Kandungan dan Manfaat Gula Jawa untuk Ayam Kampung

Gula jawa merupakan salah satu pemanis alami yang terbuat dari air kelapa, aren, maupun tebu. Gula jawa atau gula merah ternyata memiliki banyak manfaat yang dapat membantu tumbuh dan kembangnya ayam kampung. kandungan yang terdapat pada gula jawa meliputi: ( per 100 gram)

    Energi sebanyak 386 kkal

    Protein sebanyak 3 gram

    Karbohidrat 76 gram

    Lemak 10 gram

    Kalsium 76 gram

    Fosfor 37 gram

    Zat besi 37 gram

Berikut beberapa manfaat gula jawa pada ayam kampung.

    Meningkatkan stamina ayam kampung

Pemberian air gula jawa berguna untuk menambah stamina karena kandungan yang terdapat di dalamnya seperti sukrosa dan glukosa.

Air gula jawa juga berfungsi untuk menggantikan energi yang hilang dan bagi ayam baru dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap lingkungan baru.

    Kandungan nutrisi yang melimpah

Gula jawa merupakan salah satu pemanis alami yang mengandung banyak nutriri seperti sukrosa dan glukosa. Kedua nutrisi tersebut berperan dalam mengganti energi yang telah terbuang habis. Sehingga stamina ayam kampung akan semakin meningkat.

    Menambah berat ayam kampung

Selain menambah stamina, gula jawa juga dapat berfungsi sebagai nutrisi penambah berat ayam kampung. Gula jawa bermanfaat untuk menambah nafsu makan pada ayam kampung.

    Mencegah dehidrasi pada ayam kampung

Air gula jawa sangat mudah untuk diserap oleh ayam kampung, shingga dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi dehidrasi.

.. ..

    Mencegah kematian ayam kampung

Biasanya masalah yang sering terjadi pada ayam kampung baru adalah mudahnya terserang berbagai macam penyakit. Para peternak juga kesusahan ketika menghadapi musim hujan tiba karena akan banyak ayam yang mati karena kekurangan energi dan nutrisi.

Untuk mencegah hal tersebut air gula sebaiknya diberikan, selain sebagai obat alami dan mengandung banyak nutrisi, air gula sangat mudah untuk diserap oleh ayam.

Adapun resep atau cara untuk memberikan gula jawa kepada ayam kampung sebagai berikut:

  1. Bahan
      Gula jawa 1 sendok makan

      Air putih 1 gelas

      Lengkuas 1 siung atau sebesar jari

  2. Cara
      Pertama campurkan gula jawa dengan air putih

      Lalu masak hingga mendidih

      Ambil airnya dan berikan kepada ayam sebagai air minum, 1 kali dalam sehari

Meskipun gula jawa memiliki banyak manfaat bagi ayam kampung, namun ternyata ada beberapa hal yang patut untuk diperhatikan dalam memberikan air gula jawa ini. Berikut beberapa hal yang perlu diingat dalam memberikan air gula jawa.

    Pemberian air gula jawa hanya boleh dilakukan 1 kali dalam sehari, waktu yang idela untuk memberikan air gula jawa adalah saat pagi atau sore hari.

    Pemberian air gula jawa tidak boleh dilakukan secara terus menerus. Air gula jawa bersifat sebagai obat sehingga hanya diberikan saat ayam terlihat lemas ataupun saat musim penghujan untuk mencegah ayam menjadi sakit.

    Karena air gula jawa ini akan memiliki aroma yang manis dan mengundang datangnya semut, untuk menghindari hal tersebut maka campurka lengkuas atau bawang putih atau kunyit agar semut tidak masuk ke dala air gula jawa. Usahakan air yang diberikan tidak terdapat semut di dalamnya.

    Jangan memberikan air gula jawa pada musim kemarau karena dapat mengakibatkan ayam kampung menjadi hiperaktif.

Tags: