580-H090-1

Propolis dan polen bercampur secara alami dalam madu trigona.

Konsumsi madu trigona membantu mengatasi kista dan memperbaiki kesehatan organ reproduksi.

Hari bahagia Tri Mulyanto dan Nurul Farida menjadi raja dan ratu sehari sudah lewat. Kini mereka mendamba kehadiran buah hati untuk melengkapi keluarga kecil itu. Beberapa bulan setelah itu, mereka mengunjungi dokter spesialis obstetri dan ginekologi. Sang dokter menyatakan mereka berdua sehat dan hanya perlu bersabar menanti kehamilan. Namun, hingga setahun berlalu, janin tak kunjung tumbuh di rahim Nurul.

Pada Februari 2017, pemeriksaan rutin menyingkap hal mengejutkan. Kista berdiameter sekitar 5 cm tumbuh di indung telur kiri Nurul. “Ukurannya tergolong kecil sehingga dokter menyarankan pengobatan, tidak sampai operasi,” ujar Tri Mulyanto. Dokter lantas meresepkan obat untuk Nurul selama sebulan. Lantaran masih tergolong kecil, Nurul tidak sampai merasakan nyeri.

Kantong berongga

Kista berasal dari bahasa Yunani kustis yang artinya kantong berongga. “Sebagian besar kista tidak berbahaya dan hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan apa pun,” kata spesialis kandungan dan kebidanan di Sidoarjo, Jawa Timur, dr. Kerry Ramlan Kartosen SpOG. Namun, dalam beberapa kasus kista dapat memicu masalah yang lebih serius.

Kista di rahim, misalnya, menyebabkan nyeri saat haid, kista pecah, perdarahan, bahkan kanker. Benjolan kista bisa tumbuh dalam rahim tanpa gejala maupun rasa nyeri. Namun, gejala yang paling sering dirasakan pengidapnya antara lain perut terasa penuh seperti tertekan atau rasa nyeri saat berhubungan intim.

580-H090-2

Konsumsi madu trigona mengantarkan calon bayi bagi Nurul Farida dan Tri Mulyanto.

Gejala lain berupa tertundanya proses pelepasan sel telur saat ovulasi sehingga siklus haid menjadi tidak teratur. Menurut dokter alumnus Universitas Airlangga itu faktor pemicu kista belum diketahui sehingga mempersulit pencegahan. Dalam beberapa kasus, kista ovarium bisa bermutasi menjadi kanker rahim. Hingga saat ini, kalangan medis masih memperdebatkan penyebab atau pemicu mutasi itu.

Baca juga:  Buah Merah Papua Kini Berbuah di Kediri

Tak urung adanya kista itu menyebabkan siklus haid terlambat atau lebih cepat 1—2 hari. Pasangan Tri Mulyanto dan Nurul Farida kemudian berupaya mencari pengobatan alternatif. Mereka sempat berkonsultasi di salah satu klink herbal di Kota Semarang, Jawa Tengah. Herbalis memberi herbal. Namun, setelah konsumsi herbal habis, Nurul tidak merasakan perubahan. Ia lantas melakoni pemijatan. Dalam sebulan, bungsu dari 3 bersaudara itu bisa 2 kali dipijat.

Demi memperoleh buah hati, pasangan itu sampai mendatangi pemijat di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, dengan berboncengan sepeda motor. Waktu tempuh Semarang—Blora 4 jam. Sayang, Nurul lagi-lagi tidak merasakan perbaikan. Untuk mempercepat kesembuhan sang istri, Tri menganjurkan Nurul berhenti bekerja. Sebelumnya Nurul menjadi ujung tombak penjualan salah satu produk keperluan rumah tangga. Pekerjaan itu menuntut kondisi fisik yang prima lantaran ia sering harus berpindah-pindah lokasi.

Setelah didiagnosis kista, ia berhenti bekerja lalu berbisnis kecil-kecilan di rumah. Ia juga mulai rutin mengonsumsi madu klanceng atau trigona. Pegiat budidaya trigona di Wonogiri, Jawa Tengah, Warsino, meracik madu klanceng Tetragonula sp. dari Sulawesi Selatan. “Secara alami, madu klanceng mengandung polen dan propolis. Namun, perbandingannya tidak tetap, tergantung jumlah yang mereka kumpulkan saat itu,” ujar Warsino. Untuk meningkatkan khasiat, ia menambahkan bubuk kayumanis Cinnamomum cassia.

580-H091-1

Kayumanis meningkatkan kesehatan organ reproduksi perempuan.

Perbaikan organ

Warsino memang meracik madu khusus untuk pasangan suami istri yang menginginkan keturunan. Selama ini madu memang berkhasiat meningkatkan stamina dan memperbaiki kesehatan. Warsino menambahkan kayumanis untuk memperbaiki kesehatan organ reproduksi kaum perempuan. oleh Penganjur herbal bersertifikat di Birthingway College of Midwifery, Portland, Amerika Serikat, Dalene Barton, menyatakan bahwa kayumanis berkhasiat meningkatkan kesehatan organ reproduksi kaum hawa.

Baca juga:  Raja Buah Tanpa Aroma

Dalene rutin menggunakan kayumanis untuk perempuan yang mengalami masalah rahim, terutama yang berhubungan dengan pendarahan ketika menstruasi. Dalam buku The Clinician’s Handbook of Natural Medicine, pendiri Bastyr University di Washington dan San Diego, Amerika Serikat, Joseph E Pizzorno menulis kayumanis berkhasiat memperbaiki kesehatan rahim dan indung telur sehingga memperlancar produksi sel telur. Kayumanis memperlancar pembentukan hormon 17-betaestradiol, sitokin, dan progesteron.

580-H091-2

Pegiat budidaya trigona, Warsino, meracik madu untuk pasangan suami istri.

Nurul minum 1 sendok makan madu trigona itu pagi setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur. Rasanya lebih asam ketimbang madu yang banyak dijual di toko modern atau apotek. Karena pada dasarnya Nurul menyukai rasa masam, ia nyaman mengonsumsi madu itu. Tri juga mengonsumsi madu itu dengan dosis sama seperti sang istri. Namun, karena kerap bertugas ke luar kota, Tri kadang-kadang lupa minum madu.

Ketika memeriksakan kondisi pada Agustus 2017, pasangan muda itu terkejut sekaligus gembira. Dokter menyatakan indung telur Nurul bersih dari kista. Kegembiraan mereka berlanjut ketika pada Oktober 2017, haid Nurul terhenti. Saat memeriksakan diri, dokter menyatakan perempuan 28 tahun itu hamil 2 pekan. Menurut dokter penganjur madu dan terapi lebah di Jakarta, dr. Hafuan Lutfie, madu berkhasiat memperbaiki kinerja seluruh organ tubuh.

580-H091-3

Peternak di Luwu Utara, Sulawesi Selatan, memelihara lebah trigona dalam kotak bernama bendala.

Hasilnya metabolisme meningkat dan tubuh menjadi lebih bugar. Namun, Hafuan menekankan bahwa madu bukan obat. Jika mengidap penyakit, ia menganjurkan pasien menjalani pengobatan sesuai anjuran dokter sembari mengonsumsi madu sebagai pelengkap.Terbukti, madu dari lebah tanpa sengat membantu mengantarkan calon buah hati ke tengah-tengah Nurul Farida dan Tri Mulyanto. (Argohartono Arie Raharjo)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d