Insan Maulana, memasok tanaman hias air untuk ekspor sejak 1998.

Insan Maulana, memasok tanaman hias air untuk ekspor sejak 1998.

Untuk memperoleh laba tinggi, pekebun harus membudidayakan tanaman hias air di lahan yang lebih luas.

Harga jual tanaman hias air memang sangat murah. Di tingkat pekebun, harga tanaman hias air Cabomba sp. Misalnya, hanya Rp100 per batang. Jika pembelian dalam jumlah besar, harga menjadi Rp50—Rp70 per batang. Meski berharga murah, para pemain tanaman hias air dapat meraup omzet tinggi karena volume penjualannya sangat banyak. Insan Maulana, pemasok tanaman hias air untuk para eksportir di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mampu memasok 3-juta—5-juta batang tanaman hias air per bulan.

Dengan volume penjualan itu, ia mampu meraup omzet hingga Rp100-juta per bulan dengan keuntungan minimal Rp25-juta per bulan. Menurut Insan untuk memperoleh omzet tinggi, ia menyarankan untuk membudidayakan tanaman hias air di lahan yang cukup luas, misalnya 4.000 m2, dan jenis tanaman air yang ditanam harus beragam. “Selain membudidayakan tanaman yang paling banyak diminta pasar, tapi juga tetap menyediakan tanaman yang permintaannya sedikit, tapi nilainya tinggi, seperti jenis Bucephalandra sp yang tergolong langka,” ujar pemilik Aqua Plants Indonesia (Aquaplantindo). Dengan begitu dapat membantu meningkatkan keuntungan. (Imam Wiguna)

Asumsi:

  1. Luas lahan budidaya seluas 4.000 m2
  2. Lahan yang digunakan adalah lahan sewa
  3. Analisis usaha dihitung dalam jangka waktu usaha 5 tahun.
  4. Tanaman hias air dijual dalam bentuk paket. Untuk jenis tanaman tertentu satu paket tanaman bisa terdiri atas 10 batang.
  5. Harga jual rata-rata tanaman hias air Rp1.750 per paket tanaman.

laba-tanaman-air1

laba-tanaman-air2

Tags: analisa usaha tanaman air, bisnis tanaman air

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d