Janur bisa ditampilkan dalam beragam warna menggunakan cat semprot

Janur bisa ditampilkan dalam beragam warna menggunakan cat semprot

Kado untuk sang terkasih.

Rangkaian mawar paling banyak diincar pada Februari. Ratu kembang itu memang sohor sebagai bunga lambang kasih sayang. Cindy Suyunus di Jakarta Selatan, misalnya, lazim memberikan rangkaian mawar kepada pasangannya. “Namun, untuk Valentine tahun ini, saya ingin membuat sesuatu yang berbeda,” katanya. Ibu muda itu ingin menghadirkan suasana etnik romantis di rumah. Atas saran Lucia Raras dan drg Novembriati, perangkai bunga di Jakarta Selatan, Cindy memutuskan untuk mempersembahkan rangkaian janur.

Menurut Raras  janur alias daun kelapa muda memiliki sisi cantik, etnik, dan unik. Namun, sebagian orang masih menganggap janur itu kuno. “Selama ini rangkaian janur hanya dijumpai pada acara keagamaan atau pernikahan,” kata Raras. Padahal, dengan sedikit kreasi daun kelapa Cocos nucifera itu bisa tampil modern dan layak dijadikan hadiah untuk kekasih saat perayaan Valentine. Buktinya buket janur hasil rangkaian Raras dan Novembriati tak kalah indah dengan buket mawar.

 

Buket janur cantik karya Lucia Raras dan drg Novembriati

Buket janur cantik karya Lucia Raras dan drg Novembriati

Bentuk hati

Untuk membuat rangkaian janur, mula-mula mereka memilin 3 helai janur hingga menyerupai cambuk. Selanjutnya mereka menyiapkan rangka dari pelat besi berbentuk bundar dan bertangkai. Sebuah floral foam diletakkan di atas rangka sebagai media untuk meletakkan bunga. Berikutnya mereka memasang tiga cambuk janur melingkari rangka. Untuk menutup floral foam, mereka menancapkan celosia merah, mawar putih, dan silver dust.

Agar kesan Valentine semakin kental, mereka menambahkan aksen berbentuk hati dari janur bentuk cambuk tepat di atas rangkaian. Selain buket, janur juga dapat menjelma menjadi rangkaian penghias sudut ruang atau hantaran. “Cara membuatnya pun sangat mudah sebab teknik yang digunakan tidak rumit,” kata Raras. Untuk rangkaian penghias ruang, siapkan saja vas kaca setinggi 50 cm lalu tempelkan potongan daun bambu kering menutup permukaan vas.

Baca juga:  Kucing Warisan Viking

Berikutnya, timpa kembali potongan daun bambu kering itu dengan potongan-potongan janur berbentuk persegi. Selanjutnya letakkan floral foam di lubang vas dan hias dengan mawar merah, mawar merah muda, celosia merah, aglaonema, dan baby’s breath. Untuk pusat rangkaian letakkan bentuk hati dari rangka bambu yang dihias dengan jalinan janur.

Paduan snapdragon, gomprena, dan janur memberikan kesan ayu dan luwes

Paduan snapdragon, gomprena, dan janur memberikan kesan ayu dan luwes

Menurut ketua Lembaga Sertifikasi Kompetensi Seni Merangkai Bunga dan Desain Flora National Framework Qualification, Teresa M. Inneke Turangan AIFD CFD, untuk membuat rangkaian janur memang butuh ketelitian dan kesabaran. Musababnya, bila kehadiran janur di sebuah rangkaian hanya berupa helaian tentu kurang indah. “Oleh karena itu, perangkai harus mengeksplorasi janur menjadi beragam bentuk yang menarik seperti cambuk, keris, piramida, ulat, atau burung,” kata Inneke.

 

Aneka bentuk

Rangkaian untuk meja karya Inneke yang didominasi warna hijau semakin memesona dengan hiasan janur berbentuk ulat yang melingkar di bagian bawah rangkaian. Inneke memadukan warna dingin janur dan daun andong hijau dengan warna hangat celosia merah, asoka merah, mawar merah muda,  dan mawar merah. Rangkaian lain yang berbentuk hati dari susunan aster puma merah muda pun semakin unik dengan hiasan sepasang burung yang terbuat dari janur.

Padu padan janur dengan snapdragon dan gomprena juga cocok sebagai teman untuk melewati hari kasih sayang. Inneke membuat rangkaian seperti itu di sebuah vas kaca bening dan menempatkannya di sudut ruangan. Kombinasi ketiga bahan itu mampu menampilkan kesan ayu, luwes, dan alami. Sementara dominasi warna merah muda menyuguhkan ciri khas Valentine.

Rangkaian menjadi semakin ciamik dengan hadirnya sepasang burung dari anyaman janur

Rangkaian menjadi semakin ciamik dengan hadirnya sepasang burung dari anyaman janur

Inneke menuturkan meski dapat dikreasikan menjadi beragam rangkaian, janur mempunyai satu kelemahan yakni cepat berubah warna dalam seminggu. Untuk mengakalinya  gunakan saja cat semprot saat rangkaian janur mulai berwarna cokelat. “Pilihan lain yang bisa diambil adalah mewarnai janur sejak awal pembuatan rangkaian,” kata Inneke. Dengan cara itu janur dapat dikreasikan menjadi beragam warna dan lebih awet.

Baca juga:  Pasar Besar Kopi

Inneke memperlihatkan dominan merah pada rangkaian Valentine. Lantaran ingin menyelaraskan warna janur dengan materi lain yakni mawar merah dan daun andong merah, pengajar di Newline Floral Education Centre itu menyemprotkan cat semprot merah pada janur berbentuk keris dan piramida. Inneke melengkungkan dua janur bentuk keris di bagian belakang rangkaian hingga menyerupai bentuk hati. Sementara janur bentuk piramida ia letakkan di bagian bawah bersama dengan andong merah. Dengan begitu rangkaian menjadi ciamik dan cocok untuk menemani di hari penuh cinta. (Andari Titisari)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d