Hitung Laba Lele 1
Waktu pemeliharaan lele mutiara hanya 45—54 hari dari benih ukuran 7—8 cm

Waktu pemeliharaan lele mutiara hanya 45—54 hari dari benih ukuran 7—8 cm

Untung Rp7-juta per siklus pembesaran.

Muhamad Soleh merasakan betul laba beternak lele. Peternak di Cilodong, Kotamadya Depok, Jawa Barat, itu menekuni bisnis ikan kalang—sebutan lele di Sumatera Barat—sejak 2001. Soleh membudidayakan lele di 50 kolam terpal di lahan 800 m2. Namun, menurut Soleh luasan ekonomis kegiatan pembesaran cukup dengan 300 m2. atau 10 kolam.

Dengan luasan 300 m2 itu saja satu siklus pembesaran dapat menghasilkan 3 ton lele. Jika harga jual lele Rp14.000—Rp17.000 per kg omzetnya minimal Rp42-juta. Setelah dikurangi biaya produksi, keuntungan mencapai Rp7-juta. Selain pembesaran, Soleh juga memproduksi benih. Selain digunakan sendiri, ia juga menjual benih lele ke peternak lain. Artinya, pundi-pundi Soleh pun semakin bertambah.

Muhamad Soleh menjaring laba Rp7-juta dari penjualan 3 ton lele

Muhamad Soleh menjaring laba Rp7-juta dari penjualan 3 ton lele

Besar permintaan
Soleh menggunakan lele varietas mutiara yang cepat tumbuh. Untuk mendapatkan ukuran siap konsumsi (6—10 ekor per kilogram) waktu pemeliharaan mutiara hanya 45—54 hari dari benih ukuran 7—8 cm. Padahal, “Varietas sebelumnya membutuhkan waktu 60 hari untuk mencapai ukuran tersebut,” ujar pria 30 tahun itu.

Soal pasar menurut Soleh tidak perlu khawatir. Permintaan lele yang datang padanya meningkat 20—30% setiap tahun. Menjamurnya warung-warung tenda pecel lele turut mendongkrak tingginya permintaan lele. “Satu warung tenda pecel lele minimal membutuhkan 5 kg lele per hari,” katanya.

Saat ini Soleh membudidayakan lele dengan sistem konvensional dan sistem bioflok. Ia memilih sistem bioflok untuk penghematan air, pakan, dan lahan. Namun, penggunaan sistem itu terbilang baru dan membutuhkan keterampilan khusus. Untuk peternak pemula dapat menggunakan sistem konvensional seperti yang dilakukan Soleh pada awal merintis bisnis lele. Inilah hitung-hitungan usaha budidaya pembesaran lele mutiara dengan sistem konvensional yang dilakukan Soleh. (Rizky Fadhilah)

Baca juga:  Penyelamat Buah Kakao

541_ 19

Sumber : t r u b u s – o n l i n e . c o . i d

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *