Ikan Cupang Berkelir Koi

Ikan cupang hias varian fancy dan koi berwarna semarak sehingga memikat para pehobi.

Sosok tubuh ikan itu cupang hias Betta splendens. Namun, motif warna tubuh tampak indah seperti koi Cyprinus carpio. Ciri khas warna koi terdiri dari 3 warna: putih, merah, dan hitam. Itulah sebabnya para pehobi cupang menyebut ikan itu cupang koi.

Contohnya cupang plakat milik pehobi asal Kota Bandung, Jawa Barat, Ferry Luhur, yang bercorak seperti koi jenis taisho shansoku. “Saya juga punya varian motif koi lain yang unik,” katanya.

Menurut Ferry para pehobi pemula menyukai cupang bermotif koi karena warnanya yang semarak. Cupang lain yang warnanya menarik adalah fancy.

Ferry menuturkan, sebutan fancy untuk cupang yang memiliki 3 warna atau lebih dengan warna gelap dan terang yang kontras. Menurut pehobi dan penangkar cupang di Jakarta, Edi Sudrajat, selain motif, yang membedakan varian koi dan fancy adalah letak warnanya.

Gen marbling

Edi Sudrajat mengatakan, “Varian koi warna dominan terletak pada kulit, sedangkan fancy dominan pada sisik dan berwarna metalik.” Sayangnya pola warna pada cupang koi dan fancy bisa berubah seiring bertambahnya umur.

“Bisa jadi saat muda warna dasarnya hijau. Sesudah dewasa warnanya pecah menjadi beberapa warna,” kata Ferry. Pria asal Kota Cirebon, Jawa Barat, itu menyebutkan perubahan warna itu dipengaruhi oleh gen marbling.

Cupang fancy milik Azis Fauzi, terdiri lebih dari 3 warna berwarna kontras.

Cupang fancy milik Azis Fauzi, terdiri lebih dari 3 warna berwarna kontras.

“Kehadiran gen marbling berakibat pada transformasi warna ikan. Sayangnya, perubahan itu cenderung tidak stabil dan tidak dapat diprediksi,” kata alumnus Magister Bioteknologi, Institut Teknologi Bandung (ITB) itu.

Menurut pehobi dan penangkar cupang di Kota Bogor, Jawa Barat, Azis Fauzi, sulit untuk menghasilkan anakan cupang koi dengan motif yang diinginkan.

Namun, berdasarkan pengalamannya, jika ingin menghasilkan cupang berwarna kombinasi merah, kuning, dan jingga, pilihlah jantan dan betina varian fancy berwarna jingga.

“Tapi hasil persilangan itu tidak menentu. Itulah sensasi menangkarkan varian fancy dan koi,” kata Ozi—panggilan akrab Azis Fauzi. Jika hasil tangkaran bermotif sangat bagus, harganya bisa melonjak. Contohnya cupang bermotif bendera nasional suatu negara bisa laku hingga puluhan juta rupiah.

Azis Fauzi (tengah) dan rekan forum cupang Bogor.

Azis Fauzi (tengah) dan rekan forum cupang Bogor.

Ozi menuturkan, “Cupang motif koi dan fancy paling banyak berubah warna 3 kali selama masa hidupnya. Warna baru stabil pada umur 6—7 bulan.” Menurut Edi, cupang jenis koi dan fancy baru memiliki warna permanen pada umur 8 bulan. Menurut Ferry varian koi dan fancy yang muncul 10 tahun belakangan ini lahir dari perjalanan panjang. Salah satunya timbul akibat kawin sedarah sehingga gen jenuh dan timbul warna atau pola baru.

Warna dan pola baru itu dikembangkan lebih jauh dengan prinsip selective breeding berulang-ulang hingga tercipta varian koi dan fancy. “Salah satu varian awal yang memiliki aneka warna adalah jenis cupang blantong,” kata pehobi sejak 2014 itu.

Asli Indonesia

Ferry mengatakan perawatan mempengaruhi kecepatan perubahan warna pada cupang koi dan fancy. Agar warna ikan optimal, pehobi yang juga mengekspor cupang ke Filipina dan Singapura itu menambahkan daun ketapang untuk menurunkan pH. “Pada pH sekitar 6,8 dapat merangsang warna ikan lebih optimal,” katanya. Ozi berpendapat serupa. Ia menggunakan daun ketapang untuk merangsang warna agar optimal.

Tags:
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x