Udang pisang, salah satu potensi perikanan lokal asal Aceh.

Udang pisang, salah satu potensi perikanan lokal asal Aceh.

Aneka inovasi bidang kelautan dan perikanan di ekshibisi 4 tahunan.

Padi di sawah 60 m² itu serempak mengeluarkan malai. Uniknya, hamparan Oryza sativa seperti tumbuh di tengah kolam. Pasalnya, air menggenang menyebabkan pangkal batang padi tak tampak lagi. Jarak dari pematang ke tanaman padi juga tergolong lebar, yakni mencapai 1 m, lazimnya 30—40 cm. Di antara pematang dan tanaman padi itu tampak nila merah berenang ke sana kemari.

Pemandangan itu Trubus saksikan saat berkunjung ke area Expo Aquaculture pada ajang Pekan Nasional (Penas) Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) XV 2017 di Kota Bandaaceh, Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Menurut petugas pameran, Mohammad Aji Urohim, penanaman padi bersama nila merah itu contoh budidaya minapadi yang tengah digalakkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Tingkatkan produksi

Minapadi, salah satu inovasi budidaya tanaman padi yang dikombinasikan dengan budidaya ikan.

Minapadi, salah satu inovasi budidaya tanaman padi yang dikombinasikan dengan budidaya ikan.

Direktur Produksi dan Usaha Budidaya, Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya, KKP, Ir. Balok Budiyanto, M.M., mendorong minapadi karena meningkatkan produktivitas sawah. Selain memperoleh hasil panen berupa padi, petani juga dapat menghasilkan ikan atau udang. “Usaha ini meningkatkan pendapatan petani. Dengan begitu diharapkan dapat mencegah alih fungsi lahan sawah dan urbanisasi,” tuturnya.

Dalam budidaya minapadi petani secara tidak langsung menerapkan upaya pengendalian hama terpadu (PHT). Ikan membantu memangsa hama padi dan gulma kecil. Minapadi juga meningkatkan efisiensi penggunaan pupuk dan air. Kotoran ikan dan sisa pakan sumber pupuk organik tambahan bagi tanaman padi.

Baca juga:  Peluang Moringa

Berdasarkan hasil riset Balai Besar Penelitian Tanaman Padi di Kabupaten Subang, Jawa Barat, limbah ikan itu menghemat pupuk 20—30%. Dalam minapadi Oryza sativa ditanam dengan cara jajar legowo 2:1 karena memberikan ruang yang luas bagi pertumbuhan ikan. Teknik itu juga meningkatkan produktivitas padi. Berdasarkan hasil penelitian, teknik budidaya itu meningkatkan produksi padi 12—22%.

Minapadi hanya salah satu inovasi yang dipamerkan di arena Expo Aquaculture. Di pameran yang digelar di salah satu area Gelar Teknologi Penas KTNA XV 2017 itu KKP juga menampilkan penelitian tepat guna dan inovasi yang dihasilkan oleh setiap unit kerja. Salah satunya contoh tambak mini untuk budidaya udang (baca Vannamei di Kolam Mini, halaman 70—71) yang disajikan Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri (SUPMN) Ladong di Acehbesar, NAD.

Pembenihan nila sistem corong.

Minapadi, salah satu inovasi budidaya tanaman padi yang dikombinasikan dengan budidaya ikan.

Pada pameran itu Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Ujungbatee, Bandaaceh, memamerkan udang lokal Aceh, yaitu udang pisang. Menurut peneliti BPBAP Ujungbatee, Ahmad Supriatna, S.St.Pi., udang pisang secara morfologis sekerabat dengan udang windu. Udang pisang muncul secara musiman di pesisir barat Aceh dari Lamno hingga Aceh selatan. BPBAP telah berhasil melakukan pembenihan udang pisang. Para peternak di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh Besar dan Aceh Jaya telah membudidayakan udang anggota famili Penaidae itu.

Pada ajang itu Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya, menyajikan inovasi kombinasi teknik budidaya lele sistem bioflok dengan yumina alias akuaponik. Teknik budidaya lele sistem bioflok mampu meningkatkan jumlah panen hingga 8 kali lipat. Kombinasi dengan akuaponik membuat peternak memperoleh tambahan pendapatan dari hasil panen sayuran (baca: Akuaponik Bioflok: Panen Lele Naik 8 Kali Lipat, halaman 66—69).

Baca juga:  Sigit Krisyanto: Brigadir di Ladang Butternut

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Zulfikar Muchtar, mengatakan pameran sarana untuk berbagi informasi dan teknologi kepada para pelaku perikanan. Dalam pameran itu KKP juga menyelenggarakan 32 acara klinik konsultansi. (Imam Wiguna)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d