Kayumanis Tumpas Kolesterol 1
Kayumanis efektif mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Kayumanis efektif mengurangi kolesterol dalam tubuh.

Air seduhan kayu manis turunkan kolesterol

Sakit pada bagian tengkuk, mata terasa berat, serta pusing mendorong Zuraida memeriksakan diri ke dokter di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan. Hasil pemeriksaan menunjukkan, kadar kolesterol mencapai 245 mg/dl. Kadar kolesterol normal 199 mg/dl. Septa Ekawati merasakan keluhan serupa. Ia merasa pegal di seluruh tubuh, sulit tidur, dan mata sangat berat.

Kadar kolesterol Septa Ekawati turun dari 230 mg/dl menjadi 200 mg/dl.

Kadar kolesterol Septa Ekawati turun dari 230 mg/dl menjadi 200 mg/dl.

“Mata rasanya seperti akan keluar.” tutur Ekawati. Gejala yang sering dialami penderita kolesterol antara lain nyeri dada, sulit bernapas, sakit kepala, wajah merah, emosi tidak stabil, mudah lelah, mual, nyeri leher hingga punggung, hilang keseimbangan, dan kesemutan. Dokter menyatakan penyebab kolesterol Zuraida karena faktor usia dan pola makan. Zuraidah dan Ekawati memang gemar menyantap makanan tinggi lemak.

Kayumanis
Seseorang berkadar kolesterol 240 mg/dl dapat dikatakan dalam fase berbahaya karena memicu stroke. Menurut dokter spesialis penyakit dalam di Rumah Sakit dr. Sardjito, Yogyakarta, Prof. Dr. dr. Nyoman Kertia, SpPD-KR, kadar kolesterol tinggi jika melebihi 200 mg/dl, low density lipoprotein (LDL) melebihi 100 mg/dl, trigliserida di atas 150 mg/dl, dan kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) di bawah 40 mg/dl.

Kolesterol yang menempel pada pembuluh darah dan menggumpal (agregasi) atau disebut platelet juga membahayakan. Sebab, platelet memicu aterosklerosis atau lemak mengeras pada pembuluh arteri. Oleh sebab itu, setiap orang wajib mengecek kesehatan minimal 6 bulan sekali. “Kolesterol tinggi memicu pembentukan plak yang menyumbat pembuluh darah. Akibatnya peredaran darah menjadi tidak lancar,” kata Nyoman.

Zuraida dan keponakannya rutin mengonsumsi air seduhan kayu manis.

Zuraida dan keponakannya rutin mengonsumsi air seduhan kayu manis.

Dokter yang memeriksa Zuraida meresepkan obat simvastatin untuk membantu menurunkan kolesterol dan lemak jahat dalam darah. Namun, Zuraida tidak meminumnya. Ia justru memenuhi saran kerabatnya dari Medan dan Aceh untuk meminum air seduhan kulit batang kayumanis. Perempuan kelahiran Medan 69 tahun silam itu merebus 2 batang kayu manis sepanjang 7 – 10 cm setara 100 gram dalam tiga gelas air bersih hingga mendidih.

Baca juga:  Seri Walet (249): Cara Aman Kontrol Hama

Setelah itu ia menyaring dan meminumnya segelas hasil rebusan sebelum makan 2 kali sehari. “Satu gelas pertama untuk pagi, satu gelas lagi untuk sore. Saya sekali minum, tenggak langsung habis,” ujar Zuraida. Ekawati mengonsumi herbal serupa. Perempuan 52 tahun itu minum rebusan kayumanis secara bertahap. “Kalau saya satu gelas satu hari, satu lagi dimasukkan dalam kulkas untuk besoknya,” kata alumnus Universitas Perbankan, Medan itu.

Kembali normal

Makanan berlemak dapat menyebabkan hipertensi dan kolesterol.

Makanan berlemak dapat menyebabkan hipertensi dan kolesterol.

Setelah meminum kayu manis, pegal di tengkuk leher dan punggung Zuraida berangsur menghilang. Demikian juga keluhan lain seperti mata berat. Zuraida dan Ekawati merasa sangat nyaman. “Saya tidak minum obat dokter lagi, minum seduhan kayumanis jika tubuh mulai terasa lelah,” kata Zuraida. Hal itu sejalan dengan hasil pemeriksaan dokter 2 bulan setelah Zuraida rutin mengonsumsi kayumanis.

Kadar kolesterol Zuraida dalam rentang waktu 2 bulan turun, yakni mencapai 190 mg/dl. Adapun kadar kolesterol Ekawati 200 mg/dl. Padahal sebelum mengonsumsi rebusan kayumanis kadar koelsterol perempuan 52 tahun itu mencapai 230 mg/dl. Kondisi Zuraida dan Ekawati yang membaik setelah konsumsi kayumanis itu bukan kebetulan belaka. Itu sejalan dengan riset ilmiah Potensi Anti-Hiperkolesterolemia Ekstrak Cassia Vera karya Fauzan Azima dan rekan, dalam jurnal Teknologi dan Industtri Pangan.

Riset membuktikan bahwa ekstrak cassia vera atau kayu manis mengandung total fenol 62,25%, serta senyawa flavonoid, tanin, dan saponin. Ekstrak cassia vera mampu mencegah terjadinya perlemakan pada hati kelinci uji. Ekstrak cassia vera berpotensi sebagai anti-hiperkolesterolemia karena mampu menurunkan kolesterol total serum dari 443,3 mg/dl menjadi 139 mg/dl.

Prof. Dr. dr. Nyoman Kertia, Sp-Pd-KR  dari RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta.

Prof. Dr. dr. Nyoman Kertia, Sp-Pd-KR dari RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta.

Riset lain yakni Pemanfaatan Minuman Serbuk Instan Kayu Manis (bi.) untuk Menurunkan Kadar Kolesterol Total Darah Pada Tikus Putih oleh Rebecca Vanessa dan rekan dari Universitas Katolik Atmajaya yang menyatakan bahwa pemberian minuman serbuk instan kayu manis selama 7 hari dapat menurunkan kadar kolesterol total darah pada tikus. Konsentrasi minuman serbuk instan kayu manis yang paling banyak menurunkan kadar kolesterol total darah tikus adalah konsentrasi 43,2 mg/5,15 ml, dengan penurunan kolesterol sebanyak 7,8 mg/dl.

Baca juga:  Kecerdasan

Kayumanis atau cinnamon tanaman asli Indonesia yang terbukti berkhasiat. Menurut Herbalis di Bogor, Jawa Barat, Valentina Indrajati, penderita kolesterol dapat menambahkan madu agar khasiat lebih kuat. Kandungan kimia dalam kayu manis adalah sinamaldehide 60-75%, eugenol 66-80%, minyak asiri 0.5-1%,  tanin, kalsium oksalat, damar. Sebagian dari kayu manis yang ditanam secara komersial untuk dijadikan rempah-rempah.

Valentina Indrajati, herbalis di Bogor, Jawa Barat.

Valentina Indrajati, herbalis di Bogor, Jawa Barat.

Efek farmakologis dari kayu manis adalah sebagai penghilang rasa sakit (analgesik), penambah nafsu makan (stomachica), peluruh keringat (diaforetik), serta antirematik. Senyawa cinnaldehyde pada kayu manis memiliki efek untuk mengencerkan darah yang membantu mencegah terjadinya pengumpalan darah sehingga bisa mencegah terjadinya penyumbatan darah, dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga mengurangi risiko terserang stroke. (Marietta Ramadhani)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments