kacang babi,kacang babi pestisida nabati

Kacang babi pestisida nabati – Tidak semestinya kita hanya tergantung dengan bahan kimia (pestisida) untuk menangkal hama penganggu pada tanaman. Walaupun penggunaan bahan kimia tersebut mampu mengatasi serangan hama, ada baiknya kita mengusahakan penggunaan bahan alami, selain aman untuk tumbuhan serta ekosistem, juga aman untuk diri kita yang mengkonsumsi hasil budidaya dari tumbuhan tersebut.

Mengenal kacang babi

Tumbuhan kacang babi memiliki nama latin Tephrosia vogelii. Tumbuhan ini mempunyai warna polong yang kecoklat-coklatan dan berambut halus yang terlihat seperti kulit babi.

kacang babi,pestisida alami,biopestisida
kacang babi yang sudah tua

Mengutip dari wikipedia, Kacang babi adalah tumbuhan asli dari Afrika. Tinggginya sekitar 0.5-4m, memiliki banyak cabang dan ranting, oleh karena itu tumbuhan ini dapat difungsikan sebagai tanaman yang menaungi dari sinar matahari. Cocok pula digunakan sebagai tanaman pembatas yang ditamam mengelilingi area kebun.

Pertumbuhan tanaman cukup cepat, untuk menjadi tanaman dewasa hanya membutuhkan waktu 3 bulan. Kondisi ideal tumbuhan ini hidup adalah pada suhu antara 12-27ºC. Saat ini tumbuhan kacang babi telah menyebar luas di wilayah tropis dan subtropis dengan ketinggian 0-2.100 mtr. di atas permukaan laut, dengan curah hujan 850-2.700 mm /tahun.

Di Jawa, kacang babi kerap ditanam di perkebunan coklat, kina dan kopi. Tumbuhan kacang babi mudah dibudidayakan di daerah dengan kondisi geografi yang beragam.

Pembuatan kacang babi pestisida nabati

Bagaimana petani sayuran hidroponik mengatasi serangan hama? Berdasarkan artikel dari trubus–online.co.id, para petani di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, Charlie Tjendrapati, meramu kacang babi sebagai pestisida nabati.

Proses pembuatannya ternyata tidak rumit, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menumbuk halus daun kacang babi lalu memasukkannya ke dalam botol berisi air. Petani sejak 2014 itu lantas mengocok botol itu dan mendiamkan selama 12 jam.

Baca juga:  Buah Kebiul Untuk Penderita Gagal Ginjal

Kemudian, ia membuang endapan yang tersisa. Pestisida nabati pun siap pakai. Adapun pehobi hidroponik di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Dadang Supriyadi, memanfaatkan aneka rempah seperti rimpang jahe dan kencur, memfermentasi hingga 2 pekan.

Demikian Informasi mengenai kacang babi sebagai pestisida nabati, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *