. Konsep kebun yang digunakan ada dua yakni menata dalam pot dan menanam di permukaan tanah. Menurut Rachmawati tema kebun berubah secara berkala agar tidak monoton. Pada 2015 PVJ Resort & Lifestyle Place mengusung tema persawahan. Hamparan padi nan hijau ternyata membuat pengunjung kagum.

Baca juga:  Pisang 10 Jantung

Perawatan padi di atap gedung sama persis dengan perawatan padi biasa. Pemberian pupuk dilakukan berkala agar tanaman tumbuh sehat dan dapat dipanen sepert dari sawah biasa. Rachmawati menuturkan pembuatan ruang terbuka hijau membutuhkan konstruksi atap yang tepat. “Kami menggunakan lapisan khusus kedap air atau waterproof pada lantai untuk mencegah air merembes masuk ke ruang yang terletak persis di bagian bawah kebun,” ujarnya.

Kebun bunga dilengkapi dengan alat penyiraman otomatis.

Kebun bunga dilengkapi dengan alat penyiraman otomatis.

Lapisan lain berupa tumpukan batu apung dan ijuk juga ditambahkan agar air meresap sempurna. Tanaman mendapat pasokan air dari daur ulang air limbah dan air hujan. Air mengalir melalui pipa resapan menuju pipa utama yang berhulu pada tandon besar. Penyiraman dilakukan secara otomatis dan manual. Untuk mendukung kelangsungan kebun saluran drainase juga diperhatikan sangat cermat.

Menurut perancang taman di Kota Depok, Jawa Barat, Ir Hari Harjanto, keberadaan saluran air sangat penting untuk mendukung taman atap. “Kelancaran drainase mencegah timbulnya genangan air pemicu cendawan penyebab busuk akar,” ujar alumnus Institut Pertanian Bogor itu.

Aneka jenis bunga zinnia di ruang khusus penangkaran sumber madu bagi kupu-kupu.

Aneka jenis bunga zinnia di ruang khusus penangkaran sumber madu bagi kupu-kupu.

Edukasi
Letak tumbuh tanaman tinggi seperti ketapang Terminalia catappa dan jakaranda Jacaranda sp. digeser atau dirotasi setiap tahun untuk menjaga kesehatan akar dan mencegah kerusakan lapisan atap gedung. Persis di dekat area persawahan terdapat bilik khusus penangkaran kupu-kupu. Ruang berukuran 150 m2 itu berisi bunga kaca piring Gardenia augusta, zinnia Zinnia sp., dan hortensia Hydrangea sp, sebagai sumber pakan serangga Lepidoptera itu.

Wahana kebun atap PVJ Resort & Lifestyle Place semakin lengkap dengan adanya zona satwa meliputi unggas dan mamalia. Koleksi unggas yang dimiliki tergolong spesial seperti merak, ayam mutiara, dara, nuri, dan kalkun berbagai fase umur. Jumlah merak di sana mencapai 100 ekor. Di dekat area unggas terdapat kandang kambing dan domba. Pengunjung diizinkan berinterakasi dengan hewan-hewan itu dan memberi makan.

Zona satwa semakin menarik dengan adanya koleksi burung merak.

Zona satwa semakin menarik dengan adanya koleksi burung merak.

Yaya Supriyadi, staf field area PVJ Resort & Lifestyle Place, menuturkan kehadiran kebun beserta pernak-perniknya seperti kandang hewan bertujuan memberikan edukasi pada pengunjung terutama anak-anak. “Kami mengajak generasi muda untuk mengenal dan peduli pada makhluk hidup,” ujarnya. Setiap tahun, PVJ Resort & Lifestyle Place juga mempunyai kegiatan membagi-bagi bibit atau benih tanaman bunga seperti euphorbia, kenop, dan kembang merak Caesalpina pulcherrima.

Baca juga:  Sosok Anyar Ayam Poland

Paris Van Java PVJ Resort & Lifestyle memberikan terobosan bagi masyarakat kota untuk berbelanja sambil berkebun. Taman atap milik PVJ Resort & Lifestyle Place adalah solusi bagi masyarakat kota yang ingin menikmati suasana pedesaan, tetapi memiliki waktu luang sempit. (Andari Titisari)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *