Informasi Lengkap Jenis, dan Manfaat Bunga Kamboja

Apa yang terlintas dibenak Anda ketika mendengar nama bunga kamboja? Sebagian orang mungkin akan merasa takut atau merinding, ya bunga ini memang tanaman yang sering dijumpai di sekitar pemakaman. Tetapi tahukah Anda sebenarnya ada beberapa jenis bunga kamboja yang bisa dijadikan sebagai tanaman hias, salah satunya bunga kamboja Jepang.

Ya, bunga kamboja merupakan salah satu jenis tanaman hias bunga yang banyak digemari di Indonesia karena memiliki bentuk yang cantik dan menawan. Warna yang dihasilkan dari bunga ini juga beragam tergantung dari jenisnya. Selain itu bunga kamboja juga memiliki aroma khas yang harum seperti bunga mawar.

Bunga kamboja ini bukanlah tanaman asli Indonesia, tanaman ini berasal dari negara Amerika, Asia Barat, serta Afrika. Jenis tanaman hias ini merupakan tanaman yang tahan banting dan tahan terhadap perubahan cuaca. Bunga kamboja merupakan tanaman yang bisa hidup hingga ratusan tahun.

Jenis- Jenis Bunga Kamboja

Jenis Bunga Kamboja

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa tanaman ini memiliki beberapa jenis. Setiap jenis mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, bahkan sebagian mempunyai warna bunga yang berbeda.

Perbedaan lainnya bisa dilihat pada bentuk bunganya, ada yang memiliki mahkota bunga bertumpuk, ada juga yang mahkota bunganya menggulung. Selain itu ada bunga yang mempunyai aroma harum tetapi ada juga yang tidak mempunyai aroma. Berikut adalah beberapa jenis bunga kamboja yang sering dijumpai di Indonesia.

Adenium Obesum

Jenis bunga kamboja ini sering disebut dengan nama desert rose atau karoo rose, tanaman ini banyak ditemukan di daerah timur Afirika dan bagian Selatan Arabia. Saat ini bunga kamboja jenis ini sudah banyak dijumpai di Indonesia.

Di habitat aslinya tumbuhan ini tumbuh menyemak, ukuran pohonnya bisa sampai 10-12 meter. Sedangkan di Indonesia ukuran bunga kamboja ini cukup pendek yakni 1-2 meter saja. Warna bunga cenderung berwarna merah di tepi petal dan putih di tengah, dari spesies ini ditemukan beberapa varian.

.. ..

Adenium multiflorum

Tanaman ini bisa bertahan pada lingkungan yang dingin dan kering. Bunga kamboja yang kedua ini memiliki bentuk bunga yang paling indah dibandingkan dengan jenis yang lain. Bunga berbentuk bintang dengan warna merah tua di bagian petal, dan putih atau merah cerah di tengah-tengah petal.

Ukuran bunganya tidak jauh berbeda dengan ukuran jenis adenium lain sekitar 6-7 cm. Meskipun berbunga hanya satu tahun sekali tetapi tanaman ini akan terus berbunga dalam kurun waktu cukup lama yakni 2-4 bulan.

Adenium swazicum

Dari semua jenis bunga kamboja, jenis ini termasuk yang paling mudah untuk dibudidayakan. Anda bisa menanamnya dengan cara mencangkok ataupun hanya dengan menanam bijinya. Kekurangan dari jenis swazium adalah pertumbuhan yang lambat sehingga butuh waktu yang cukup lama untuk bisa berbunga.

Warna daun hijau cerah dengan sedikit bulu pada permukaannya. Sedangkan warna bunganya cenderung berwarna merah muda cerah. Pada saat musim gugur tanaman ini menggugurkan semua daunnya akan berjatuhan, dan ketika tiba musim semi baru akan tumbuh tunas-tunas baru.

Adenium boehmianum

Spesies ini banyak tumbuh di daerah bebatuan. Tanaman ini mempunyai ciri khusus yakni mempunyai banyak cabang serta batangnya bisa tumbuh sampai 10 meter. Kamboja jenis ini banyak dijumpai di negara Anggola Selatan. Bentuk bunganya sama dengan kamboja jenis Adenium swazicum.

Bunga kamboja jenis ini berwarna merah muda dengan corak warna ungu. Masa berbunga tanaman ini tidaklah panjang hanya sekitar 1-2 minggu saja, ditambah pertumbuhan yang lambat membuat bunga ini jarak dijadikan sebagai tanaman hias.

Tags: