Hitung Laba Moringa 1

Pages from Edisi April 2018 Highrest 14-1Pekebun moringa idealnya juga memiliki sarana pengolahan sendiri mulai dari pengeringan hingga hasil akhir berupa tepung daun.

Pekebun moringa di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Felix Bram Samora, membangun sarana pengeringan di dekat lokasi kebun. Ia menggelontorkan investasi demi menghasilkan aneka olahan daun moringa berkualitas tinggi. Menurut produsen tepung daun moringa di Kabupaten Blora, Ir. Ai Dudi Krisnadi, daun kelor harus segera diolah maksimal 4 jam setelah panen.

Menurut pemilik PT Moringa Organik Indonesia itu jika lebih dari 4 jam maka daun moringa akan terfermentasi sehingga mengurangi kandungan nutrisi. Dudi menuturkan sebetulnya bisa saja pengeringan daun dengan cara menjemur hasil panen di bawah sinar matahari. Namun, hal itu berisiko menyebabkan pemanasan terlalu tinggi akibat sinar matahari yang terlalu terik.

Dudi mengatakan, “Pemanasan terlalu tinggi dikhawatirkan merusak kandungan nutrisi.” Itulah sebabnya selama pengeringan Dudi membatasi suhu maksimal 35oC. Sumber panas berasal dari lampu halogen yang dipasang di beberapa titik dalam ruangan. Pada suhu itu proses pengeringan memang berjalan lambat. Daun moringa atau kelor kering setelah pengeringan selama 3 hari.

Meski begitu kandungan nutrisi pada daun moringa tetap terjaga. Itu terbukti pada hasil uji laboratorium yang menunjukkan kandungan asam amino yang masih lengkap (baca Menjaga Nutrisi Moringa halaman 18—19). Pengeringan di lahan terbuka juga dikhawatirkan mengurangi higienitas daun moringa. Oleh sebab itu Dudi menyarankan, jika hendak membudidayakan moringa pekebun idealnya membangun sarana pengeringan di sekitar kebun.

Menurut Bram dengan hanya mengeringkan daun moringa, pekebun bisa menjual olahan daun berupa teh daun moringa. Cukup kemas daun moringa dalam kemasan plastik. Jika ingin membuat seduhan celup daun moringa, giling daun lalu masukkan ke dalam kantong teh celup dan kemas dalam kantong aluminium foil. Untuk menggiling daun moringa itu tentu saja harus mengeluarkan biaya investasi tambahan untuk membeli mesin penggiling. (Imam Wiguna)

Pages from Edisi April 2018 Highrest 15

Pages from Edisi April 2018 Highrest 16

Tags: laba moringa, majalah pertanian, majalah trubus, pengusaha sukses, pengusaha taman, petani, trubus

Baca juga:  Santan Seteru Asam Urat

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments