Hyacinth asal Turki tumbuh di Pekanbaru, Riau.

Hyacinth asal Turki tumbuh di Pekanbaru, Riau.

Bunga indah dan harum membuat pehobi jatuh hati pada hyacinth.

Orang yang lewat di depan rumah Dian Widiasih acap kali menengok ke halaman. Sosok hyacinth yang tumbuh di halaman mencuri perhatian. Betapa tidak, sosok tanaman itu amat seronok. Warna-warni bunga seperti merah jambu, putih, merah marun amat eksotis. Sudah cantik, hyacinth menebarkan aroma wangi pula. Rumah Dian bukan di dataran tinggi. Ibu 1 orang anak itu tinggal di Pekanbaru, Provinsi Riau, yang relatif panas. Suhu harian di sana rata-rata 28°C.

Media lain seperti air dapat digunakan saat cold treatment.

Media lain seperti air dapat digunakan saat cold treatment.

Keruan saja kondisi itu amat kontras bagi hyacinth. Tanaman hias anggota famili Hyacinthaceae itu berasal dari Turki selatan yang subtropis. Bagi kebanyakan orang membungakan hyacinth di Indonesia tergolong sulit. Bagi Dian Widiasih hal itu malah jadi pemacu semangat. Pehobi tanaman hias itu jatuh hati pada hyacinth ketika menghadiri sebuah acara di Turki pada 2016. Saat itu Dian melihat sosok cantik hyacinth dan mencium aroma wanginya.

Eksperimen
“Di Indonesia bunga ini belum pernah saya lihat,” kata Dian. Ia memboyong tujuh umbi hyacinth ke Pekanbaru. “Saya begitu bersemangat membuktikan hyancinth bisa berbunga di Pekanbaru,” kata pehobi tanaman hias sejak 2012 itu. Dengan jam terbang tinggi, memelihara tanaman bukanlah hal sulit. Meski demikian, “Saya setengah mati mempelajari hyancinth,” ujar Dian. Ia melakukan berbagai cara agar hyacinth bisa beradaptasi di Indonesia. Dari sekadar belajar lewat literatur sampai berkorespodensi dengan sejumlah pakar di dunia.

Perlakuan dingin merupakan kunci utama untuk membungakan hyacinth di Indonesia.

Perlakuan dingin merupakan kunci utama untuk membungakan hyacinth di Indonesia.

Sayangnya umbi hyacinth tak kunjung berbunga di Pekanbaru. Padahal ia merawat hyacinth itu secara rutin. Penyiraman dilakukan sekali setiap hari. Dian bereksperimen itu meniru pengalaman sejumlah nurseri di Turki. Caranya cukup sederhana dan tak membutuhkan metode serta peralatan canggih (baca boks: Rangsang Hyancinth Berbunga). Hasilnya juga memuaskan. Setelah beberapa waktu, umbi mulai membesar dan kini telah berbunga lagi.

Baca juga:  Palem Roti Asal Biji

Merawat hyacinth tak cukup hanya menyiram. Ada sederet syarat agar tanaman subtropis itu mau berbunga di negara tropis. Di beberapa negara yang mengembangkan, seperti Turki, Belgia, dan Belanda ada teknik khusus untuk memaksanya berbunga. “Setelah tanaman siap berbunga, mereka melakukan trik meniru alam,” ujar Dian. Menurut Dian hyacinth akan berbunga bila suhu ideal 20– 25°C. Kunci merawat dan membungakan hyacinth terletak pada perlakuan dingin dan pemupukan.

Dengan perawatan intesif, hyacinth tanaman subtropis dapat berbunga di Indonesia yang tropis.

Dengan perawatan intesif, hyacinth tanaman subtropis dapat berbunga di Indonesia yang tropis.

Hyacinth lebih menyukai tanah masam, ber-pH 4,5—5. Beberapa jenis media yang bisa dipilih yakni humus atau daun pakis. Di samping bersifat masam, humus bisa meningkatkan pembungaan. Media perlu diganti minimal dua kali setahun. Pehobi tanaman hias di Kelapagading, Jakarta Utara, Steven Pratama, menggunakan sabut kepala sebagai media tanam. Sebab, tanah dan sphagnum moss di daerah panas cepat lapuk karena menyimpan air.

Akibatnya tanaman mudah terserang penyakit. Sabut kelapa mudah melewatkan air siraman. Limbah kelapa itu direndam di air untuk menghilangkan kandungan tanin yang meracuni tanaman. Saat mengganti media, usahakan akar bebas dari sphagnum moss. Caranya, keluarkan tanaman dari dalam pot, lalu cungkil akar satu per satu. Setelah itu letakkan di tempat yang ternaungi 60— 75% dengan kelembapan 70%.

Cara rawat
Lakukan penyiraman seperlunya. Artinya, tanaman tak perlu disiram setiap hari, tetapi tergantung kebutuhan. Hal itu bisa diketahui dengan cara memegang media. Bila media basah, jangan siram saat itu. Tunggu hingga sedikit mengering. Frekuensi penyiraman biasanya 1—3 kali sepekan. Lakukan penyiraman sebelum matahari bersinar. Bila penyiraman dibarengi pemupukan lakukan per 2 hari atau paling lama per pekan.

Hyacinth tumbuh indah di taman Turki.

Hyacinth tumbuh indah di taman Turki.

Agar kesehatan pulih, gunakan pupuk dengan komposisi N : P : K seimbang, misal 20 : 20 : 20. Konsentrasi pupuk 1 sendok makan (setara 15 g) untuk 5 liter air. Diberikan rutin ke media tanam setiap pekan sekali. Di samping pupuk itu, tambahkan pupuk buatan khusus bunga. Misalnya Growmore, Vitabloom, Gandasil, atau Supergro setiap 2 pekan berkonsentrasi 1 sendok teh per 2 liter air. Semprotkan pupuk itu ke daun.

Baca juga:  Hari Indah Kian Berkesan

Steven memberikan pupuk organik menjelang siang, sekitar pukul 11.00 dengan konsentrasi 2 ml/l air. Pupuk organik itu dapat dicampur dengan pupuk kimia yang mengandung P lebih tinggi dibandingkan K dan N, misal 6 : 30 : 10. Minimal kandungan fosfor 15%. Berikan secara intensif 1 kali sehari dengan dosis sama dengan sebelumnya. Untuk menambah kesegaran tanaman, campurkan Vitamin B1 dengan pupuk organik 2 ml per l air, seperti Top Soil dan Vit B1.

Bunga hias hyacinth bertahan 13 hari setelah mekar.

Bunga hias hyacinth bertahan 13 hari setelah mekar.

Campur dengan pupuk kimia 2 g/l air. Contohnya Growmore, Hyponex, dan Gandasil. Kalau daun kurang hijau, tambah air sampai menjadi 2 liter. Itu dilakukan selama 3 bulan. Meski tanpa bunga, tanaman tetap menarik karena daun hijau dan sehat. Letakkan tanaman di tempat yang lembap dan dingin agar dapat tumbuh optimum seperti di negara asal. Hyacinth akan tahan berbunga hingga 13 hari setelah mekar.

Terkadang umbi yang sudah dorman masih belum siap berbunga. Kasus itu terjadi terutama bila umbi masih kecil. Bila demikian, biarkan tanaman tumbuh terus selama bebeberapa minggu. Tunggu umbi sampai ukuran cukup besar dan siap dibungakan. (Tiffani Dias Anggraeni)

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d